Sudahkah kalian tahu sumber daya manusia itu juga termasuk aspek yang di audit dalam audit manajemen sebuah perusahaan? Pada era sekarang ini,  sumber daya manusia sangatlah penting bagi pembangunan suatu perusahaan agar tetap bertahan dan bersaing di era globalisasi saat ini.

 

Sumber daya manusia mempunyai peran penting terhadap pelaksanaan kegiatan- kegiatan dilingkungan perusahaan. Meskipun demikian, teknologi yang digunakan juga berpengaruh besar terhadap hasil yang diperoleh perusahaan.

 

Teknologi tersebut tidak akan berjalan sesuai keinginan jika tidak ada campur tangan antara sumber daya manusia yang telah terlatih sebagai pemberi arahan. Sebuah bisnis juga tentu tidak akan mampu berkembang dengan baik jika tidak ada campur tangan dari sumber daya manusia.

 

Maka hal ini menunjukkan bahwa sumber daya manusia merupakan sebuah kunci pokok yang harus diperhatikan dengan segala kelebihan serta kebutuhan yang diperlukan.

 

Untuk  itu, perusahaan  dituntut  untuk  meningkatkan  kualitas  sumber  daya  sehingga terjadi    peningkatan    kinerja    dan    dapat    memberikan    kontribusi    bagi peningkatan   kinerja   perusahaan. Salah   satu   yang   dapat   mempengaruhi kinerjakaryawan   atau   prestasi   kerja   adalah   komitmen   organisasi.

 

Sumber daya manusia merupakan sumber daya yang paling menentukan  keberhasilan  suatu  organisasi.  Organisasi  harus  memiliki  nilai lebih  dibandingkan  dengan  organisasi  lainnya.

 

Organisasi  dikatakan  berhasil apabila dapat menarik perhatian atas  kelebihan yang  dimilikinya dibandingkan  dengan organisasi   lain. Sebagai kunci   pokok,   sumber   daya   manusia akan   menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan   perusahaan.

 

Oleh   karena  itu berhasil tidaknya   suatu   organisasi   atau   institusiakan   ditentukan   oleh   faktor manusianya ataukaryawannya dalam mencapai tujuannya.

 

Ada beberapa kiat yang bisa diterapkan sebuah perusahaan, terutama dalam kaitannya dengan pengelolaan sumber daya manusia.

 

Pengelolaan talenta atau bakat biasanya berkaitan dengan pengelolaan sumber daya manusia berbasis kompetensi, yang diukur berdasarkan kaidah tertentu yang meliputi kepribadian diri, karakter, keterampilan, pengalaman, dan ilmu pengetahuan.

 

Berikut beberapa poin yang harus dicermati dengan baik:

  • Memperkuat basis perekrutan sumber daya manusia

 

  • Mengembangkan dan memelihara kapasitas sumber daya manusia

 

  • Selalu mencari sumber daya manusia dengan kompetensi terbaik

 

Jadi pada dasarnya ada tiga kunci pegangan yang penting bagi sebuah perusahaan, di mana semuanya terkait langsung dengan bagaimana membuat karyawan mengenali potensi perusahaannya dan apakah mereka bisa memberikan sumbangsih maksimum bagi tempatnya bekerja.

 

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah identifikasi terhadap talenta dan bakat karyawan, yang mesti dipertimbangkan supaya talenta dan bakat yang ada tidak keluar dari perusahaan. Di titik ini, perusahaan mesti memikirkan sebuah program retention, yang pada dasarnya digalakkan dengan memberikan compensation & benefit.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!