Sabtu, 25 Sep, 2021
Mau Deposito Untung 10% Per Tahun?

SWARA KAMU: Etika Profesi Akuntansi dan Profesionalisme

Sudah menjadi sebuah keharusan dalam sebuah perusahaan ada yang namanya bagian accounting.

 

Etika profesi akuntansi adalah suatu ilmu yang mempelajari perilaku atau tindakan baik dan buruk manusia terhadap pekerjaan yang memerlukan sebuah pelatihan dan penguasaan suatu pengetahuan khusus sebagai seorang akuntan.

 

Kode etik merupakan sebuah aturan bagaimana seorang akuntan melakukan aktifitas pekerjaannya, tanpa kode etik seorang akuntan bisa bertindak atau berperilaku yang tidak profesional.

 

Di dalam prinsip etika profesi akuntansi, kasus yang bertentangan dengan kode etik merupakan masalah yang serius. Maka dari itu IAI sebagai lembaga yang membawahi para akuntan mengeluarkan aturan dalam bentuk etika profesi akuntansi.

 

Seorang profesional dibidang  akuntan atau auditor harus memiliki kode etik dan prinsip yang baik. Profesi ini mempunyai tanggung jawab yang berat, karena pekerjaan ini di perlukan oleh para pemilik perusahaan sebagai pertimbangan  mengambil keputusan.

 

Fungsi etika profesi akuntansi, memberikan laporan dan menyajikan data perusahan dengan benar dan valid, mencegah adanya fraud atau kecurangan, pembelajaran tentang tanggungjawab kepada akuntan maupun auditor, mengenali masalah akuntansi dan audit dari sisi etika.

 

Di dalam kode etik profesi akuntasni memuat, Perilaku profesional, sebagai  anggota mempunyai kewajiban untuk menjauhi perilaku yang bisa mendeskreditkan profesi akuntansi, pada saat akuntan memasarkan jasanya tidak boleh mencemarkan profesi.

 

Perilaku Integritas, mengaharuskan seorang anggota harus bertindak jujur, dan berterus terang akan tetapi tidak merugikan pengguna jasa.

 

Perilaku objektivitas, setiap anggota dalam menjalankan pekerjaannya harus bertindak adil, tidak ada kepentingan pribadi serta bebas dari benturan pihak lain.

 

Dengan memahami kode etik profesi akuntansi maka seorang akuntan akan bekerja secara profesional.

 

Swara Kamu merupakan wadah untuk menyalurkan inspirasi, edukasi, dan kreasi lewat tulisanmu. Kamu bisa menyampaikan pendapat, pemikiran, atau informasi menarik seputar finansial dan karier. Setiap artikel Swara Kamu menjadi tanggung jawab penulis karena merupakan opini pribadi penulis. Tim Swara tidak dapat menjamin validitas dan akurasi informasi yang ditulis oleh masing-masing penulis.

 

Ingin ikut berbagi inspirasi? Langsung daftarkan dirimu sebagai penulis Swara Kamu di sini!

 

Tentang Penulis
Ngatimin Ngatimin

Ngatimin Ngatimin

Optimized with PageSpeed Ninja