SWARA DARI AMAR BANK – Terdapat banyak sekali peluang bisnis yang bisa kamu manfaatkan demi meraih cuan. Namun bagaimana menemukan ide usaha modal 10 juta yang masih berpotensi meraup keuntungan berlipat ganda dan cocok untuk lingkungan pedesaan?

 

Tenang, mempersiapkan bisnis tak melulu harus menyediakan modal yang besar. Kamu bisa memaksimalkan usaha modal 10 juta dengan baik melalui berbagai cara.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Ingin memulai bisnis tapi terkendalam biaya? Ajukan saja di Tunaiku! Dapatkan pinjaman limit Rp20 juta dengan tenor selama 20 bulan. Dijamin aman karena terdaftar dan diawasi OJK dan berada di bawah naungan PT. Bank Amar Indonesia. Cek di sini.

 

15 Rekomendasi ide bisnis modal 10 juta

 

 

Sebenarnya, membangun bisnis tidak tergantung dari berapa banyak modal yang kamu butuhkan. Mindset seorang pebisnis haruslah dikuatkan dengan komitmen bahkan usaha dan kerja keras untuk bisa mendulang cuan, bahkan dengan modal yang sangat minim. 

 

Yuk, simak berikut beberapa rekomendasi ide usaha modal 10 juta yang bisa menjadi pilihan kamu di masa pandemi:

 

1. Membuka warung kelontong

 

Usaha modal 10 juta pertama yang bisa kamu jajali adalah dengan membuka warung kelontong di kampung halaman. Kamu bisa berjualan di depan rumah, sehingga tidak lagi dibebankan oleh biaya sewa. 

 

Nah, untuk itu modal 10 juta kamu bisa dibelanjakan kebutuhan warung kelontong utama seperti kebutuhan sembako, pembersih rumah, peralatan mandi hingga makanan dan minuman kecil. 

 

Modal sebesar 10 juta sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membeli semua kebutuhan tersebut. 

 

Baca juga: 5 Sektor Bisnis Potensial untuk Investor dan Strategi Memilihnya

 

2. Usaha ternak unggas

 

Kamu juga bisa berusaha modal 10 juta dengan beternak unggas. Mengingat harganya bibit ayam broiler atau bebek yang masih sangat murah kamu bisa mempertimbangkan untuk menjadi peternak unggas baik untuk menyajikan daging atau telurnya. 

 

Kamu bisa memelihara sekitar 40 bibit ayam petelur dan 40 bibit ayam pedaging dengan modal sebesar 3 juta. Selanjutnya, kamu perlu menyediakan lahan atau kandang untuk memelihara unggas tersebut dengan modal sekitar 3 juta. 

 

Selama masa pertumbuhan, kamu memerlukan biaya operasional seperti pakan unggas, pembersihan hingga masa bertelur sebesar 2 juta. Sisanya bisa kamu gunakan untuk biaya tak terduga lain. 

 

Baca juga: 15 Ide Usaha Modal 500 Ribu, Lengkap dengan Tips Bisnisnya!

 

3. Budidaya Tanaman Hias

 

Bisnis tanaman hias tengah dilirik mengingat banyak orang yang mulai rajin bercocok tanam dan mendekorasi rumah dengan tanaman agar terlihat lebih asri. Nah, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan berbisnis budidaya tanaman hias hanya dengan modal 10 juta. 

 

Estimasinya kamu bisa membeli beberapa jenis tanaman hias mini yang cukup terjangkau seperti suplir, kaktus, lidah mertua, monstera, aglonema hingga janda bolong sebesar 5 juta, dan peralatan bercocok tanam seperti pot tanaman, bibit, selang air, sekop dan lain sebagainya sebesar 2 juta. 

 

Kamu bisa menggunakan sisa uang sebesar 3 juta sebagai biaya sewa. Jika kamu memutuskan untuk menjajakan tanaman hias di depan rumah, kamu juga bisa menggunakan uang tersebut sebagai dana darurat. 

 

4. Usaha pet shop

 

Bagi kamu pecinta hewan, jangan lewatkan peluang untuk membuka bisnis pet shop dengan menjual kebutuhan hewan peliharaan seperti makanan, obat-obatan dan vitamin, alat pembersih, aksesoris dan kandang.

