SWARA DARI AMAR BANK – Salah satu cara untuk menekan pengeluaran terutama kalau kamu suka nongkrong atau travelling adalah dengan split bill.

 

Artinya, enggak semua pengeluaran harus kamu tanggung sendiri, alias patungan atau bisa juga bayar sendiri-sendiri.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Apa Itu Split Bill?

 

Semua hal yang berkaitan dengan uang merupakan hal yang sensitif, termasuk dalam hal bayar membayar. Sekalipun bersama orang terdekat, seperti teman atau pacar. Salah-salah malah bisa menimbulkan kesalahpahaman.

 

Split bill bukan hal yang baru. Menilik sejarahnya, seperti dilansir dari Merdeka.com, kebiasaan ini sudah mulai muncul di Amerika sejak tahun 1960-an. Saat itu, mulai marak kebiasaan untuk bayar sendiri-sendiri saat nongkrong atau makan bareng pasangan.

 

Saat ini, split bill sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Dengan adanya kebiasaan ini, mulai tumbuh kesadaran untuk membayar tagihan sendiri.

 

Namun, enggak jarang juga split bill menimbulkan masalah. Misalnya dalam hal kencan. Ada kebiasaan yang seolah mengharuskan pihak laki-laki untuk membayar, misalnya saat kencan pertama. Kesalahpahaman bisa terjadi jika kedua belah pihak tidak punya kesepakatan yang jelas sejak semula.

 

Keuntungan Melakukan Split Bill

 

Bayar sendiri-sendiri sebenarnya mendatangkan banyak manfaat. Ini beberapa keuntungannya.

 

1. Jadi lebih hemat

 

Sumber: Unsplash

 

Ada beberapa pengeluaran yang terasa berat saat dibayar sendiri namun akan jadi lebih ringan kalau dibayar bersama-sama, misalnya saat travelling. Kamu bisa membagi biaya akomodasi, transportasi, sewa wi-fi, dan lainnya. Jadi, bisa menekan pengeluaran, deh.

 

2. Anti ‘nombok’

 

Split bill juga bisa membantumu untuk mengecek pengeluaran agar lebih teratur. Misalnya saat nongkrong bareng teman dan kamu membayar tagihan tersebut.

 

Kamu bisa memanfaatkan split bill untuk menentukan jumlah tagihan yang tepat. Jadi, enggak ada lagi keharusan untuk ‘nombok’ tagihan karena salah perhitungan.

 

3. Pengeluaran lebih tercatat

 

Sumber: Unsplash

 

Ada banyak pengeluaran yang tak terlihat dan seringnya berjumlah kecil. Misalnya, membayar tagihan orang lain, ‘nombok’ kekurangan saat makan bareng teman-teman, dan lainnya.

 

Nah, dengan menyepakati untuk patungan sejak awal, pengeluaran yang kamu lakukan akan lebih gampang terkontrol dan tercatat.

 

4. Utang dan piutang tercatat dengan jelas

 

Selain pengeluaranmu yang tercatat dengan jelas, kamu juga punya daftar utang dan piutang. Ketika ada yang membayar tagihanmu, kamu jadi tahu ada utang yang harus dibayar.

 

Begitu juga sebaliknya, jika kamu yang membayar tagihan bersama, kamu punya daftar utang teman-teman. Dengan begini, seluruh pengeluaran jadi jelas terlihat.

 

Tips Melakukan Split Bill

 

Sumber: Unsplash

 

Urusan uang memang cukup berisiko. Bisa-bisa malah merusak pertemanan atau membuat hubungan dengan gebetan jadi gagal.

 

Nah, supaya enggak jadi bumerang, berikut tips melakukan split bill agar sama-sama untung.

 

1. Kesepakatan di awal

 

Saat nongkrong atau nge-date, buat kesepakatan soal split bill.

 

Misalnya, memesan makanan yang sama lalu memakannya bersama-sama sehingga pembayaran bisa dibagi adil, atau memesan makanan sendiri-sendiri lalu membayar sesuai pesanan?

 

2. Kesepakatan soal pajak dan tambahan lain

 

Selain itu, penting juga untuk membuat kesepakatan soal cara membayar pajak dan tambahan lain, misalnya service fee. Biasanya, hal ini sering menimbulkan perdebatan sehingga penting untuk menentukan pembagiannya sejak awal.

 

3. Split bill saat nge-date

 

Ini juga menjadi situasi yang sangat berisiko. Ketika kencan dengan gebetan, enggak usah ragu untuk membuat kesepakatan soal pembayaran.

 

Kamu bisa mengusulkan untuk membagi rata saat makan. Jika gebetan bersikeras membayar, kamu bisa menggantinya dengan membayar untuk keperluan lain, misalnya membeli tiket nonton. Dengan begini, enggak ada satu pihak yang merasa terbebani.

 

4. Gunakan aplikasi untuk menghitung tagihan

 

Menghitung pengeluaran masing-masing saat nongkrong memang cukup tricky. Apalagi jika ditambah pajak, service fee, dan biaya tambahan lainnya.

 

Sekarang ada aplikasi atau layanan khusus split bill yang bisa membantumu dalam menentukan jumlah bagian masing-masing. Selain lebih praktis, hasilnya juga lebih tepat.

 

Misalnya aplikasi Splitwise, dengan memakai aplikasi ini, kamu bisa mencatat dan membagi sama rata semua pengeluaran dengan teman-teman. Aplikasi ini juga membuatmu bisa memantau daftar utang dan piutang.

 

Contoh lainnya, Settle Up. Hampir sama dengan Splitwise, aplikasi ini akan membantumu menghitung setiap pengeluaran dengan adil. Jadi, enggak perlu ribet membagi tagihan secara manual.

 

5. Langsung bayar

 

Menumpuk utang itu enggak menyenangkan, sekalipun jumlahnya terhitung kecil. Jadi, begitu selesai hitung-hitungan, usahakan untuk membayar langsung tagihan tersebut.

 

Yuk, mulai terapkan split bill agar pengaturan keuanganmu jadi lebih tercatat dan rapi. Meskipun jumlahnya kecil, justru hal-hal kecil seperti inilah yang membuat catatan keuangan jadi bermasalah.

 

Itulah tips-tips split bill yang bisa kamu terapkan saat nongkrong atau makan bersama teman-teman. Jangan ragu untuk mengusulkan patungan supaya kondisi keuanganmu tetap sehat, ya, Kawan Swara!