SWARA– Mobil matik semakin menjadi primadona di masyarakat perkotaan. Mereka memilih mobil matik karena memang cocok untuk dikendarai di daerah perkotaan yang sering mengalami kemacetan.

 

Karena memiliki karakter yang berbeda dengan mobil manual, mengendarai mobil matik juga punya cara tersendiri. Sayangnya, banyak orang melakukan kesalahan-kesalahan yang tanpa sengaja saat mengendarai mobil matik. Biasanya mereka yang tanpa sengaja melakukan kesalahan saat mengendarai mobil matik itu karena kurang tahu akibat atau dampak yang dihasilkan.

 

Padahal, tak jarang, kesalahan tanpa sengaja yang dilakukan saat mengendarai mobil matik itu berakibat buruk, baik untuk keselamatan diri maupun kondisi mobil.

 

Artikel terkait: Tips Sebelum Membeli Mobil

  1. Perhatikan 5 Pengeluaran Berikut Sebelum Kamu Beli Mobil!
  2. Beli Mobil Baru: Memang Butuh atau Sekadar Ikut Tren?
  3. Mau Beli Kendaraan Bekas? Simak Langkah Mengurus Balik Nama Beserta Estimasi Biayanya Berikut Ini

 

Nah, demi keselamatan diri dan juga kondisi mobil yang optimal, sebaiknya hindari 5 kesalahan yang tanpa disengaja dilakukan saat mengendarai mobil matik. Apa saja kesalahan-kesalahan itu? Simak ulasannya, ya.

 

1. Posisi Transmisi di D

Kesalahan pertama yang seringkali dilakukan beberapa pengemudi adalah dengan membiarkan mobil berada di posisi transmisi “D” ketika berhenti di lampu merah. Sebenarnya ini nggak terlalu berbahaya kalau kamu menginjak rem dengan penuh. Tapi akan menjadi berbahaya ketika kamu dalam kondisi lelah atau kurang fokus. Kamu bisa saja kurang kuat dalam menginjak rem dan mobil akan berjalan otomatis. Ini akan berpotensi menabrak mobil yang ada di depan mobilmu.

 

2. Dua Kaki di Pedal

Kamu mungkin sudah kebiasaan untuk meletakan kedua kakimu di pedal rem dan gas. Tapi, tahukah kamu dengan menginjakkan kaki di kedua pedal tersebut akan menyulitkan kontrol dari mobil tersebut? Karena ketika kedua pedal diinjak, kampas rem akan cepat habis karena menahan setengah laju mobil. Kamu harus membiasakan diri untuk menggunakan satu kaki pada pedal, ya. kamu nggak mau ada dalam bahaya karena bermasalah pada rem mobilmu, bukan?

 

3. Posisi Transmisi Saat Turunan

Beberapa orang memposisikan mobil pada transmisi “D” saat turunan. Beberapa orang lainnya selalu menggunakan transmisi “L” ketika jalur down hill. Tapi, alangkah lebih baiknya kamu memposisikan mobilmu ada pada posisi diantara transmisi “D” dan “L”. Kalau kamu selalu menggunakan “L” akan mengakibatkan kopling menjadi panas. Sedangkan, kalau kamu selalu menggunakan posisi “D”, efek engine brake akan berkurang. Terlebih kalau kamu berkendara di jalanan yang menurun curam.

 

4. Tidak Memperhatikan Persneling Saat Parkir

Biasanya kesalahan ini nggak sengaja dilakukan ketika memarkir kendaraan. Terkadang beberapa orang nggak sadar bahwa mobil masih ada pada posisi gigi maju sehingga mereka akan langsung menginjak gas padahal mobil dalam posisi gigi mundur. Tentunya kamu nggak mau mobilmu meluncur tanpa kendali hanya karena lupa memperhatikan persneling, bukan?

 

Artikel terkait: Pilah – Pilih Mobil

  1. 3 Kiat Memilih Ban Mobil yang Aman Digunakan Saat Hujan
  2. Buat Pemula, Lebih Baik Beli Mobil Baru atau Bekas? Ini 4 Hal yang Perlu Kamu Pertimbangkan!
  3. Periksa 7 Komponen Mobil Ini saat Musim Penghujan Tiba!

5. Ban Roda Penggerak Tidak Digantung Saat Diderek

Ketika harus menderek mobil matikmu, pastikan petugas derek telah mengangkat ban roda penggerak dari mobilmu, ya. karena kalau ban roda penggerak nggak digantung saat diderek, ini akan menyebabkan komponen transmisi rusak. Ini dikarenakan ban dipaksa berjalan tanpa adanya lubrikasi. Tentunya ini akan berdampak pada matinya mesin dan pompa oli.

 

KTA, tunaiku, pinjaman tunai, pinjaman online, pinjaman mudah dan cepat, pinjaman tanpa agunan, pinjaman tanpa jaminan, amar bank indonesia, kredit tanpa agunan, kredit online, kredit mudah dan cepat, kesalahan yang dilakukan saat mengendarai mobil matik, mobil matik

 

6. Mengabaikan Penggantian Oli Transmisi

Kesalah yang tanpa sengaja dilakukan lainnya yaitu lupa untuk mengganti oli transmisi sesuai jadwal. Kamu tahu bahwa oli adalah pelumas yang sangat dibutuhkan oleh kendaraan bermotor.

 

Kalau kamu nggak mengganti oli transmisi secara berkala dan rutin akan mengakibatkan mesin mobilmu akan cepat aus. Ini akan mengakibatkan lubrikasi kurang optimal sehingga akan merusak komponen mesin transmisi. Pastinya ini akan memakan biaya yang jauh lebih mahal lagi kalau sampai mesin transmisi mobilmu rusak.

 

Nah, itu dia beberapa kesalahan yang tanpa disengaja dilakukan saat mengendarai mobil matik. Mungkin beberapa di antaranya sering kamu lakukan. Nah, setelah mengetahui bahwa itu adalah salah, mulai hindari dari sekarang ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga! Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp20 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


NESA WILDA MUSFIANESA WILDA MUSFIA