 

Diluar dari biaya sewa tempat dan pengeluaran rutin, kamu sudah bisa memulai usaha penjualan produk makanan, vitamin, shampoo, dan aksesoris hewan yang umum dipelihara orang seperti kucing, anjing, hingga kelinci hanya dengan modal 10 juta rupiah saja. 

 

Jika terkendala urusan tempat, kamu juga bisa membuka usaha secara daring yang pasti akan lebih menghemat biaya.

 

5. Menjajakan kopi botolan

 

Bisnis kopi botolan termasuk usaha yang minim modal, apalagi jika dilakukan secara daring dan tidak membutuhkan kedai khusus untuk menikmatinya. Dalam sehari, bisnis kopi literan ini bisa menjual 10 hingga 50 liter dengan harga kopi literan yang dibanderol sekitar 75 ribu hingga 200 ribu tergantung jenis dan cita rasa kopinya. 

 

Kamu hanya perlu memerlukan modal seperti air, kopi, susu, dan wadah botol plastik jika kamu menawarkan produk kopi ini secara daring. Dengan demikian, bisnis ini sebenarnya bisa dijalankan hanya dengan modal kurang dari 10 juta, lho. 

 

Baca juga: 8 Cara Mendapatkan Modal untuk Mulai Bisnis Kecil

 

6. Berjualan frozen food usaha modal 10 Juta

 

Kamu bisa memulai ide usaha produk olahan makanan beku seperti kentang goreng, bakso, sosis hingga bakmi hanya dengan berbelanja bahan utama atau berhubungan dengan supplier. 

 

Dengan bisnis modal 10 juta, kamu bisa berbelanja bahan utama untuk sebulan penuh hari kerja dengan rincian sebesar 5-6 juta. Sisanya bisa kamu gunakan sebagai biaya operasional seperti transportasi atau biaya listrik untuk membekukan makanan. 

 

Kamu juga langsung berhubungan dengan supplier utama dengan modal yang hampir sama. Kendati demikian, kamu juga harus mempertimbangkan kualitas makanan, harga hingga proses pengemasan agar tidak merugi di masa depan.  

 

Jangan ragu ajukan pinjaman pertamamu di Tunaiku. Dapatkan pinjaman limit Rp20 juta untuk penuhi kebutuhan bisnismu. Ajukan sekarang!

 

7. Reseller skincare

 

Usaha modal 10 juta
Unsplash

 

Kebutuhan membeli skincare termasuk jenis perawatan yang mungkin akan terus bertahan hingga di masa yang akan datang. Nah, kebiasaan ini bisa kamu memanfaatkan dengan membuka usaha reseller skincare.

 

Kamu bisa membeli produk skincare tersebut dari supplier terpercaya dan lebih murah hanya dengan modal yang minim sebesar Rp8 juta. Pertimbangkan juga biaya operasional seperti biaya kirim, pengemasan dan lain sebagainya. 

 

Mungkin, biaya operasional itu akan menelan biaya sebesar Rp2 juta. Kalau begitu, kamu bisa menjualnya kembali dengan harga pasaran dan mendapatkan keuntungan.

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

8. Membuka thrift shop dengan usaha modal 10 juta

 

Ide bisnis 10 juta rupiah yang bisa dilakukan di desa selanjutnya adalah membuka bisnis penjualan busana dan aksesoris bekas (thrift shop). Kamu bisa mendapatkan barang bekas outlet melalui supplier pakaian jadi di Bandung, Jakarta atau Batam.

 

Dengan mendapatkan barang dari supplier, kamu hanya memerlukan modal sekitar 8 juta untuk pembelian pakaian dan Rp2 juta untuk biaya operasional. Biaya operasional ini termasuk biaya kirim dan pengemasan.

 

Salah satu tips yang bisa kamu coba saat memulai bisnis ini adalah menjual item yang tidak biasa dan tidak diproduksi lagi oleh beberapa pemasok atau brand.

