SWARA – Bagi seorang fresh graduate, rasanya memanfaatkan lowongan magang bisa jadi salah satu cara untuk berkembang. Pasalnya, kamu bisa mendapat banyak ilmu dan pengetahuan baru. Bagi saya sendiri, dengan ikut magang, saya bisa belajar banyak untuk karier ke depannya. Banyak yang membuktikan manfaatnya, lho! MoneySmart merangkum beberapa CEO sukses yang memulai kariernya dari anak magang. Siapa saja?

 

1. Mary T. Barra

Salah satu CEO terkenal di dunia yang memulai kariernya sebagai anak magang adalah Mary T. Barra. Ia adalah orang yang sangat hebat di dunia industri otomotif yang kini merupakan CEO General Motors yang merupakan perusahaan otomotif terbesar di Amerika. Sebelum menjadi CEO, sebenarnya ia juga pernah memegang jabatan strategis.

 

Namun, dia mengakui bahwa itu bisa didapatnya setelah magang sebagai teknisi di General Motors sebelumnya. Ia mengambil itu sambil menunggu kelulusan. Sampai akhirnya ia lulus kuliah dan melanjutkan studi di Stanford, ia tetap menjalani kariernya sebagai di General Motors sampai saat ini dan jadi seorang CEO.

 

2. Dennis Muilenburg

Boeing adalah perusahaan industri pesawat terbang terbesar di dunia yang membuka lowongan magang untuk mahasiswa dan fresh graduate. Dennis Muilenburg yang saat itu baru lulus kuliah melamar di sana dan diterima sebagai teknisi magang. Berkat performanya yang apik, akhirnya ia diangkat menjadi karyawan tetap di sana.

 

Lebih dari 15 tahun pertama, ia berkutat di beberapa posisi di sana hingga akhirnya menjadi CEO di tahun 2015 lalu. Tentunya, ini tak ia dapatkan dengan mudah. Sebab, ia harus melewati berbagai tantangan yang keras tapi mampu membuatnya terus berkembang selama magang dan bekerja di perusahaan industri pesawat Boeing

 

3. Ursula Burns

Ursula Burns saat ini adalah CEO dari sebuah perusahaan telekomunikasi ternama yang bermarkas di Belanda. Siapa sangka, di balik cemerlangnya karier Ursula Burns yang sekarang, dulunya ia adalah anak magang. Ia menjadi anak magang musim panas sambil tetap kuliah di perusahaan Xerox sebagai seorang teknisi.

 

Setelah lulus, ia akhirnya diangkat menjadi pegawai tetap di sana pada tahun 1981 dan sejak itu kariernya terus melesat. Pada tahun 2009 lalu, dia diangkat menjadi CEO hingga sekarang. Bukan perjalanan yang mudah. Sebab, dia harus melawan kultur Amerika yang keras terlebih terhadap pendatang sepertinya, wanita berkulit hitam yang berasal dari keluarga yang miskin.

 

4. Chris Gardner

Pernah menonton film Pursuit of Happyness sebelumnya? Jika ya, berarti kamu tahu seperti apa ceritanya. Film ini menceritakan kisah nyata dari seorang Chris Gradner yang kini adalah CEO dari Gradner Rich & Co yang sebelumnya hanyalah seorang sales. Dengan kondisi keuangan yang kritis dan sempat menjadi gelandangan, ia mulai mengubah nasibnya.

 

Pada awalnya, ia bertemu dengan manajer pialang saham yang menawarkan lowongan magang padanya. Meski awalnya magang tanpa bayaran selama 6 bulan pertama, tapi karena kelihaiannya dalam beradaptasi dengan banyak hal baru, ia akhirnya diangkat menjadi karyawan tetap dan sampai sekarang kariernya terus cemerlang dan menjadi CEO terkenal.

 

Itulah kisah inspiratif dari berbagai CEO terkenal di dunia yang bisa kamu jadikan contoh. Meski memulainya dengan hanya jadi anak magang, nyatanya mereka bisa meraih nasib yang tak terduga. Jadi, buat kamu yang baru lulus atau bahkan masih kuliah, jangan pernah anggap sepela magang. Bisa jadi nanti nasibmu mujur seperti para CEO di atas, kan?

 

Ajukan pinjaman uang tanpa agunan, tanpa kartu kredit hanya di Tunaiku sekarang juga! Pinjaman dari Rp2-20 juta yang dapat diangsur mulai 6-20 bulan.

 

 

Tunaiku