Inspirasi dan Edukasi Finansial dari Amar Bank – Selain menjadi momen menyenangkan karena bisa merayakan hari besar dengan keluarga tercinta, Natal juga membahagiakan karena itu artinya Tunjangan Hari Raya (THR) Natal akan segera cair.

 

Uang dengan jumlah yang cukup banyak ini terkadang bisa langsung habis dalam sekejap jika nggak diatur dengan benar. Padahal, niat awalnya uang THR Natal bisa bertahan hingga akhir tahun tiba.

 

Kalkulator Finansial Swara

 

Lalu, bagaimana sih tips bijak mengelola uang THR Natal agar bisa bertahan hingga akhir tahun? Yuk, simak artikelnya sampai habis, ya!

 

Tips Kelola Uang THR Natal 2022 Agar Enggak Cepat Habis 

 

THR Natal
Pexels

 

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan agar THR Natal kamu tidak langsung bablas, di antaranya:

 

1. Atur Prioritas

 

Membuat skala prioritas untuk menggunakan uang THR sangat penting dilakukan. Buatlah anggaran dana yang meliputi berbagai kebutuhan yang mengeluarkan budget banyak, lalu atur kebutuhan-kebutuhan tersebut menurut skala prioritasnya. 

 

Buang dulu kebutuhan-kebutuhan yang sama sekali enggak ada hubungannya dengan Natal dan Tahun baru atau kebutuhan yang masih bisa dilakukan setelah liburan Natal dan Tahun baru.

 

Kebutuhan seperti traveling, beli kado, dan makan bersama keluarga adalah contoh yang bisa kamu masukkan ke dalam daftar prioritas kamu.

 

Artikel Terkait: Tips Mengelola Uang di Tahun Baru

  1. Antibangkrut, Lakukan 10 Cara ini Agar Tetap Hemat & Keuangan Terjamin di Tahun Baru
  2. Ingin Membuat Resolusi Keuangan Jelang Tahun Baru? Ini 7 Tips yang Harus Kamu Tahu!
  3. Tips Agar Kantong “Tidak Bolong” di Hari Raya

 

2. Atur budget yang sesuai dengan skala prioritas yang sudah dibuat

 

Jika skala prioritas sudah dibuat, kamu akan melihat apa saja kebutuhan paling penting yang harus dipenuhi. Alokasikan jumlah uang menurut skala prioritas yang sudah kamu buat.

 

Buat batasan berapa uang yang bisa kamu keluarkan menurut skala yang sudah kamu tetapkan.

 

Usahakan untuk nggak melebihi budgeting yang sudah kamu buat agar uang kamu nggak lari ke tempat yang salah dan justru kebutuhan utama kamu nggak terpenuhi.

 

3. Masukkan budget untuk pos beramal

 

Merayakan suka cita Natal semakin menggembirakan jika kamu bisa membantu saudara dengan beramal. Jangan takut uang kamu berkurang akibat beramal, karena ini adalah bentuk rasa syukur bahwa kamu masih bisa mendapat rezeki dari Tuhan.

 

Beramal saat Natal juga bisa menjadi momen yang tepat untuk memulai kebiasaan beramal di bulan-bulan berikutnya. 

 

Cukup sisihkan 2,5% dari gaji yang kamu terima setiap bulan untuk membantu orang-orang di sekitar yang membutuhkan bantuanmu.

 

Hal ini akan membuat kamu lebih bahagia dan semangat untuk mencari rezeki kembali di awal tahun depan.

 

4. Beri porsi untuk investasi

 

Meskipun kebutuhan untuk Natal dan Tahun baru sudah banyak, tetapi jangan sampai melupakan jatah untuk investasi.

 

Selagi ada tambahan uang THR, nggak ada salahnya kamu berinvestasi lebih banyak dari biasanya karena nanti uang tersebut juga akan kembali lagi kepadamu dengan nominal yang lebih besar jika investasi kamu berhasil.

 

Coba sisihkan 20-30% dari THR yang kamu miliki untuk dimasukkan ke dalam pos investasi kamu bulan ini.

 

Artikel Terkait: Liburan Tahun Baru

  1. 10 Ide Merayakan Libur Tahun Baru Seru Bareng Keluarga
  2. Ini 10 Kota yang Ramah Kantong untuk Rayakan Libur Natal dan Tahun Baru
  3. 5 Pilihan Destinasi Wisata Romantis untuk Liburan Tahun Baru Bareng Pasangan

 

5. Jangan campur adukkan kebutuhan dan keinginan

 

Masih banyak orang yang terjebak karena nggak bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Coba ulas kembali daftar yang sudah kamu buat untuk menyambut Natal dan Tahun baru dan bedakan mana yang kebutuhan dan keinginan. 

 

Utamakan kebutuhan seperti membayar tagihan, cicilan, menabung, dan memenuhi kebutuhan perayaan Natal daripada untuk berbelanja yang hanya terjadi karena lapar mata melihat promo dan diskon akhir tahun. 

 

6. Selalu lakukan pencatatan keuangan

 

Satu hal yang harus kamu lakukan yaitu melakukan pencatatan keuangan atas alokasi yang telah diatur. Pasalnya, seringkali kita telah mengalokasikan keuangan namun tetap saja tidak sesuai dengan perhitungan.

 

Nah, salah satu solusinya adalah memantau apa saja yang telah kamu beli dan apakah sesuai dengan pengalokasian? Dan, cara terbaik untuk memantau adalah dengan mencatat arus keuangan.

 

Kamu bisa menggunakan aplikasi perbankan digital yaitu Senyumku dari Amar Bank sebagai alat bantu mempermudah pencatatan keuanganmu.

 

atur finansial

 

Di Senyumku, kamu akan menemukan fitur yang bisa memudahkanmu untuk mencatat semua pengeluaran berdasarkan kategori yang bisa kamu atur sendiri. Yuk, download aplikasi Senyumku di Playstore atau kunjungi website resminya di sini.

 

Dengan enam cara mengelola uang THR Natal ini, kamu akan lebih mudah dalam menjaga uang hingga akhir tahun tiba. Mempersiapkan strategi mengelola uang sejak awal sangat penting dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang membengkak akibat liburan mendadak atau pengeluaran mendadak jika nggak kamu persiapkan lebih dulu.