 

9. Usaha modal 10 Juta dengan bisnis katering

 

Usaha modal 10 juta selanjutnya adalah dengan membuka bisnis katering rumahan. Banyak orang yang semakin sibuk dan tidak sempat memasak tetapi ingin mengonsumsi masakan yang sehat menjadikan peluang bisnis ini semakin menarik. 

 

Kamu bisa berbelanja kebutuhan pokok setiap dua atau tiga kali seminggu ke pasar dengan modal sebesar 500 ribu. Dengan begitu, kamu hanya menghabiskan uang sebesar 6 juta dalam sebulan. 

 

Kamu bisa menggunakan sisa uangnya untuk biaya operasional seperti listrik, gas, transportasi, dan biaya tak terduga lain yang bisa menghabiskan sekitar 4 juta. 

 

10. Usaha bengkel sepeda dan motor bermodal 10 Juta

 

Usaha yang tentunya laris di daerah desa adalah usaha bengkel sepeda dan motor.

 

Bagi pelaku usaha bengkel sepeda, modal sebesar 10 juta sebenarnya sudah cukup untuk merintis usaha. Kamu bisa mengalokasikan uang sebesar 3-4 juta untuk menyewa tempat dan peralatan perbaikan sepeda yang dengan biaya sebesar 6-7 juta. 

 

Beberapa peralatan yang perlu kamu beli semasa awal merintis usaha bengkel sepeda diantaranya berbagai obeng, rantai, ban, velg, hingga pegangan dan bangku sepeda. Peluang bisnis usaha bengkel bisa sukses sangat besar.

 

Bila dibandingkan dengan bengkel sepeda motor yang sudah menjamur, modal usaha bengkel sepeda relatif murah dengan cuan yang kurang lebih sama. 

 

11. Bisnis perhiasan handmade

 

Perhiasan handmade adalah barang yang populer di kalangan gen Z karena memiliki daya tarik unik yang membedakannya dari barang-barang yang diproduksi secara massal. Proses menciptakan perhiasan handmade membutuhkan keterampilan, kreativitas, dan kesabaran, sekaligus juga menyenangkan.

 

Untuk memulai bisnis perhiasan handmade sebagai usaha modal 10 juta, penting untuk memiliki konsep dan desain yang jelas untuk produk.

 

Hal ini dapat mencakup mengidentifikasi target pasar, menciptakan desain yang unik, dan memilih bahan berkualitas. Penting juga untuk memiliki nama merek dan logo yang mencerminkan gaya dan nilai-nilai bisnis.

 

12. Membuka usaha custom T-shirt

 

peluang bisnis modal 10 juta
Unsplash

Sumber: Unsplash

 

Bisnis ini dapat dilakukan secara online atau offline karena permintaan untuk t-shirt custom selalu tinggi. Dengan strategi pemasaran yang tepat dan proposisi penjualan yang unik, bisnis ini bisa sukses.

 

Berinvestasi pada peralatan dan bahan berkualitas baik. Belilah heat press, pemotong vinil, dan kaos berkualitas tinggi untuk memastikan produk kaos memiliki standar tinggi. Pertimbangkan juga  pencetakan dan bordir ke pemasok pihak ketiga.

 

Manfaatkan platform media sosial untuk memamerkan desain dan terhubung dengan pelanggan potensial. Dengan dedikasi dan kerja keras, bisnis ini dapat tumbuh menjadi usaha yang sukses.

 

13. Jasa personal shopper

 

Memulai usaha sebagai personal shopper adalah peluang yang menggiurkan karena minim modal. Kamu bisa melakukan teknik pemasaran melalui akun media sosial terlebih dahulu yang tanpa modal sama sekali.

 

Selanjutnya, kamu bisa membangun jejaring dari dan ke pemasok dan grosir untuk memotong biaya dan meningkatkan keuntungan. Sebelumnya kamu perlu mengambil foto produk yang bisa menggunakan handphone kamu saja.

 

Selain itu, sisihkan lah uang untuk biaya transportasi dan telekomunikasi seperti paket data dan telepon untuk berhubungan dengan pelanggan.

