SWARA – Di awal bulan seperti sekarang, banyak sekali gadget yang baru saja dirilis oleh vendor smartphone terkemuka di dunia dengan berbagai spesifikasi yang menggoda. Ingin upgrade ponsel tapi budget masih belum masuk? Kamu bisa mencari pekerjaan tambahan untuk menambah penghasilanmu. Jika kamu belum bisa memperoleh pekerjaan tambahan, , kamu bisa melakukan penghematan agar keinginanmu tercapai.

 

Salah satu bentuk penghematan yang bisa kamu lakukan adalah menghemat pengeluaran makanan dengan cara membawa bekal. Ternyata masih ada empat cara lain supaya kamu bisa menghemat budget makanan selain membawa bekal. Uang yang tersisa bisa kamu alokasikan ke tabungan untuk mencapai keinginanmu.

 

Ini adalah empat cara yang bisa kamu lakukan:

 

 

1. Bawa bekal sendiri

 

 

Image result for bekal

 

 

Kenapa membawa bekal sendiri selalu menjadi tips berhemat yang paling disarankan? Makan di restoran bisa menghabiskan uang mulai dari dua puluh hingga empat puluh ribu sekali makan. Sedangkan, bila kamu memilih untuk membawa bekal, kamu hanya membutuhkan biaya separuhnya. Bayangkan bila hal ini berlangsung selama setahun, seberapa banyak biaya yang bisa kamu hemat? Sangat banyak, kan?

 

 

Artikel terkait:
Ngirit di Tanggal Tua, Yuk Bawa Bekal Menarik Dengan Bujet Minimalis!

Dengan Bawa Bekal ke Kantor, Kamu Bisa Menghemat Ratusan Ribu per Bulan

Mengurangi Pengeluaran dalam Sebulan, 12 Cara Ampuh Ini Bisa Kamu Coba!

 

 

2. Kurangi makan di luar rumah

 

 

Image result for dine in

 

 

Seringkali gaya hidup mempengaruhi pengeluaran kita dalam hal konsumsi. Mulai dari nongkrong dan ngopi cantik, hingga pergi berbagai restoran yang instagramable. Seolah-olah kita terpengaruh stigma bahwa gaul berarti harus nongkrong tiap hari. Kamu bisa makan di luar dan mengikuti tren kekinian, namun dengan frekuensi yang tidak sesering biasanya. Berhemat bukan berarti kamu harus menyiksa diri dengan tidak mengikuti tren, lho!

 

3. Buat rencana

 

 

Image result for to do list people

 

 

Setiap jadwal belanja mingguan ataupun bulananmu datang, rencanakan terlebih dahulu menu apa saja yang akan kamu masak, lalu buat list belanja. List  belanja sangat ampuh untuk mencegahmu tiba-tiba membeli barang secara impulsif. Lagi-lagi, ini juga akan menghemat dana yang tidak sedikit.

 

4. Skip memesan minuman

 

 

Image result for drink

 

 

Sudah menjadi hal yang diketahui oleh orang banyak bahwa harga minuman di restoran jauh lebih mahal 3 hingga 5 kali lipat dibandingkan harga di pasaran. Ini berlaku untuk minuman alkohol maupun non alkohol. Cara termudah untuk mengurangi budget  adalah dengan tidak memesan minuman. Jika restoran mengizinkan pengunjung untuk membawa minuman dari luar, bawa sendiri. Jika ternyata tidak boleh, kamu bisa memesan minuman yang paling murah.

 

5. Jangan malas membandingkan harga

 

 

Image result for price tag food

 

 

Harga beberapa barang di supermarket berbeda antara satu dan lainnya. Ada kalanya barang X lebih murah di supermarket A, dan barang Y lebih murah di supermarket B. Supaya kamu dapat berhemat, luangkan waktu untuk membandingkan harga antara satu tempat dan tempat lainnya. Jika dihitung-hitung selisihnya lumayan besar, apalagi bila belanjaanmu tidak sedikit.

 

Dari 5 cara bikin hemat bujet makan selain bawa bekal tadi, yang mana yang sudah kamu lakukan?


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas