SWARA – Demi keadaan finansial yang lebih baik, kita tentu berusaha untuk berhemat dengan berbagai cara. Tapi, kalau eksekusi yang kita lakukan kurang cermat, niat untuk hemat bisa justru berujung jadi pemborosan tanpa disadari. Nah, biar hal ini nggak terjadi, cermati 10 cara hemat yang bikin kita mengeluarkan uang lebih banyak berikut ini!

 

1. Membeli barang banyak-banyak agar harganya lebih murah

Kamu mungkin sering melihat penawaran ‘Beli 2 Gratis 1’ maupun potongan harga setiap pembelian barang dalam jumlah tertentu. Karena tertarik untuk berhemat, kamu pun memilih untuk membelinya. Padahal, sebenarnya kamu perlu nggak sih barang sebanyak itu?

 

2. Belanja tanpa pikir panjang cuma gara-gara ada diskon spesial

Ini juga salah satu strategi marketing yang biasa dilakukan retailer, yaitu memberikan diskon dengan waktu yang sangat terbatas. Tujuannya agar kita memutuskan untuk membeli tanpa berpikir panjang, dengan alasan: “Suatu hari bakal perlu nih!” Hati-hati sama jebakan betmen yang satu ini. Maksud hati ingin hemat dengan mendapatkan barang dengan harga diskon, kita malah jadi lebih boros karena membeli barang yang belum tentu kita butuhkan.

 

3. Sering belanja biar dapat reward

Pusat perbelanjaan atau retailer seringkali memberi reward berupa poin yang bisa ditukar dengan berbagai hadiah menarik kepada konsumen yang memegang member card. Demi reward yang nggak seberapa, kamu pun jadi lebih sering belanja. Padahal, ini jelas-jelas pemborosan.

 

4. Belanja jauh-jauh demi tukar kupon

Kamu mungkin pernah mendapatkan kupon belanja di supermarket tertentu. Tapi, supermarket itu ternyata letaknya cukup jauh dari tempat tinggalmu, bahkan hingga luar kota. Kalau nominalnya nggak seberapa, bela-belain buat ke sana jelas bakal jadi pemborosan, soalnya kamu harus keluar uang buat bensin, parkir, tol, dan lain-lain. Tenaga dan waktu yang dikerahkan juga harus dihitung, lho!

 

5. Belanja gara-gara cicilan nol persen

Pemegang kartu kredit pasti nggak asing lagi sama promo ini. Hati-hati, soalnya promo ini juga bikin kamu jadi impulsif saat belanja. Apalagi, barang-barangnya biasanya mahal-mahal.

 

6. Memilih barang murah tapi nggak awet

Memilih barang murah yang cepat rusak justru bikin kamu tambah boros. Kalau beneran mau hemat, lebih baik belilah barang yang lebih mahal tapi awet, terutama kalau kamu akan menggunakannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

 

7. Segan mengeluarkan uang untuk pemeliharaan dan perbaikan

Kendaraanmu sudah waktunya diservis tapi kamu tunda dengan alasan penghematan? Salah-salah, kendaraanmu malah rusak dan jadi perlu banyak biaya buat memperbaikinya. So, urusan pemeliharaan barang-barang yang penting sebaiknya nggak kamu tunda!

 

8. Membeli makanan yang murah tapi nggak sehat

Makanan adalah energi kita untuk bekerja. Makanan yang murah memang enak di kantong, tapi kalau nggak sehat, ini justru bisa membebani keuanganmu. Soalnya, makanan yang kurang sehat bisa mempengaruhi kesehatan dan produktivitasmu di tempat kerja.

 

9. Mengabaikan waktu istirahat dan liburan

Istirahat sejenak dan berlibur itu penting untuk mengelola stres akibat bekerja. Makanya, perusahaan biasanya memberi jatah cuti buat karyawannya. Memilih nggak liburan karena nggak mau keluar uang bisa bikin tingkat stresmu jadi tinggi. Ujung-ujungnya kesehatanmu yang dipertaruhkan. Selain itu, nggak ada ruginya mengajak keluarga jalan-jalan untuk membahagiakan mereka.

 

10. Menyimpan semua uang yang disisihkan dalam bentuk tabungan

Menabung itu kebiasaan yang baik. Tapi, mengandalkan tabungan untuk menyimpan uang bukan cara jitu untuk membuat uangmu bertambah banyak. Selain bunga yang rendah, nilai uang yang ada dalam tabunganmu juga akan semakin berkurang karena inflasi setiap tahunnya.

 

Nah, biar lebih bermanfaat, cukup tabung uang hingga jumlah tertentu untuk dana darurat. Sisanya, gunakan untuk berinvestasi. Dengan begitu, uangmu bisa berkembang lebih cepat!

 

Itulah 10 cara hemat yang bikin kita mengeluarkan uang lebih banyak yang tanpa sadar kita lakukan. Agar benar-benar bisa mengambil manfaat dari berhemat, tinggalkan kebiasaan-kebiasaan di atas mulai dari sekarang!