SWARA DARI AMAR BANK – Sebuah kesempatan besar untuk pencaker (pencari kerja) adalah ketika job fair diselenggarakan. Berbagai perusahaan turut mengisi acara dan yang terpenting, akan ada banyak lowongan pekerjaan. Yuk cari tahu 10 tips ikut job fair agar sukses mendapat pekerjaan, cocok nih untuk kamu yang sedang mencari kerja.

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

Tips Ikut Job Fair untuk Pencari Kerja

 

Sebenarnya apa sih job fair itu? Sederhananya, job fair adalah tempat berkumpulnya perusahaan dari beragam latar belakang industri di satu tempat. Di pameran ini, pencari kerja bisa mencari informasi langsung soal perusahaan incaran. Selain itu, kamu juga bisa meninggalkan CV untuk kemudian diseleksi oleh penyelenggara.

 

Berikut 10 tips ikut job fair untuk kamu coba agar sukses mendapatkan pekerjaan dari job fair:

 

1. Buat CV sebaik dan semenarik mungkin
2. Persiapkan segala hal sebelum wawancara
3. Siapkan Semua Dokumen Pendukung
4. Perhatikan bahasa tubuh
5. Jangan lupa apply
6. Bekali tubuh dengan nutrisi dan istirahat yang cukup
7. Perhatikan penampilanmu
8. Bangun relasi sebanyak mungkin
9. Lakukan follow up
10. Perbanyak berdoa

 

 

TIPS IKUT JOB FAIR
Freepik

 

1. Buat CV sebaik dan semenarik mungkin

 

CV atau Curriculum Vitae sering diabaikan oleh para pelamar kerja. Kemampuan menulis memang dibutuhkan, namun tetap harus berlandaskan kejujuran. Misalnya kamu pernah bekerja di pabrik roti selama empat tahun, kuli bangunan dua tahun, dan penjaga toko satu tahun, sampaikan apa adanya. Harap tidak melebih-lebihkan.

 

Pastikan halaman untuk pembuatan CV tidak terlalu melebar dan memanjang. Paling tidak tiga halaman saja sudah cukup. Ingat, fungsi CV adalah untuk menjadi referensi atas identitas pribadimu serta kiprahmu di dunia kerja.

 

Selain itu, pastikan juga semua data yang dimuat benar. Terutama kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telepon dan email. Jika mereka tertarik dengan CV kamu, mereka bisa menghubungimu.

 

Baca juga: 10 Penyebab Prokrastinasi dan Cara Mengatasinya

 

2. Persiapkan segala hal sebelum wawancara

 

Selain meninggalkan CV, ada beberapa perusahaan yang menerapkan walk in interview. Interview langsung di tempat memang mendebarkan, oleh karena itu persiapkan diri sejak jauh-jauh hari.

 

Begitu kamu berada di lokasi job fair dan ada perusahaan incaran mengadakan walk in interview, kamu harus mencari informasi terlebih dahulu terkait perusahaan tersebut. Salah satu kunci sukses ikut job fair adalah ketika kamu punya informasi mendasar soal perusahaan yang terlibat, sehingga kamu terlihat lebih siap.

 

Pelajari motto-nya, visi-misinya, dan ketahui lebih lanjut mengenai posisi yang ingin kamu tempati. Usahakan setiap jawaban yang kamu berikan kamu sampaikan dengan lancar. Biar kunjunganmu ke job fair tidak sia-sia.

 

Baca juga: 8 Tips Sukses dalam Berkarir yang Wajib Kamu Coba

 

3. Siapkan semua dokumen pendukung

 

Bukan hanya CV, kamu juga harus menyiapkan dokumen penting yang digunakan untuk mencari pekerjaan. Misalnya fotokopi KTP, fotokopi ijazah, fotokopi sertifikat yang terkait untuk pekerjaan, dan lainnya.

 

Siapkan dokumen tersebut sebanyak beberapa rangkap. Pisahkan ke dalam amplop khusus, sehingga kamu tidak perlu ribet mengumpulkan semua dokumen di depan booth job fair. Ingat, ada banyak pelamar kerja di sana, jadi sebisa mungkin kamu harus menyiapkan diri sejak dari rumah.

 

4. Perhatikan bahasa tubuh

 

Tips ikut job fair tidak hanya bergantung pada CV. Bagaimana cara kamu membawa diri juga menjadi nilai lebih. Perhatikan gestur dan bahasa tubuhmu saat berhadapan dengan pihak perusahaan.

 

Ketika berkunjung dari satu booth ke boot lain, ajak perwakilan pihak perusahaan untuk berbincang. Perkenalkan dirimu dan latar belakangmu dengan singkat tapi jelas. Perkuat dengan kontak mata serta gestur tubuh yang membuatmu terlihat profesional.

