SWARA – Sebagai lulusan sosio-humaniora, sah-sah saja kalau saya sedikit iri pada lulusan teknik. Pasalnya, setelah lulus kuliah mereka, kok, cepat banget dapat kerja. Nggak berhenti di situ, kalau sharing masalah gaji, perbandingannya juga jauh banget!

 

Namun, akhirnya saya paham. Hal yang sudah mereka dapatkan memang sebanding dengan beban kerja dan perjuangannya. Bagaimanapun, ada tekanan dan tantangan yang tersembunyi di balik gaji selangit. Dengan kata lain, di balik segala kemudahan kesempatan kerja; ada juga peluang dan perjuangan besar yang harus dilakukan.

 

Penasaran dengan kehidupan anak teknik? Atau kamu memiliki saudara yang ingin melanjutkan kuliah di teknik? Simak, yuk, kegiatan perkuliahan dan peluang kerja lulusan ini.

 

Artikel Terkait: Biaya Pendidikan di Indonesia

  1. Biaya Kuliah S2 Hukum di Universitas Negeri Indonesia, Ini Rincian Dananya
  2. Rekomendasi Sekolah Pariwisata dan Perhotelan Beserta Rincian Biayanya
  3. Universitas dengan Biaya Semesteran Termurah Se-Indonesia

 

1. Teknik Informatika

Kelahiran perusahaan startup yang marak belakangan ini adalah kontribusi dari para lulusan teknologi informasi. Posisi seperti softwere developer pun akan menjadi semakin dibutuhkan di masa depan. Jangan kaget, gaji yang ditawarkan paling sedikit Rp15 juta, lho.

 

Garis besar yang dipejari selama kuliah jurusan ini adalah bidang software (programming). Hanya saja, selama perkuliahan mahasiswa akan diarahkan untuk menerapkan ke bisnis perusahaan. Jadi ya, kalau kuliah di jurusan ini, kamu juga sekaligus belajar tentang ekonomi manajemen.

 

2. Teknik Pertambangan

Meskipun harga minyak dunia belakangan ini turun, perusahaan minyak tetap memberikan gaji yang cukup menjanjikan untuk karyawannya. Selain di perusahaan tambang, kamu juga bisa berkarier di perusahaan luar tambang. Maklum saja, beberapa peralatan dan kebutuhanmu seperti garpu, panci, bahkan kendaraan juga bersumber dari bahan tambang. Makanya jurusan ini masih ramai peminat. Dengan berkuliah di jurusan ini, kamu juga akan dikenalkan dengan cara melakukan eksplorasi dan eksploitasi bahan tambang.

 

3. Teknik Kimia

Maraknya perusahaan manufaktur di Indonesia juga nggak jauh dari budaya konsumtif. Setelah lulus, kamu nggak akan kesusahan mencari pekerjaan karena ada bayak permintaan di perusahaan ini. Beberapa perusahaan yang bisa jadi tempat kerja adalah perusahaan sejenis Unilever, Indofood, dan perusahaan yang berhubungan dengan produksi pabrik lainnya.

 

Agar kamu sukses, kamu perlu tahu sejak awal tentang perkuliahan jurusan ini. Seenggaknya, kamu harus bisa memahami mata kuliah yang menggunakan imajinasi. Di sini kamu diarahkan bisa merekayasa sebuah proses di pabrik dan di semester awal kamu akan mendapatkan tugas berupa desain pabrik. Oh ya, meskipun ada unsur kimia dalam nama jurusan, kuliah di sini hanya mempelajari kimia sebesar 10% saja. Sisanya adalah fisika dan matematika.

 

4. Teknik Sipil

Jika dulu lulusan teknik sipil berlari ke dunia perbankan, saat ini mereka bisa bekerja sesuai dengan bidangnya. Pembangunan di Indonesia sedang mengalami perkembangan. Perusahaan-perusahaan kontruksi pun semakin menunjukkan taringnya. Akibatnya, lulusan teknik sipil semakin banyak diminati. Masalah gaji, jangan tanya lagi. Bahkan, kamu bisa membuka bisnis sendiri sebagai developer atau perancang bangunan, lho. Tentu gajinya jauh lebih besar.

 

Memiliki nilai bagus di bidang matematika dan sains menjadi sarat mutlak jurusan ini. Selain kuliah praktik dan kelas, kamu juga akan mengikuti pemagangan. Proses magang ini sangat bermanfaat, lho. Siapa tahu nantinya setelah lulus kamu ditarik bekerja di tempat magang.

 

Artikel Terkait: Peluang Kerja Berbagai Jurusan

  1. Pilih Kuliah D3, Ini 5 Jurusan yang Lulusannya Paling Banyak Dicari
  2. 6 Pilihan Peluang Karir Terbaik Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi
  3. 10 Pekerjaan Menjanjikan Untuk Lulusan Jurusan Sastra

 

5. Teknik Mesin

Sudah jadi rahasia umum kalau Indonesia ini dikenal dengan sifatnya yang konsumtif pada sarana transportasi pribadi. Nggak heran kalau banyak perusahaan otomotif yang berdiri di Indonesia. Selain peluang yang terbuka lebar, gaji yang ditawarkan pun menjanjikan. Beruntunglah kamu yang sedang menjalani kuliah di jurusan teknik mesin.

 

Sebagai mahasiswa teknik mesin, agar proses kerjamu nanti lebih mudah sebaiknya kamu menguasai AutoCad (drawing dengan menggunakan komputer). Secara umum, jurusan ini mempelajari perencanaan mekanik dan konstruksi proses manufaktur dan sistem produksi. Kamu juga harus pandai ilmu matematika dan fisika.

 

Bagaimana dengan jurusan-jurusan teknik di atas? Mana yang membuatmu tertarik?

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp2-20 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-20 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, pinjaman mudah dan cepat, amar bank indonesia, kredit mudah dan cepat, kredit tanpa agunan, kredit tanpa kartu kredit, kredit tanpa jaminan, masalah keuangan, keuangan pernikahan

 

 

 


TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI