SWARA – Setelah penat bekerja, kamar seharusnya bisa menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat. Tapi, untukmu anak rantau, kamar kos sebaiknya memiliki dua fungsi, yaitu, nyaman untuk istirahat sekaligus efektif untuk bekerja.  

Nah, masalahnya adalah jika kamar kosmu berukuran mungil, kira-kira hanya 3 x 3 meter atau kurang. Pasti harus pintar-pintar menatanya agar dua fungsi di atas terpenuhi. Kalau bingung bagaimana caranya supaya kos mungilmu tetap terasa nyaman dan homey, ikuti 5 tips berikut ya!  

 

1. Pilih warna dan pola yang minimalis

Untuk memberi kesan yang lapang dan lega, disarankan untuk memilih warna-warna monokrom. Atau, jika dirasa terlalu membosankan, tentukan satu warna tema namun dalam berbagai shade dan terapkan untuk warna dinding, kursi belajar, atau karpetmu. Pemilihan warna seperti ini juga memberikan kesan homey.

 

2. Tempatkan furnitur dengan tepat

Meskipun sempit, kamarmu harus memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik. Maka, pastikan posisi furniturmu jangan sampai menghalangi jendela. Selain itu, maksimalkan juga ruang kosong dengan ‘menempelkan’ tempat tidur, lemari, dan meja kerjamu ke dinding. Jika memungkinkan, pilih tempat tidur yang langsung ke lantai, bukan springbed atau yang memakai tubuh kayu.

 

3. Investasi di furnitur yang fungsional sekaligus dekoratif

Supaya lebih sedap dipandang, enggak ada salahnya membeli barang-barang yang fungsional sekaligus dekoratif. Misalnya, tirai, lampu meja belajar atau jam dinding dengan pola minimalis dan warna yang kamu senangi. Kotak-kotak penyimpanan yang enggak hanya kokoh, tapi juga ditata dengan baik di atas lemari atau kolong tempat tidur.  

 

4. Manfaatkan space di dinding

Kamar sempit bukan berarti enggak bisa  dihias. Triknya adalah pemilihan elemen yang tepat, yaitu, dua dimensi. Contoh, lukisan atau gambar yang bisa ditempelkan ke dinding. Untuk menata buku, pilihlah rak buku yang bisa dipaku ke dinding alih-alih ditempatkan di lantai.

 

5. Jaga kebersihan dan kerapian supaya enggak terlihat ‘penuh’

Terakhir, mau punya kamar kecil atau besar, satu hal yang pasti: harus jaga kebersihan dan kerapian. Jangan biasakan menumpuk baju di kursi atau membiarkan meja belajar berantakan. Oh iya, sebenarnya punya kamar kos kecil  akan lebih menguntungkan sih, karena dengan sendirinya kamu mengerem diri untuk enggak berlebihan membeli barang-barang.  Betul, nggak?

 

Setelah membaca artikel 5 tips mengakali kamar kos yang mungil ini, praktikkan  juga ya ke kamar kosmu. Karena jauh dari rumah, kamu harus bisa membuat tempat tinggalmu yang sekarang terasa nyaman supaya enggak homesick melulu. Baca juga tips-tips mengelola keuangan untuk anak kos yang pernah Tunaiku bahas di sini. Semoga membantu, ya! Selamat mencoba!

 

Satu hal lagi, jika sewaktu-waktu kamu membutuhkan bantuan finansial, yuk hubungi Tunaiku saja. Tunaiku, jasa peminjaman uang online terpercaya dan diawasi oleh OJK. Pilihan yang tepat dan cepat!