SWARA – Kedatangan tanggal tua bisa jadi momok tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya, tanggal ini sering dianggap keramat karena kondisi keuangan yang sudah mulai sekarat. Kamu pun harus pandai-pandai mengatur pemasukan jika ingin bisa bertahan hingga menerima gaji yang selanjutnya.

Tenang, kamu tak perlu diet ketat atau mengurangi makan hanya karena uang mepet, kok. Ada delapan menu enak sekaligus murah yang bisa kamu coba tiap tanggal tua!

  1. Nasi orak-arik

Bahan yang kamu butuhkan hanya wortel, buncis, dan telur, bahkan semua bahan bisa dibeli di pasar dengan harga murah. Membuatnya pun tak susah, tumis bawang merah dan bawang putih lalu masukkan telur dan garam lalu masak orak-arik. Kemudian masukkan sayuran yang sudah dipotong tipis memanjang. Biaya yang kamu keluarkan untuk makanan enak ini hanya Rp 5 ribu-10 ribu saja dan bisa untuk beberapa kali makan. Murah, ‘kan?

  1. Nasi goreng

Nasi goreng bisa kamu buat hanya berbekal nasi putih dan bumbu dapur. Untuk membuatnya bahkan sangat sederhana karena bahan yang kamu butuhkan hanya bawang, terasi, garam, kecap, cabai, dan nasi putih. Jika sudah punya garam dan kecap, maka estimasi biaya yang dikeluarkan hanya 3.000 rupiah untuk membeli bawang dan cabai di pasar tradisional.

  1. Oatmeal abon

Oatmeal bisa kamu beli dengan harga Rp 10 ribu, sementara abon Rp 10 ribu. Jangan khawatir karena makanan ini bisa kamu santap berkali-kali. Bahkan, oatmeal yang ditaburi abon akan sangat mengenyangkan dan bisa berfungsi sebagai pengganjal perut di kala lapar. Kamu bisa mengonsumsinya untuk sarapan, sore hari saat ingin ngemil, bahkan di tengah malam.

  1. Nasi sarden

Makanan kaleng memang nggak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering. Namun, hal ini bisa jadi pengecualian di akhir bulan. Toh, lebih bergizi ikan sarden daripada mie instan, ‘kan? Kamu bisa merogoh kocek sekitar Rp 8.000 yang cukup untuk lauk seharian.

  1. Roti bakar isi sarden

Bosan dengan roti bakar isi selai atau meses cokelat? Kamu bisa memodifikasinya dengan ikan sarden. Uang yang kamu gelontorkan untuk makanan enak ini hanya Rp 18 ribu. Percaya deh, roti bakar spesial isi ikan ini akan sangat istimewa di tanggal tua.

  1. Sandwich sayur telur

Sandwich memang biasanya diisi dengan daging dan sayuran. Berhubung tanggal tua, kamu bisa menggantinya dengan telur mata sapi. Tambahkan juga saos mayonaise sachet, daun selada, dan irisan tomat segar. Jika di cafe sandwich dibanderol mahal, maka kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 15.000 untuk beberapa kali makan sandwich bikinan sendiri. Hemat, kan?

  1. Nasi jamur goreng tepung

Tekstur jamur yang hampir mirip dengan ayam bisa digunakan sebagai menu enak di tanggal tua. Kamu hanya perlu membalurinya dengan tepung siap saji dan menggorengnya ke dalam minyak panas. Percaya deh, rasanya gak beda jauh dengan ayam goreng. Dana yang kamu anggarkan hanya sekitar Rp 10.000 dan bisa untuk beberapa kali makan.

  1. Nasi ikan pindang dan sambal bawang

Untuk menu kali ini kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10.000 saja. Kamu bisa memadukan ikan pindang dengan nasi hangat dan sambal bawang yang mudah dibuat. Makanan ini akan membuatmu merasa masih berada di awal bulan.

Jadi, menu mana yang akan kamu coba duluan? Atau barangkali kamu punya menu andalan murah lainnya? Share yuk di kolom komentar.