SWARA – Sejak pandemi melanda, sudah berbulan-bulan kebijakan work frome home dijalankan. Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah memiliki tantangan tersendiri, salah satunya masalah kuota internet yang cepat habis dan lambat.

 

Hal ini sebenarnya wajar terjadi, mengingat tidak semua orang punya fasilitas yang sama di rumah untuk mendukung proses kerja. Kuota internet saat work from home secara khusus akan lebih mudah habis jika kamu diharuskan untuk mengikuti meeting secara virtual dalam durasi yang lama.

 

Cara Menghemat Kuota Internet Selama Work From Home

 

Kalau kamu mengalami masalah seputar kuota internet yang cepat habis karena work from home, mungkin kamu bisa mencoba mengikuti beberapa trik berikut ini: 

 

  • Mengurangi interaksi saat video conference

 

Video conference memakan kuota internet paling besar selama work from home. Dilansir dari Detik, satu jam video call menggunakan aplikasi Zoom dengan resolusi 720 akan menghabiskan kuota internet sekitar 1 GB. Angka ini tergolong paling rendah apabila dibandingkan dengan aplikasi video conference lainnya.

 

Tapi, kamu tentu tidak bisa membatasi penggunaan aplikasi video conference karena perlu berdiskusi dengan rekan kerja lain. Kalau begitu, cara kamu untuk menghemat kuota internet adalah dengan meminimalisir penggunaan video dan microphone ketika meeting virtual.

 

Usahakan untuk menyalakan video dan microphone hanya ketika dibutuhkan. Dengan melakukan hal ini, akan terjadi penurunan drastis pada kapasitas pemakaian internet. 

 

  • Menggunakan browser hemat kuota

 

Dikutip dari CNN Indonesia, browser Google Chrome dan Opera mampu mengurangi penggunaan kuota internet. Pada Google Chrome, kamu bisa membuat pengaturan agar semua plugin menjadi click-to-run only atau tidak mengunduh gambar yang ada di halaman web.

 

Untuk bisa membuat pengaturan tersebut, pertama-tama kamu perlu masuk ke browser Google Chrome dan memilih opsi setting pada ikon titik vertikal di sudut kanan atas. Lalu pilih opsi Show Advanced Settings dan klik Privasi.

 

Setelahnya, kamu bisa melanjutkan dengan memilih opsi Content Settings atau Pengaturan Konten, kemudian pilih Images atau Gambar, dan pilih “do not show any images” atau “jangan tampilkan gambar apa pun”.

 

  • Membuat pengaturan untuk WhatsApp

 

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan sebagai sarana komunikasi dengan sesama rekan kerja selama work from home. Ketika kamu menggunakan aplikasi ini di smartphone, biasanya WhatsApp akan melakukan pengunduhan secara otomatis untuk semua media yang dibagikan lewat halaman chat. 

 

Pengunduhan otomatis ini menjadi salah satu penyebab tingginya penggunaan kuota internet kamu selama work from home. Sebaiknya, buatlah pengaturan pada aplikasi WhatsApp dengan mematikan pilihan “auto download media”. 

 

Dengan begitu, kamu bisa memilih untuk mengunduh media, baik berupa gambar, video, dan lain sebagainya, sesuai dengan kebutuhan. Membatasi pengunduhan media di WhatsApp juga membantu dalam mengurangi penggunaan kuota internet yang berlebihan. 

 

  • Memasang add on blokir iklan

 

Saat melakukan aktivitas internet di laptop atau komputer, kamu mungkin pernah melihat kemunculan iklan-iklan secara otomatis pada layar browser, baik iklan berupa gambar maupun iklan video. Adanya iklan pada halaman yang kamu akses juga bisa mempengaruhi penggunaan internet.

 

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba memasang add on blokir iklan khusus pada browser yang kamu gunakan. Dengan begitu, iklan akan secara otomatis terblokir sehingga kuota internetmu tidak akan habis digunakan untuk memuat konten dari iklan-iklan tersebut.

 

  • Membuat pengaturan kuota maksimal

 

Di beberapa smartphone, terdapat fitur untuk mengatur batas maksimal penggunaan kuota setiap harinya. Kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk menghemat kuota internetmu.

 

Sebagai contoh, jika kamu memiliki jatah kuota dalam sebulan sebesar 60 GB, artinya dalam sehari kamu hanya boleh menghabiskan maksimal sekitar 2 GB. Kamu bisa menetapkan pengaturan supaya smartphone secara otomatis mematikan mobile data apabila penggunaan internet harianmu sudah mencapai 2 GB.

 

Dengan begitu, kamu tidak akan menggunakan kuota internet secara berlebih setiap harinya. Akan ada pengingat pada smartphone apabila penggunaan internetmu hampir mencapai 2 GB.

 

Untuk menyalakan pengaturan ini, kamu bisa masuk ke pengaturan atau Settings di smartphone, lalu pilih Data Usage atau Penggunaan Data. Setelahnya, pilih “set mobile data limit” atau “pembatasan kuota data”. 

 

  • Mengurangi penggunaan kuota untuk hiburan

 

Selain digunakan untuk keperluan work from home, biasanya kuota internet juga digunakan untuk sarana hiburan, misalnya untuk mengakses aplikasi streaming musik atau film online

 

Penggunaan aplikasi hiburan sejenis ini juga memakan kuota internet yang cukup besar. Jadi, sebaiknya batasi menggunakan kuota untuk kegiatan-kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan keperluan work from home

 

Dengan mengikuti beberapa langkah di atas, kamu bisa mencoba untuk menghemat kuota internet selama work from home. Buatlah anggaran dan jadwal pemakaian internet setiap harinya supaya tagihan internet tidak membengkak nantinya.