 

Baca juga: 11 Cara Menjadi Kaya di Usia Muda, Umur 20-30 Tahun Sukses

 

tips ikut job fair
Freepik

 

5. Jangan lupa apply

 

Kamu sudah membawa CV, cover letter, dan dokumen pendukung. Jadi jangan lupa untuk apply di perusahaan yang cocok dengan latar belakangmu. Jangan asal menaruh dokumen, jika memungkinkan, ajak perwakilan perusahaan untuk berbicara sehingga mereka tahu kamu baru saja apply pekerjaan di tempat mereka.

 

6. Bekali tubuh dengan nutrisi dan istirahat yang cukup

 

Tidak ada salahnya kalau kamu berolahraga sebelum job fair dilangsungkan. Misalnya dengan jalan santai di pagi hari. Kemudian diiringi dengan mencukupkan kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

 

Hal ini berguna agar tubuh fit dan siap mengikuti job fair yang biasanya berlangsung seharian. Kamu punya tenaga cukup untuk berpindah dari satu booth ke booth lain, juga jika harus antre lama.

 

Kemudian jangan lupa untuk cukupkan diri dengan tidur paling tidak  tujuh jam semalam. Mayoritas para pencari kerja itu tidak bisa tidur karena kepikiran lowongan di acara job fair. Tidur yang cukup akan membuat tubuh fit untuk berjuang di lokasi job fair.

 

lawan ragu pakai tunaiku
lawan ragu pakai tunaiku

 

7. Perhatikan penampilanmu

 

Penampilan baik atau good looking kerapkali menjadi standar perusahaan dalam menerima karyawan baru. Terutama untuk perusahaan yang bergerak di sektor dagang, pariwisata, ataupun perhotelan. Faktor penampilan tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Setidaknya menjadi nilai plus kalau kamu memang benar-benar siap untuk mendapat pekerjaan baru.

 

Tidak ada salahnya meminta pendapat dari orang-orang terdekatmu saat berpenampilan. Untuk menyiasati penampilanmu, coba amati baik-baik penampilan tiap karyawan yang bekerja di perusahaan bidikan.

 

Berhubung kamu akan menghabiskan waktu lama di lokasi acara, siapkan tisu basah dan kering, kertas minyak, ikat rambut, dan parfum. Kamu juga bisa membawa bedak sehingga penampilanmu tidak terlihat kucel saat bertemu perusahaan incaran.

 

Baca juga: Pentingnya Personal Branding di Usia 30-an, Ini Tipsnya!

 

8. Bangun relasi sebanyak mungkin

 

Dalam acara job fair, pasti akan dipenuhi para pencari kerja yang setara denganmu. Meskipun begitu, bangunlah hubungan baik dengan mereka. Ajak bercanda biar bisa mengurangi ketegangan waktu sesi wawancara. Siapa tahu kalau kamu tidak diterima di perusahaan ini, mereka akan membantumu agar diterima di tempat lain.

 

Tolong-menolong dalam kebaikan amat diperlukan agar sukses menerapkan tips ikutan job fair seperti yang tertera di atas. Sudah banyak orang yang diterima kerja karena pertolongan teman sendiri. Tapi yang lebih penting dari itu adalah terus tingkatkan kualitasmu. Terus asah skill dan kalau belum juga mendapatkan kerja, saya harap tetap pantang menyerah.

tips ikut job fair
Freepik

 

9. Lakukan follow up

 

Ada banyak pencari kerja yang meninggalkan CV saat job fair berlangsung. Oleh karena itu, kamu bisa melakukan follow up dengan mengirim email. Biasanya perusahaan akan memberi tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk screening CV, bisa 2 atau 4 minggu.

 

Lakukan follow up dengan sopan dan tidak mendesak. Perkenalkan dirimu dan latar belakangmu untuk mempermudah pihak perusahaan mengecek datamu. Hal ini bisa membuatmu selangkah lebih dekat untuk sukses mendapatkan pekerjaan dari job fair.

 

10. Perbanyak berdoa

 

Setelah melakukan semua hal di atas, kamu tinggal berserah padang yang Maha Kuasa. Kamu bisa berdoa agar CV yang diberikan saat job fair bisa menemukan jalannya. Ingat, rezeki tidak akan tertukar.

 

Job fair masih menjadi salah satu cara favorit untuk mencari kerja karena bisa mempertemukan langsung antara pencari kerja dan perusahaan. Dengan mengikuti tips ikut job fair di atas, semoga kamu segera mendapatkan pekerjaan idamanmu. Selamat mencoba!