 

14. Bisnis merangkai bunga untuk dekorasi

 

Membuka bisnis merangkai bunga bisa menjadi usaha yang menguntungkan. Dengan 10 juta rupiah, kamu bisa membeli bunga segar, vas, pita, dan bahan lainnya untuk membuat rangkaian bunga yang indah.

 

Salah satu cara untuk mengurangi pengeluaran adalah dengan membeli bahan dalam jumlah besar. Banyak pemasok bunga di pasar-pasar besar khusus yang menjual bunga menawarkan diskon untuk pembelian yang lebih besar.

 

Dengan merencanakan dan menganggarkan dana dengan hati-hati dan memperluas scoop pemasaran, kamu dapat mengatur bisnis rangkaian bunga menjadi lebih besar.

 

15. Bisnis DIY craft

 

Dengan 10 juta rupiah, kamu dapat membeli bahan untuk membuat berbagai produk kerajinan DIY seperti gelang kain, gantungan kunci, dan stiker untuk dijual secara online atau di pasar lokal.

 

Pertimbangkan juga ruang kerja. Apakah kamu akan bekerja dari rumah atau menyewa tempat? Jika kamu berencana untuk bekerja dari rumah, mungkin kamu perlu membeli beberapa peralatan seperti mesin jahit atau meja kerja.

 

Jangan lupa untuk menjajakannya di e-commerce dan media sosial untuk menyasar target pasar yang sesuai.

 

Dapatkan pinjaman untuk menjalankan usaha modal 10 juta 

 

Merintis usaha dari nol memang terkadang harus penuh perjuangan. Salah satu kendala yang mungkin dialami pelaku bisnis di tahap awal membangun usaha adalah keterbatasan modal. 

 

Sebenarnya, masalah ini bisa diselesaikan dengan memperoleh pinjaman usaha. Bagaimana cara mendapatkannya?

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

1. Mendapat pinjaman dengan menjamin aset

 

Untuk mendapatkan pinjaman usaha modal 10 juta dari keluarga atau teman dekat, kamu harus berani menjaminkan aset seperti sepeda motor atau emas dengan memberikan bukti kepemilikan barang tersebut. 

 

2. Mengandalkan modal dari koperasi simpan pinjam

 

Cara berikutnya yang bisa kamu praktikan adalah dengan mengandalkan pinjaman modal dari koperasi simpan pinjam yang biasanya lebih bersifat kekerabatan. 

 

Namun biasanya, kamu harus menjadi anggota dan menabung sejumlah uang terlebih dahulu sebelum akhirnya mendapatkan pinjaman dari koperasi. 

 

3. Mengajukan pinjaman modal dari bank

 

Berikutnya, kamu bisa mengajukan pinjaman modal ke bank untuk mendapatkan modal sebesar 10 juta. Pada dasarnya, meminjam dari bank akan jauh lebih aman dan bunga yang ditawarkan relatif lebih rendah. 

 

Apalagi, meminjam uang untuk kebutuhan usaha saat ini tak lagi diwajibkan harus menjaminkan agunan. Nah, salah satu solusinya adalah mengajukan pinjaman melalui aplikasi Tunaiku. 

 

Syarat meminjam di Tunaiku sebenarnya cukup mudah yakni:

  1. Usia 21 sampai 55 tahun
  2. Warga Negara Indonesia (WNI)
  3. Memiliki rekening bank
  4. Mempunyai pekerjaan atau penghasilan
  5. Alamat KTP atau berdomisili dalam area layanan Tunaiku

 

Sementara itu, cara meminjam dari Tunaiku adalah sebagai berikut:

  • Melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir
  • Tim akan memproses data terlebih dahulu dan menerima persetujuan
  • Melakukan konfirmasi pinjaman
  • Tanda tangan kontrak dan terima dana yang diajukan

 

Ternyata banyak juga ide usaha modal 10 juta rupiah yang bisa menghasilkan keuntungan. Jika terkendala masalah modal pun, kamu bisa dengan mudah mengajukan pinjaman. Tunggu apa lagi? Yuk ajukan pinjaman di Tunaiku!

 

Kalau begitu, kamu hanya tinggal menentukan bisnis apa yang sesuai dengan minat dan kemampuan. Selamat mencoba dan semoga berhasil!