SWARA DARI AMAR BANK – Setelah mengirimkan formulir pinjaman uang KTA online, sekarang saatnya deg-degan menunggu kabar dari pihak bank. Setelah menunggu sekian waktu, kok, nggak kunjung ditelepon, ya? Padahal udah yakin banget telah mengisi formulir dengan benar.

 

Harap-harap cemas KTA Amar Bank yang diajukan berhasil cair atau nggak? Supaya hati tenang dan yakin lolos, berarti kamu harus ikuti 6 cara ampuh ini agar pengajuan pinjaman KTA online kamu diterima!

 

Kalkulator Finansial Swara
Hitung segala kebutuhan harian kamu dengan Kalkulator Finansial dari Swara. Mulai dari modal bisnis, biaya pernikahan, renovasi rumah, traveling, hingga pendidikan. Klik Banner untuk Mencoba!

 

6 Tips Agar Pengajuan Pinjaman KTA Online Diterima

 

cara agar pinjaman KTA Online diterima
Sumber: Unsplash

 

Berikut langkah yang harus kamu lakukan agar pinjaman KTA Online kamu di terima oleh pihak bank.

 

1. Pastikan kontak yang dicantumkan dapat dihubungi

 

Cara pertama agar pengajuan pinjaman KTA Online kamu diterima adalah  memastikan kontak yang dicantumkan valid dan gampang dihubungi. Ini nih hal kecil yang sering kejadian. Gara-gara terburu-buru mengisi formulir, jadi salah ketik. Akibatnya, saat pihak bank ingin meneleponmu untuk verifikasi data, eh, nggak nyambung. Kalau sudah begini, pupus deh harapan untuk mendapatkan pinjaman tunai.

 

Baca juga: 10 Tips Cerdas Mengajukan Pinjaman Online Agar Hidup Tenang!

 

2. Pastikan syarat dan minimal gaji terpenuhi

 

Beberapa bank memang menetapkan nilai gaji minimal agar pinjaman uang tanpa jaminan online yang diajukan bisa diterima. Biasanya, Rp 3 juta per bulan atau Rp 36 juta per tahun. Nah, jika kamu mencari lembaga pinjaman yang tidak memberlakukan minimal gaji, Tunaiku dari Amar Bank solusinya. Pinjaman uang online Tunaiku Amar Bank enggak mensyaratkan nilai minimal gaji, kok.

 

Tapi sang pengaju harus memiliki pekerjaan tetap dan menyertakan slip gaji. Kelak, pertimbangan pengajuanmu akan dilihat bersamaan dengan nilai hutang lain yang sedang kamu miliki.

 

3. Pastikan pengisian data sesuai

 

Agar pinjaman KTA Online kamu diterima, pastikan pengisian data kamu sesuai dan valid. Ingat, pihak Bank pasti akan check and recheck kecocokan data dan informasi yang kamu masukkan di formulir. Misalnya, kamu menyebutkan bekerja di perusahaan A, padahal udah lama pindah. Atau, bilang alamat rumahmu di Jalan ABC, eh ternyata itu alamat rumah calon mertua. Pasti deh bakal dicoret dari ‘Daftar Nasabah yang Lolos’.

 

Baca juga: Intip Peran Pinjaman di Era Resesi, Bantu Ekonomi Melesat!

 

4. Perhitungkan proporsi cicilan dan kredit lain

 

Tahukah kamu? Rasio total hutang dan cicilan yang sehat itu seharusnya tak melebihi 40% dari penghasilan bersih. Di beberapa kasus, bank akan menolak pengajuan pinjaman tunai bila total hutang/cicilan yang sedang berjalan lebih dari sepertiga penghasilan.

 

Kenapa? Sebab semakin besar hutang yang dimiliki, semakin kecil uang yang bisa disisihkan untuk membayar pinjaman. Jadi, misalkan gajimu sekarang adalah Rp 5 juta, usahakan hutang yang sedang berjalan nggak lebih dari Rp 1,5 juta.

 

5. Jangan sampai kamu memiliki catatan tunggakan di Biro Informasi Kredit

 

Selain dinilai dari dokumen-dokumen pendukung yang kamu berikan, pihak bank juga akan mengecek datamu di Biro Informasi Kredit. Biro Informasi Kredit (BKI) merupakan badan bentukan BI yang bertugas menghimpun dan menyimpan data penyediaan dana/pembiayaan, dan didistribusikan sebagai informasi kredit, yang disebut Informasi Debitur Individual (IDI) Historis. Kalau ternyata IDI Historismu nggak sehat, bisa jadi pinjamanmu ditolak.

 

6. Pastikan skor kredit OJK baik

 

Cara selanjutnya agar pinjaman KTA Online mu diterima adalah pastikan skor kredit yang ada di OJK bagus. Ini sama halnya dengan poin ke-5 tadi. Rata-rata Bank maupun Fintech atau P2P Lending sudah terawasi dan terdaftar di OJK. Maka jika skor kreditmu jelek, sudah dipastikan pengajuan pinjamanmu ditolak. Penting untuk mengecek dan memperbaiki terlebih dahulu skor kreditmu di OJK sebelum mengajukan pinjaman.

 

Baca juga:

Jaga Skor Kredit OJK Agar Pengajuan Pinjaman Tetap Lancar, Begini Caranya!

Kupas Tuntas Cara Memperbaiki Skor Kredit di OJK, Lengkap!

Data Pinjaman Online Disalahgunakan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

 

Nah, begitulah 5 cara ampuh agar pinjaman uang tanpa jaminan yang kamu ajukan diterima. Kalau kamu ingin mengajukan pinjaman uang bisa juga di Tunaiku Amar Bank, silakan klik di sini. Tunaiku merupakan platform pinjaman digital yang terdaftar dan diawasi oleh OJK dan berada di bawah naungan PT. Bank Amar Indonesia Tbk.

 

Manfaat mengajukan pinjaman di Tunaiku, kamu bisa mendapatkan limit pinjaman cepat hingga Rp20 juta dengan tenor lama 20 bulan. Tak hanya itu, ada banyak fitur unggulan yang bisa kamu dapatkan saat menjadi nasabah Tunaiku, mulai dari menambah pemasukan lewat fitur Bantu Kawan, membuat Janji Bayar jika belum sanggung membayar di waktu tertentu, dan masih banyak lainnya.