SWARA – Pencapaian anak Presiden Joko Widodo dalam hal bisnis kuliner sudah bukan rahasia lagi. Dari pencapaian tersebut, kita bisa mempelajari strategi sukses membangun bisnis kuliner ala Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. 

 

Gibran, putra sulung Jokowi, memiliki sejumlah bisnis kuliner yang cukup populer di kalangan masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Chilli Pari, Markobar, Ceker Ayam, Pasta Buntel, dan Goola. 

 

Kemudian, Kaesang, putra bungsu Jokowi, juga menjalankan sejumlah usaha, salah satunya di bidang kuliner. Bisnis kuliner Kaesang yang cukup populer adalah Sang Pisang dan Ternak Kopi.

 

Tips Sukses Bisnis Kuliner dari Gibran dan Kaesang

 

Sebagai pebisnis yang telah sukses, Gibran dan Kaesang membagikan beberapa tips menjalankan bisnis kuliner. Berikut ini tips-tips yang bisa kamu coba: 

 

 

  • Jangan takut dan malu untuk memulai

 

 

Banyak orang ragu memulai bisnis karena takut mengalami kegagalan dan kerugian besar. Akan tetapi, dilansir dari CNBC Indonesia, Gibran menyarankan untuk tidak takut rugi dan tidak takut untuk memulai. Tidak hanya itu, Gibran juga menasihati supaya tidak malu dengan bisnis kita, walaupun bisnis tersebut kecil. 

 

 

  • Berani ambil risiko

 

 

Bagi para milenial yang akan memulai bisnis kuliner, Kaesang memberikan saran agar tidak takut dalam mengambil risiko. Membuat promosi dan endorse adalah salah satu cara efektif dalam mengembangkan brand image yang tidak boleh diremehkan.

 

Saat awal mengadakan promo, bisnismu mungkin tidak mendapatkan keuntungan. Akan tetapi, ini adalah suatu risiko awal yang harus diambil untuk memperoleh hasil yang lebih besar di masa depan. Kamu tidak boleh takut untuk mengambil risiko ini. 

 

 

  • Jangan mencemaskan modal

 

 

Dikutip dari Detik, Gibran mengatakan bahwa persoalan modal untuk memulai bisnis bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan. Ketika kamu akan memulai bisnis kuliner, ada banyak alternatif pendanaan yang bisa kamu dapatkan dari berbagai sumber.

 

Misalnya, kamu bisa mencari dana dengan mengajukan pinjaman di bank. Selain itu, kamu juga bisa mencoba mengajukan pinjaman dari koperasi. Apabila kedua cara tersebut tidak memungkinkan, kamu bisa mencari rekan kerja atau partner untuk mendanai modal bisnis bersama.  

 

 

  • Tidak menunda waktu

 

 

Kalau kamu memiliki keinginan untuk berbisnis, segeralah memulai bisnis tersebut sejak masih muda. Menurut Gibran, semakin muda kamu memulai bisnis maka akan semakin baik. 

 

Bahkan, kalau kamu melihat perkembangan kesuksesan Gibran dan Kaesang, kamu akan menyadari bahwa keduanya telah menjalankan bisnis sejak masih sangat muda. Kaesang yang tahun ini baru berusia 26 tahun sudah meraih kesuksesan dalam berbagai usaha yang dijalankannya, salah satunya dalam bidang bisnis kuliner. 

 

 

  • Gunakan tabungan

 

 

Ketika memulai bisnis, kamu memang harus berani mengambil risiko. Tapi, bukan berarti kamu tidak berpikir panjang sebelum mengambil keputusan seputar dana modal. Kamu bisa menggunakan tabungan pribadimu sebagai modal berbisnis. Menggunakan tabungan pribadi dan mengajukan pinjaman di bank bisa menjadi salah satu cara untuk meminimalisir risiko bagi para pemula dalam hal berbisnis. 

 

 

  • Produk kuliner yang unik

 

 

Saat Gibran dan Kaesang melebarkan sayap bisnisnya ke ranah internasional, mereka mempertimbangkan keunikan dari produk kuliner yang dihasilkan. Produk yang unik bisa menjadi pembeda, membuat produk itu menjadi lebih spesial dan menarik minat banyak orang. 

 

Contohnya, dalam menu makanan ayam goreng, mereka menyajikan ayam goreng dengan berbagai macam saus. Rasa yang ada juga disesuaikan untuk berbagai kalangan agar sesuai dengan lidah masyarakat luar negeri.

 

Itulah beberapa tips sukses bisnis kuliner ala Gibran dan Kaesang yang bisa kamu coba. Beranikan dirimu untuk mulai berbisnis dari sekarang, ya.