TUNAIKU.COM – Belajar itu bisa di mana dan dari mana aja. Termasuk ketika kamu ingin menjadi seorang pengusaha. Selain menempuh kuliah, kamu juga bisa magang atau bekerja di perusahaan sebelum memulai perusahaan kamu sendiri. Tapi, ada lho cara-cara kreatif dan menghibur yang bisa jadi sumber pembelajaranmu. Salah satu caranya adalah menonton film.

 

Berikut adalah sepuluh pilihan film yang wajib kamu tonton bila kamu tertarik terjun ke dunia usaha.

 

1. Catch Me If You Can (2002)

Film yang dibintang Leonardo DiCaprio ini sangat cocok buat kamu yang berjiwa entrepreneur. Diambil dari kisah nyata seorang penipu ulung Frank Abagnale, film ini bakal mengajari kamu banyak hal tentang perjalanan menjadi entrepreneur sukses. Di sini kamu bakal melihat trik lihai dalam penyelesaian masalah dan bagaimana menjadikan situasi yang buruk menjadi baik, dan tantangan yang bakal kamu temui menuju sukses. Kamu bakal dapat inspirasi kreativitas dan inovasi serta bagaimana membentuk visi bisnis dan mengembangkan teknik menjual kamu. 

2. Wall Street (1987)

Film ini bercerita lewat karakter Bud Fox (Charlie Sheen), seorang broker saham ambisius yang turut berkecimpung dalam jalannya roda ekonomi pasar saham Amerika Serikat di Wall Street. Di film ini kamu bakal dapat contekan tentang finansial korporasi, manajemen portfolio, prinsip dan hukum investasi, serta pasar modal dan etika bisnis.

 

Artikel Terkait: Produktif di kantor.

  1. Supaya Kantormu Lebih Menyenangkan, Ini Hal-Hal Menarik yang Bisa Diterapkan
  2. Punya Sahabat di Kantor? Ini 5 Cara Agar Kita Tetap Profesional!
  3. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor 

3. Rogue Trader (1999)

Film ini terinspirasi dari kisah nyata. Tentang seorang pekerja yang menjatuhkan Barings Bank, sebuah bank terbesar di Inggris. Film ini menunjukkan bagaimana uang bisa mengubah perilaku seseorang menjadi maniak, dan menyinggung perilaku orang berduit yang menganggap diri mereka kebal hukum. Di film ini bisa mengajari kamu tentang valuasi korporasi, laporan finansial, pasar modal, emerging market, dan etika bisnis.

4. The Devil Wears Prada (2006)

Film ini bakal memotivasi kamu untuk mengejar pekerjaan impianmu. Di sini kamu bakal belajar bagaimana menangani situasi yang nggak mengenakkan, menavigasi lingungan yang nggak familiar, serta pentingnya untuk bekerja keras karena suatu saat kamu bakal memanen hasilnya. Film ini juga bisa jadi pilihan menarik untuk melihat industri fashion dan bagaimana caranya untuk menaiki tangga menjadi pemimpin.

5. Office Space

Film komedi satir ini menggambarkan budaya perusahaan software pada 1990an, yang dihubungkan dengan relasi pekerjaan dengan politik kantor. Di sini kamu nggak bakal hanya tertawa dengan banyolan pintar, tapi juga bakal belajar soal kepemimpinan, teknik membangun tim, dan pengembangan karir. Di sini juga kamu bakal dapat tips-tips tentang manajemen informasi dan teknologi serta menyeimbangkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan. 

6. The Godfather Trilogy (1972-1990)

Trilogi The Godfather bisa jadi merupakan sinema terbaik untuk para entrepreneur. Ketiga film menggarisbawahi pentingnya koneksi dan membangun jaringan, serta pentingnya membantu orang lain untuk kelancaran bisnis. Kompetisi juga sangat penting dan harus kamu pahami dengan baik bila ingin jadi pengusaha. Di sini kamu bakal belajar strategi persaingan, mengambil alih perusahaan, aliansi, merger dan akuisisi, dan masih banyak lainnya. 

7. The Usual Suspect (1995)

Film ini bercerita tentang sekelompok penjahat yang dituduh melakukan kriminal. Selain menghibur, kamu bakal mendapatkan ilmu dari film ini. Dengan tema psychological thriller, kamu bakal mengetahui soal konsolidasi kepemimpinan, pengaruh dan kekuatan, strategi bisnis jangka panjang, kolaborasi, dan masih banyak lagi. Ada lagi yang penting, bagaimana merencanakan dan mengeksekusi rencana dan strategi.

8. Startup.com (2001)

Film dokumenter tahun 2001 ini bercerita tentang kisah jatuh-bangun perusahaan startup bernama GovWorks yang berhasil mengumpulkan dana investasi sebesar $60 juta dari perusahaan-perusahaan besar. Secara spesifik, film ini juga menyinggung tentang finansial bagi para entreprenuer, cara menggaet modal, manajemen perusahaan, entrepreneurship, dan team building.

 

Artikel Terkait: Kunci meraih sukses.

  1. 6 Pertanyaan yang Bisa Kamu Ajukan Ketika Bertemu Orang Sukses
  2. Hal yang Dilakukan Orang Sukses Begitu Kembali dari Liburan Panjang
  3. Mau Jadi Pengusaha Sukses? Ikuti Lima Tips dari Bob Sadino!

9. Enron : The Smartest Guys in the Room (2005)

Film dokumenter ini adalah hasil adaptasi dari buku berjudul sama oleh dua jurnalis bernama Bethany McLean dan Peter Elkind. Secara umum, film ini meliputi skandal bisnis terbesar sepanjang sejarah Amerika yakni kolapsnya Enron Corporation. Topiknya luas dari accounting reporting, konsolidasi laporan, diversifikasi off-sore, masalah agensi, serta etika bisnis.

10. How to Get Ahead in Advertising (1989)

Walau judulnya demikian, di film ini kamu nggak bakal menemui saran tentang periklanan, melainkan problem solving yang kreatif. Di sini mata kamu bakal terbuka tentang bisnis komersil. Secara spesifik, topik dalam film ini termasuk strategi pemasaran, advertising know-how, segmentasi pasar, dan branding.

 

Itulah film yang bisa kamu tonton untuk bisa jadi salah satu referensi pembelajaranmu menjadi seorang entrepreneur. Semoga berhasil ya.

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

1


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE