Kamis, 28 Okt, 2021
Mau Deposito Untung 10% Per Tahun?

SWARA KAMU: Mengapa Gen Z Harus Melek Investasi?

Akhir-akhir ini, investasi sedang hangat diperbincangkan, terutama kalangan generasi Z. Mereka berbondong-bondong memasuki dunia investasi, alasannya ingin mendapat untung yang besar.

 

Alasan tersebut sejatinya salah besar, investasi sendiri ditujukan untuk program jangka panjang. Ibarat kita menanam pohon mangga, butuh bertahun-tahun untuk kita merawat sebelum menikmati lezat buahnya.

 

Begitulah investasi, kita menanam modal untuk jangka tahunan bahkan puluhan tahun sebelum kita merasakan benefitnya.

 

Kuncinya adalah sabar dan konsisten. Jadi bagi para gen Z yang ingin sukses berinvestasi, mereka harus mnyingkirkan mindset tersebut. Akan jauh lebih penting jika mereka fokus mendalami apa hakikat investasi sebenarnya.

 

Dewasa ini, investasi sangat mudah dilakukan untuk semua kalangan, utamanya generasi Z sendiri. Terdapat wadah yang sangat memudahkan untuk berinvestasi, yaitu reksadana.

 

Di situ dana investasi kita akan dikelola oleh segelintir investor yang tentunya ahli dalam investasi. Dana yang dikeluarkan pun tidak harus besar, ambil contoh bibit, aplikasi reksadana dengan investasi mulai dari sepuluh ribu rupiah.

 

Kemudahan tersebut harusnya dimanfaatkan generasi Z untuk memulai belajar berinvestasi. Investasi sendiri banyak wadahnya, selain reksadana, terdapat berbagai wadah lainnya, seperti saham, deposito, obligasi, batu mulia, properti, dan masih banyak yang lainnya.

 

Tentunya jika kita ingin mahir dalam berinvestasi, banyak ilmu yang harus kita pelajari. Jangan risau, kini banyak platform yang memberi kita kemudahan untuk belajar investasi dari ilmudasar hingga kita mahir untuk berinvestasi.

 

Lagi-lagi penulis mengingatkan, kuncinya adalah sabar dan konsisten untuk menekuni ini semua. Sukses itu butuh banyak proses, bukan protes(Merry Riana). Banyak manfaat yang nantinya akan kita peroleh dengan berinvestasi.

 

Pertama, untuk jaminan keuangan masa depan. Dengan investasi, dana yang kita simpan tidak akan termakan yang namanya inflasi, gampangnya, dana yang kita simpan tidak akan terpengaruh oleh nilai tukar mata uang bahkan dana kita relatif bertambah.

 

Selain itu, dengan berinvestasi kita memiliki tabungan di masa pensiun, sehingga kita bisa santai menikmati masa pensiun tanpa memikirkan kebutuhan.

 

Kedua, merdeka secara finansial(Financial freedom). Dengan investasi kemungkinan besar kita dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk jangka panjang. Keadaan ini dapat kita capai jika rajin dalam berinvestasi.

 

Ketiga, melatih tanggung jawab dan kesabaran. Dengan investasi, secara tidak langsung kita melatih tanggungjawab, terutama dalam mengambil keputusan. Selain itu investasi juga menggambarkan kebijaksanaan dan kekonsistenan kita.

 

Keempat, ikut serta dalam membangun negara. Investasi merupakan komponen penting majunya sebuah negara. Tanpa investasi, pembangunan negara tidak akan berjalan dengan lancar, dengan kata lain jika kita berinvestasi, kita juga ikut serta dalam membangun negara tercinta.

 

Hal diatas hanyalah manfaat secara garis besar, tentu masih banyak manfaat lainnya. Dilihat dari penting dan manfaat investasi, sudah semestinya kita sebagai generasi Z ikut belajar tentang apa itu investasi untuk kehidupan kita kedepannya.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!

Tentang Penulis
Avatar

Muhammad Saddam Maulana Rizal Alyudin

Optimized with PageSpeed Ninja