SWARA DARI AMAR BANK – Selain uang cash dan kartu debit, ada juga transaksi lain yang bisa digunakan saat belanja. Alat itu bernama kartu kredit. Apakah saat ini kamu sudah memilikinya? Ataukah saat ini kamu sedang menimbang-nimbang untuk memilikinya atau enggak.

 

Fasilitas ini memang menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan. Namun, tetap saja kartu ajaib ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentu semuanya tergantung pada pengguna. Apakah kamu akan memaksimalkan manfaatnya atau justru malah jadi boros?

 

Jika saat ini kamu sedang menimbang-nimbang pengajuan, 4 hal di bawah ini bisa membantumu!

 

Kalulator Finansial Swara

 

1. Tujuan kepemilikanmu

 

Sebelum memutuskan akan memiliki kartu kredit atau enggak, ada baiknya kamu bertanya pada diri sendiri. Apakah tujuan yang ingin kamu capai? Jika tujuannya adalah untuk menikmati beragam fasilitas dan program diskonnya, itu adalah tujuan yang bijaksana. Namun, kalau tujuannya adalah agar bisa bebas belanja, ini hanya akan mengantarmu pada keborosan.

 

2. Pahami konsekuensi

 

Memiliki kartu kredit tentu berisiko. Kamu harus sabar kalau tahu-tahu ada pihak asuransi atau marketing lain yang menelponmu menawarkan produknya. Kamu juga harus paham bahwa bunga kartu kredit itu sangat besar. Jika kamu kalap dalam belanja, pengeluaranmu semakin membengkak untuk membayar tagihan dan bunga-bunganya.

 

3. Bisa jadi pengganti dana darurat

 

Poin ketiga ini menjadi kelebihan bagi pemilik kartu. Jika membutuhkan dana darurat kamu bisa menggunakannya. Kalau kamu pandai mengatur tanggal pemakaian, kamu bisa membayarnya 2 bulan kemudian tanpa terkena bunga. Untuk itu, kamu harus memperhatikan tanggal jatuh tempo dan tanggal cetak tagihan.

 

4. Adakah rencana mengambil pinjaman?

 

Kepemilikan dan pemakaian kartu akan memengaruhi kualitas kreditmu. Rapormu di Bank Indonesia dipertaruhkan di sini. Syukur-syukur jika status kolektibiltasnya selalu lancar. Tentu kamu akan lebih mudah dalam melakukan pengajuan pinjaman baik itu leasing atau kredit permodalan di bank.

 

Sebenarnya, memiliki kartu kredit itu enggak perlu-perlu amat. Kamu tetap bisa mengakses pinjaman online yang juga mudah. Di beberapa pinjaman online seperti Tunaiku, enggak mensyaratkan kepemilikan kartu kredit. Bahkan kamu bisa mengajukan pinjaman dari Rp2 juta sampai Rp20 juta yang bisa dicicil hingga 20 bulan.

 

Baca juga:

  1. Pinjaman Tanpa Kartu Kredit? Yuk, ke Tunaiku Saja!
  2. Berapa Lama Proses Pencairan Pinjaman Tunaiku? Ini Jawabannya
  3. Tanda Tangan Kontrak Pinjaman Tunaiku, Ini 6 Fakta yang Harus Diketahui!

 

Nah, jadi seperti itulah kira-kira hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengajukan kartu kredit. Semoga membantu, ya!