SWARASurabaya Kota Pahlawan. Nggak heran, kalau akhirnya kamu menemukan banyak wisata sejarah perjuangan di sana. Salah satunya, museum yang bisa memuaskan hasrat ingin tahumu, perihal seluk-beluk Kota Surabaya sejak zaman dulu. Apalagi, Surabaya juga memiliki banyak tokoh pergerakan nasional yang populer lewat kegigihannya membela NKRI. Tidak terkecuali, sosok yang berapi-api, Bung Tomo.

Nah, beruntung, seluruh lokasi museum ini bisa kamu akses dengan mudah. Umumnya, berada di pusat kota dan bisa dikunjungi dengan naik angkutan umum. Mau jalan-jalan keliling kota sembari tur museum juga boleh. Di sana, kamu bisa menyaksikan beragam koleksi benda peninggalan sejarah, saksi masa lalu. Berikut adalah 5 rekomendasi museum Surabaya yang wajib kamu kunjungi.

Artikel terkait: Berbagai hal seru di Surabaya

  1.   Yuk, Kunjungi 7 Spot Wisata Malam Terbaik di Surabaya Ini!
  2.   Seperti di Luar Negeri, Ini Dia Wisata Surabaya yang Cocok Buat Foto #OOTD
  3.   Ragam Pilihan Wisata Religi di Surabaya

 

1. Museum W.R. Soepratman

Rumah wafat Wr. supratman, Mangga No 21 Surabaya. Sebenarnya ini adalah rumah dari kakak WR. Soepratman yang bernama Rukiyem Supratijah. Keinginan beliau untuk berjuang melalui lagu karyanya membuat beliau menjadi buronan pemerintah Hindia-Belanda, dan sering berpindah-pindah tempat persembunyian, hingga akhirnya beliau menempati rumah ini. Namun sayang beliau tertangkap dan dijebloskan ke Penjara Kalisosok. Di dalam penjara itulah beliau mengalami penyiksaan dan meninggal 17hari setelahnya, kemudian jenazah beliau dipulangkan ke rumah ini lalu dimakamkan di Pemakaman Rangkah, Surabaya. #Repost @pinktravelogue with @repostapp ・・・ Wage Rudolf Supratman was an Indonesian songwriter who wrote both the lyrics and melody of the national anthem of Indonesia -“Indonesia Raya” . . . . . 01/08/2016 #wisatasurabaya #jalanjalansurabaya #exploresurabaya #suroboyo #historicalplace #indonesia #museumwrsoepratman

A post shared by my heritage trip (@myheritagetrip) on

Kebangetan kalau kamu nggak kenal W.R. Soepratman, si pencipta lagu kebangsaan Indonesia Raya. Nah, kamu bisa mengunjungi museumnya di Jalan Mangga No. 21, Surabaya. Di sinilah W.R. Soepratman tinggal sejak 1936 bahkan bersembunyi dari kejaran pasukan Belanda sampai akhir hayatnya. Bahkan, kamu bisa mengunjungi makamnya yang terletak tidak jauh dari sini.

Oh ya, untuk masuk ke tempat wisata ini, kamu nggak dikenakan biaya, alias gratis!

 

2. House of Sampoerna

Sesuai namanya, di bangunan tua ini, kamu bisa menyaksikan bagaimana sejarah perusahaan rokok legendaris, Sampoerna berdiri. Mulanya, bangunan yang sudah berdiri sejak tahun 1858 ini adalah panti asuhan yang dikelola Belanda. Barulah di tahun 1893, bangunan ini dibeli oleh Liem Seeng Tee dan dijadikan pabrik rokok.

Nah, meski sudah jadi museum dan menyandang sebagai bangunan cagar budaya, House of Sampoerna masih memproduksi rokok, lho. Di sini, kamu juga bisa membeli beragam oleh-oleh dan santai di kafenya. Biaya masuknya pun gratis. Adapun House of Sampoerna terletak di Taman Sampoerna No 6, Krembangan Utara, Surabaya.

CTABARU4

3. Museum Surabaya (Siola)

Banyak orang mengenal bangunan megah ini sebagai Gedung Siola. Berdiri sejak tahun 1877, mulanya bangunan ini difungsikan sebagai pusat dagang. Sayangnya, tidak lama Gedung Siola jatuh ke tangan Jepang dan diambil oleh Pemkot Surabaya.

Barulah, gedung ini mulai dikontrak oleh lima pengusaha untuk direnovasi dan kembali dijadikan pusat dagang. Konon, nama SIOLA ini merupakan huruf pertama dari lima orang pengusaha tadi.

Adapun museum yang ada di Jalan Tunjungan ini diubah lagi fungsinya sebagai museum. Di dalamnya, kamu bisa menyaksikan beragam benda dan artefak bersejarah Kota Surabaya, benda koleksi tokoh legendaris, hingga sejarah perkembangan kota dari zaman sebelum kemerdekaan hingga kini.

 

4. Museum Sepuluh Nopember

Bagi warga Surabaya, 10 November bukan tanggal biasa. Inilah tanggal perjuangan habis-habisan arek Suroboyo melawan penjajahan Belanda. Pantas saja, jika akhirnya 10 November diabadikan menjadi nama museum.

Memiliki arsitektur yang unik, museum ini berada di dalam kompleks Tugu Pahlawan, Jl. Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya. Di sini, kamu bisa menyaksikan beragam senjata dan artefak kota, fragmen perjuangan, foto dokumenter, hingga sejarah kota Surabaya. Biaya masuknya pun cukup murah, hanya sebesar Rp2 ribu.

Artikel terkait: Jalan-jalan, yuk!

  1.   Pilihan Wisata di Yogyakarta untuk Libur Lebaran
  2.   5 Destinasi Wisata Musim Panas Terbaik di Asia, Yuk Rencanakan Liburan!
  3.   Yuk, Kunjungi Wisata Alam Tersembunyi Surabaya Berikut!

 

5. Monumen Kapal Selam

Photo of @desys08 👍👍👍👍👍

A post shared by Monumen Kapal Selam (@monkaselsurabaya) on

Meski namanya “monumen” ini adalah sebuah museum yang berbentuk kapal selam. Didatangkan dari Vladivostok, Uni Soviet, kamu bisa masuk dan berkeliling kapal bernama KRI Pasopati ini dari bagian depan hingga belakang. Pengalaman yang wah banget, mengingat harga tiket masuknya hanya Rp10 ribu.

Adapun kamu bisa mengunjungi Monumen Kapal Selam ini di Jalan Pemuda, Surabaya, tepatnya di antara Sungai Kalimas dan Plaza Surabaya.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!


HENDRATANU WIJAYAHENDRATANU WIJAYA