SWARA –  Saat sedang menjadi seorang job hunter, suka enggak suka, kamu bergantung sepenuhnya pada sang perekrut. Menaruh harapan dan, bisa dibilang, masa depanmu di tangan sang HRD. Deg-degan dan harap-harap cemas, ya pastinya.

Tapi, bagaimanapun juga, kamu selalu punya kendali atas nasibmu. Terutama pada tahap wawancara! Caranya, dengan menunjukkan kualitas dirimu sebaik mungkin agar mereka terpesona.

 

Artikel terkait: Bekal untuk sang job hunter

  1. Ini Dia 7 Kesalahan yang Membuatmu Nggak Lolos Tes Wawancara Kerja!
  2. Supaya Berjalan Lancar dan Prima, 5 Barang Ini Harus Kita Persiapkan Saat Wawancara Kerja
  3. Begini 4 Cara Bikin CV-mu Dilirik Meski Tanpa Pengalaman Kerja!

 

Menurut Amana Augustine, seorang ahli di dunia karir yang mengasuh situs TopResume, ada tiga hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat hasil wawancara kerjamu jadi lebih berkesan di mata perekrut. Yuk, simak!

 

Wawancara bukan sekadar ngobrol, kamu harus berani ‘meminta’ langsung pekerjaan ini

Survey dari situs Come Recommended, kesalahan yang paling sering dilakukan sang calon pegawai adalah, mereka lupa ‘meminta’ pekerjaan ini. Terkadang, saking gugupnya, kamu sekadar mengikuti saja alur wawancara; menjawab dan menjawab saja dan bertanya ala kadarnya. Seakan-akan nggak menunjukkan antusias dan ketulusan untuk menjadi bagian dari perusahaan yang dituju. Kalau begini, gimana si HRD tertarik dengan dirimu dan memberikan kesempatan?

 

Tanyakan jadwal pengumuman

Setelah semua pertanyaan terjawab dan kamu pun sudah merasa jelas, sembari berjabat tangan, tanyakan satu hal ini: “Kira-kira, kapan saya akan mendengar balik dari Bapak/Ibu mengenai keputusannya?” Jika mereka memberikan jawaban pasti seperti “1 atau 2 minggu”, berarti setidaknya kamu tahu seberapa lama harus menunggu. Atau, kapan harus mengirimkan e-mail ucapan terima kasih atas kesempatan wawancara.  Supaya lebih efektif dan efisien konfirmasi juga mengenai sarana komunikasi terbaik yang bisa kamu gunakan, apakah telepon atau e-mail.

 

Follow up setiap setelah wawancara

Survey dari Ladders, menemukan bahwa lebih dari 75% perekrut menyebutkan bahwa, ucapan terima kasih melalui e-mail yang dikirimkan para calon karyawan, memengaruhi penilaian dan keputusan mereka. Ini berarti, e-mail terima kasih yang kamu kirimkan memberikan impresi yang baik di mata para perekrut. Oh iya, e-mail terima kasih ini sebaiknya kamu kirimkan paling lambat satu hari setelah wawancara, ya! Hal ini bisa dilakykan supaya sang perekrut masih fresh ingatannya tentangmu.

 

Artikel terkait: Saat sudah bekerja dan memiliki penghasilan

  1. Buat Kamu Pekerja Muda, Ini 5 Cara Tunjukkan Baktimu Pada Orang Tua
  2. Ini 5 Tips Hemat Memilih Kos untukmu yang Baru Merantau di Jakarta!
  3. Berapa Sih Standar Gaji untuk Gaya Hidup Fancy? Yuk, Cermati Perkiraan Ini

 

Gimana? Gampang kan ternyata supaya wawancara kerjamu lebih berkesan di mata para perekrut. Karena sudah tahu, sekarang harus diterapkan ya! Semoga job hunting-mu segera memberikan hasil ya, Kawan Tunaiku!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.