SWARA – Selain rekan kerja dan bos, klien juga merupakan sosok yang harus kita jaga dengan baik hubungannya. Apapun posisi kita dalam pekerjaan, tetap saja kita akan bertemu dengan “orang ketiga / third parties” dalam bekerja.

 

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk dapat menjaga baik hubungan yang sudah terjalin. Karena, ketika hubungan baik bisa dijaga, bisa jadi semua urusan yang berhubungan langsung dengan mereka akan lebih mudah dalam prosesnya. Selain itu, menjaga hubungan baik dengan klien adalah salah satu cara efektif untuk kita bisa memperluas link dalam karir.

 

Nah, oleh karena itu, sudah semestinya untuk kita bisa membangun hubungan yang harmonis dengan siapapun, terutama dengan para klien kita. Karena, bisa jadi masa depan kita akan berhubungan langsung dengan mereka.

 

Artikel terkait: Informasi Terbaru yang Mesti Kamu Baca Hari Ini!

  1. 4 Sosok yang Sukses Meraih Miliaran Rupiah dari Hasil Trading

  2. Mau Punya Saham Tambahan untuk Koleksi? Coba Cek Perusahaan Media Sosial Ini
  3. Rayakan Ulang Tahun Ke-22, Kylie Jenner Menyewa Superyacht Seharga 3,5 Triliun Rupiah

 

Untuk itu, berikut ini adalah 5 tips mudah untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Nggak perlu keluar modal banyak, kamu tetap bisa membangun hubungan baik, kok, dengan mereka! Check this out!

 

Kenali karakternya dengan baik

 

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengenal karakter klien dengan baik. Kenapa? Karena dengan mengenal karakter klien, kita bisa mengetahui treatment apa yang paling tepat saat berhadapan dengan dirinya.

 

Dengan begitu, kita juga akan dimudahkan untuk memberikan performa terbaik agar klien bisa merasa puas atas hasil kerja kita. 

 

Jaga komunikasi!

 

Cara berikutnya adalah dengan membangun komunikasi yang baik. Komunikasi bisa menjadi senjata ampuh dan juga menjadi boomerang jika kita tidak bisa menjaganya dengan baik. Maka dari itu, menjaga komunikasi sudah menjadi kewajiban saat menjaga hubungan baik dengan klien.

 

Selalu utamakan “mendengar” saat berdiskusi

 

Saat berdiskusi, hindarilah menjadi yang dominan saat berhadapan dengan klien. Cobalah untuk menjadi pendengar yang baik, agar bisa memahami apa yang mereka mau dan apa yang mereka harapkan dari kita. Setelah klien selesai mengutarakan pendapatnya, barulah kita bisa memberi feedback dengan cara yang baik dan tepat.

 

Beri performa terbaik dan lebih dari ekspektasi

 

Selanjutnya, untuk menjaga hubungan baik dengan klien adalah dengan cara memberi performa terbaik serta mampu memberi lebih dari ekspektasi awal. Jika kamu berhasil melakukan keduanya, niscaya klienmu akan merasa puas dan semakin percaya pada dirimu.

 

Artikel terkait: Kabar Terbaru yang Mesti Kamu Baca Hari Ini!

  1. 4 Aplikasi Wajib Unduh, Rekomendasi untuk Travelling!

  2. Pilih Sofa Terbaik Untuk Dapatkan Suasana Terbaik

  3. Nikmati Liburan Musim Panas a la Keluarga Kerajaan Pasangan Prince William dan Kate Middleton

 

Pastikan kamu memiliki kontrak yang jelas dengan klienmu

 

Berikutnya, yang tidak boleh dilupakan adalah kamu harus memiliki kontrak tertulis yang resmi dan jelas secara hukum. Hal ini semata-mata untuk menghindari pertikaian di kemudian hari. Selain itu, dengan kontrak yang jelas juga bisa memberikan keamanan dan kenyamanan di antara kedua belah pihak.

 

Nah, itulah tadi 5 cara sederhana untuk menjaga hubungan baik dengan klien. Satu hal yang harus selalu diingat, bahwa menjaga hubungan baik tidak hanya dengan klien, namun juga pada semua orang.