SWARA – Bicara soal asupan makanan yang sehat, makanan buatan sendiri tentu akan lebih meyakinkan, lebih bersih, lebih hemat, dan dan tentu saja lebih sehat.

 

Meski akan terasa lebih melelahkan dan butuh effort lebih karena masak bukan aktivitas yang bisa dengan mudah dituntaskan seperti sulap, langsung jadi. Nah, karena itulah, nggak heran kalau kamu akan memilih untuk memasak satu kali saja di pagi hari, untuk dikonsumsi seharian sampai makan malam.

 

Sore hari, tinggal dihangatkan. Praktis memang, namun tahukah kamu, kebiasaan menghangat-hangatkan makanan ini, sebetulnya nggak sepenuhnya baik. Sebab, nggak semua jenis makanan baik untuk dipanaskan ulang. Wah, apa saja itu ya?

 

Artiket terkait: Gaya hidup sehat

  1. Yuk, Perbaiki 5 Hal Ini Agar Tidak Merasa Jompo di Usia Muda
  2. Sebagai Pekerja, Kenapa Kita Merasa Selalu Sibuk dan Tak Punya Waktu untuk Santai?
  3. Ragam Olahraga yang Bisa Pekerja Kantoran Lakukan Sembari Bekerja

 

1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang tinggi akan kandungan vit A, kalsium, vit B6, vit B12, dan fosfor. Tapi, hindari kebiasaan menghangatkan telur karena justru akan memicu munculnya kandungan racun, khususnya pada bagian kuning telur.

 

2. Ayam

Seperti telur, ayam juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi serta rendah lemak. Tetapi, apabila daging ayam dimasak kembali atau dipanaskan, kandungan protein yang dikandungnya akan berubah dan malah berisiko menyebabkan masalah pencernaan.

 

3. Nasi

Karena mengandung cukup banyak kandungan gula dan kolesterol di dalamnya maka saat dipanaskan kembali, kolesterol jahat di dalam nasi justru akan meningkat. Hal ini tentu akan memengaruhi kesehatan tubuh. Selain itu, nilai kalorinya juga akan meningkat sehingga dapat berisiko masalah kesehatan bagi mereka yang memiliki masalah jantung atau tekanan darah.

 

4. Bayam

Pernahkah kamu melihat beberapa jam setelah dimasak, sayur bayam akan mulai berwarna kehitaman? Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi, selain vitamin dan serat yang tinggi, yang terdapat dalam bayam. Nah, kalau dipanaskan berulang, kandungan nitrat dalam bayam justru akan berubah menjadi nitrit dan berpeluang untuk memunculkan zat karsinogen (pemicu sel kanker).

 

5. Kentang

Kaya akan kandungan zat besi dan tembaga yang sangat baik untuk nutrisi otak, kentang juga memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna sehingga baik untuk kesehatan lambung. Tapi ternyata, kentang kalau dipanaskan berulang kali justru akan mengeluarkan senyawa beracun.

 

6. Santan

Menambahkan santan pada olahan sayur memang akan membantu masakan jadi lebih sedap dan gurih. Tetapi tahukah kamu, masakan yang telah menggunakan santan sebaiknya jangan dipanaskan lagi, sebab lemak yang terkandung dalam dapat berubah menjadi lemak jahat dan berisiko menimbulkan kolesterol saat dipanaskan kembali.

 

Artiket terkait: Info tentang fasilitas kesehatan

  1. Begini Langkah Melakukan Klaim BPJS Kesehatan pada Saat Keadaan Darurat
  2. Begini Cara Pendaftaran dan Manfaat Kartu Jakarta Sehat
  3. Yuk, Ketahui Perbedaan Antara BPJS Kesehatan dan Asuransi Swasta

 

Lalu bagaimana baiknya agar nggak perlu memanaskan ulang, namun juga nggak perlu repot? Mudah! Kamu hanya tinggal menyisihkan bahan makan yang akan dimasak untuk disimpan di lemari pendingan. Nggak perlu kamu masak semuanya sekaligus.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!


HENDRATANU WIJAYAHENDRATANU WIJAYA