SWARA – Melihat maraknya seleb Indonesia berbisnis bakery, bisa jadi, kamu juga jadi ingin memulai bisnis yang sama, ya? Bisnis cake and bakery memang menjadi bisnis yang potensial. Ini dikarenakan banyak orang Indonesia yang menyukai kue-kue manis.

 

Selain itu, budaya membawa oleh-oleh juga menjadi salah satu alasan banyaknya toko roti yang mengklaim dirinya sebagai roti oleh-oleh khas suatu daerah.

 

Nah, nggak ada salahnya buat kamu coba bikin cake shop sendiri. Modalnya nggak cukup? Tenang aja, kamu bisa ajukan pinjaman tanpa agunan melalui Tunaiku. Syaratnya mudah banget, hanya dengan KTP saja kamu bisa mengajukan pinjaman Rp3 – Rp20 juta. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan tambahan modal untuk bisnis cake shopmu.

 

Setelah permasalahan modal sudah selesai, apa saja hal yang perlu dilakukan untuk membangun sebuah cake shop? Berikut langkah-langkah yang perlu kamu lakukan dalam memulai bisnis cake and bakery.

 

Artikel terkait: KTA Tunaiku Bisa Buat Bangun Usaha, lho

  1. Ingin Buka Usaha Coffee Shop? Ringankan Modal Lewat KTA Bunga Rendah
  2. Kiat Sukses Berbisnis Kafe Lewat Pinjaman Tanpa Agunan!
  3. Jajal Bisnis Food Truck Pakai Pinjaman Tanpa Agunan dari Tunaiku, Yuk!

 

 

  • Sesuaikan Ukuran Dapur

Kalau dapur rumahmu cukup luas untuk meproduksi roti dan kue dalam jumlah yang banyak, mungkin kamu nggak perlu lagi menyewa tempat untuk dijadikan sebagai dapur. Tapi, kalau dapur rumahmu nggak memungkinkan, kamu bisa mencari tempat lain untuk kamu pakai sebagai tempat memproduksi roti-roti yang akan kamu jual.

 

 

  • Realisasikan!

Ide bisnis dan rencana bisnis nggak akan pernah berhasil kalau kamu hanya berpikir. Mulailah melakukan hal-hal terkecil dari apa yang kamu pikirkan. Kamu nggak mau bukan kalau keinginan membuat cake shop hanya akan berakhir menjadi wacana? Maka dari itu kamu haru merealisasikannya.

 

 

  • Buat Daftar Perlengkapan

Hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuat list mengenai daftar perlengkapan yang kamu butuhkan. Dimulai dari peralatan dapur, bahan baku, perlengkapan toko hingga model packaging dari roti yang akan kamu jual.

 

 

  • Buat Konsep Bisnis

Konsep bisnis ini akan memberikan warna dan pola tersendiri dalam berbisnis. Kamu perlu membuat konsep bisnis cake shop ala kamu sendiri agar bisnismu dapat berjalan sesuai yang kamu inginkan. Tanpa adanya konsep, bisnis cake shopmu hanya akan terasa sangat membosankan yang bisa memicu berakhirnya usaha cake shopmu.

 

Jadi, jangan setengah-setengah dalam memulai usaha, ya. Buat konsep usaha cake shopmu sematang mungkin. Dengan konsep yang matang ini, akan sangat membantumu menjalankan bisnis dengan lancar.

 

Pinjamhttps://tunaiku.com/?refcode=BLOGPAGE&utm_source=SoftCTA1&utm_medium=Image1&utm_campaign=CTAImage1an tanpa agunan tunaiku

 

 

  • Buat Tester atau Sampel

Untuk awal pembukaan cake shop, kamu perlu membuat tester atau sempel roti yang akan kamu jual. Kamu bisa membagikannya secara percuma sebagai bagian dari bentuk promosi serta pengenalan produk. Dengan begitu, masyarakat akan mengenali bentuk serta rasa dari roti yang kamu jual.

 

 

  • Menjaga Harga Jual

Mungkin kamu agak kurang sreg dengan keuntungan yang kamu dapatkan dari hasil penjualan. Biasanya, kamu akan memilih untuk menaikkan harga untuk mendongkrak nilai keuntungan. Tapi, pilihan menaikkan harga adalah hal yang cukup beresiko. Kamu nggak perlu buru-buru menaikkan harga rotimu karena akan mempengaruhi respon pasar. Ini akan berakibat pada turunnya permintaan dari pembeli.

 

Lebih baik cari aman saja.. Dengan menjaga harga jual dari produkmu kamu akan lebih mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Untuk saat ini, bersabar dulu dengan keuntungan yang belum sesuai dengan keinginan. Pastikan pelangganmu nggak kabur karena tiba-tiba harga rotimu menjadi naik, ya.

 

 

  • Inovasi Produk

Ini akan menjadi satu hal yang penting untuk dilakukan. Konsumen akan bosan dengan segala jenis roti yang biasa muncul di pasaran. Untuk menarik perhatian konsumen baik konsumen lama ataupun baru, kamu bisa melakukan inovasi terhadap produkmu. Berpikirlah sekreatif mungkin akan produk-produk yang kamu jual, agar terkesan lebih baru dan fresh sehingga lebih banyak diminati oleh pasar.

 

Artikel terkait: Simak juga kiat-kiat mensiasati modal dalam berbisnis!

  1. 5 Peluang Bisnis dengan Modal Minim, Nomor 4 Paling Banyak Diminati
  2. Ingin Buka Usaha Coffee Shop? Ringankan Modal Lewat KTA Bunga Rendah
  3. Bolehkah Melakukan Pinjaman Tanpa Agunan Sebagai Modal Usaha? Ini yang Harus Diperhatikan

 

 

  • Catat Segala Transaksi

Transaksi yang terjadi selama kamu membuka toko roti sebaiknya kamu catat dalam buku tersendiri. Ini akan membantumu melacak segala jenis pengeluaran dan pemasukan yang ada. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mengatur keuangan di periode selanjutnya. Ini dikarenakan kamu telah belajar dari seluruh transaksi yang sudah tercatat sebelumnya.

 

 

  • Tetap Semangat

Memulai suatu usaha akan selalu ada pasang surutnya. Kadang kamu merasa begitu lancar, tapi nggak jarang juga kamu merasakan masalah datang silih berganti. Mendapatkan rugi, komplain pembeli, kualitas bahan yang buruk atau masalah lainnya yang mungkin akan membuatmu stres dan kelelahan. Tapi, kamu hanya perlu tetap semangat dalam menjalani bisnis. Semangatmu yang tetap kamu jaga akan berbuah kesuksesan di masa yang akan datang.

 

Nah, itu dia langkah – langkah dalam memulai bisnis cake shop yang bisa mulai kamu coba terapkan. Tentunya agar usahamu lebih lancar lagi, jangan ragu untuk mengajukan pinjaman modal ke Tunaiku.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.

Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 


 

NESA WILDA MUSFIA NESA WILDA MUSFIA