SWARA  – Saat mendengar kata introvert, mungkin kamu membayangkan sosok pemalu dan minim kata-kata. Walau hal itu benar, bukan berarti seorang introvert nggak bisa bergaul di kalangan teman atau rekan kerja lho. Tapi terkadang, orang-orang udah keburu mencap introvert sebagai orang yang malas bergaul. Gimana dong?

Sebenarnya kamu bisa dan mampu membangun koneksi dengan orang lain. Dengan sedikit usaha dan banyak kerelaan, kamu yang memiliki karakteristik introvert juga bisa beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Penasaran dengan caranya? Simak yuk.

 

1. Jangan ragu untuk menyapa

Kamu bisa memulai komunikasi dengan orang mulai dari sapaan. Sederhana saja, kamu bisa mulai tersenyum atau melambaikan tangan. Senyum itu murah lho. Dan bisa kamu lakukan walaupun kamu merasa gugup untuk mengajak bicara. Mulai sekarang, kamu bisa membiasakan diri. Saat bertemu rekan kerja atau calon teman, anggukkan kepala atau senyum. Kata sapa seperti “halo” juga cukup ampuh.

 

Artikel Terkait: Menjadi sukses dan bahagia. Mau?

  1. 5 Langkah Meraih Kebahagiaan dan Kesuksesan
  2. Sesibuk Apapun Kamu, Pastikan Hal-hal Berikut Supaya Tetap Positif, Bahagia, dan Semangat
  3. Yuk, Hapus 30 Hal Ini dari Keseharianmu Supaya Lebih Bahagia dan Sukses

 

2. Berani untuk menunjukkan sisi diri kamu yang lain

Setiap individu memiliki karakteristik yang berbeda. Hal ini yang bikin masing-masing manusia unik. Nah, walau kamu pendiam, beranilah untuk unjuk gigi, eh diri. Misalnya, kamu menyukai anime atau suka gaya edgy atau vintage. Keunikan kamu itu jangan disembunyikan. Karakteristik inilah yang mewakili suara kamu. Dengan menjadi diri sendiri, orang bakal menghargai kamu. Dengan demikian, kamu bakal dapat teman.

 

3. Ikut komunitas

Bila kamu memiliki hobi tertentu, cobalah untuk bergabung di komunitas yang sesuai dengan minatmu. Kamu juga bisa ikut kegiatan bareng teman kantor. Cara ini cukup ampuh untuk memperluas jaringan kamu. Apalagi kamu masuk ke dalam kelompok yang punya minat sama. Hal ini bisa sangat membantu kamu untuk mengembangkan diri atau sekedar melalui waktu yang menyenangkan bersama orang lain.

 

4. Membangun komunikasi dua arah

Saat sedang ngobrol dengan orang lain, usahakan nggak merespon secara pasif. Lama-kelamaan lawan bicaramu bakal bosan kalau kamu cuma ngangguk doang atau memerhatikan mulutnya nyerocos. Nah, supaya nggak mati gaya, kamu bisa menyiapkan amunisi nih. Persiapkan topik pembicaraan jawaban untuk kemungkinan pertanyaan dari orang lain. Misalnya profesi, hobi, dan sebagainya.

 

5. Selalu sampaikan pujian

Umumnya, orang senang mendapatkan pujian. Mereka menyukai ketika orang lain mengatakan sesuatu yang positif tentang diri mereka. Nah, kamu jangan pelit pujian. Sampaikanlah rasa kagum kamu kepada lawan bicara. Apakah tentang karya atau penampilannya yang bagus. Tapi jangan memuji secara berlebihan ya. Bisa-bisa kamu dikira ingin menjilat atau justru berpura-pura memuji.

 

6. Menjadi pendengar yang baik

Bila berbicara terlalu susah buat kamu, maka jadilah pendengar yang baik. Konon, introvert itu memiliki kualitas dalam mendengarkan orang lain dengan sungguh-sungguh. Simak dan ajukan pertanyaan bila perlu. Hal ini bakal jadi nilai lebih kamu di mata sahabat atau rekan kerja.

 

Artikel Terkait: Menjadi produktif di tempat kerja.

  1. Supaya Kantormu Lebih Menyenangkan, Ini Hal-Hal Menarik yang Bisa Diterapkan
  2. Punya Sahabat di Kantor? Ini 5 Cara Agar Kita Tetap Profesional!
  3. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kantor

 

7. Stop memberikan nasihat tanpa diminta

Orang-orang cenderung memberi nasihat tanpa diminta. Walau teman atau rekan kerja menghadapi masalah atau menceritakan sebuah persoalan kepadamu, belum tentu mereka mengharapkan solusi dari kamu. Karena itu tahanlah diri kamu dari berkomentar atau memberi saran. Kecuali mereka sendiri yang meminta.

 

Menjadi introvert itu bukan sebuah kekurangan. Kalau kamu memang susah berkomunikasi, hal itu bisa kamu poles dengan melakukan cara di atas. Ingat, bukan cuma kamu saja kok yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi. Yang paling penting adalah bagaimana cara kamu mengatasi hal tersebut.

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

1


KENNY CAROLINEKENNY CAROLINE