Swara – Istilah ‘me time’ seringkali terdengar beberapa tahun terakhir di berbagai platform media sosial.Me time seringkali dihubungkan dengan momen menjaga kesehatan mental secara personal agar terhindar dari stres yang bisa menyebabkan depresi jika terus dibiarkan. 

 

Beberapa orang melakukan kegiatan me time dengan berbagai cara mulai dari aktivitas liburan, ngopi, atau bahkan berdiam diri saja di rumah. Yuk, pahami apa sebenarnya me time, cara me time terbaik dan tempat me time di Jakarta yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan ini.

 

Kalkulator Finansial Swara 

Pengertian Me Time

 

Secara harafiahnya saja, me time artinya waktu diri sendiri. Hal ini berarti, me time adalah momentum untuk meluangkan waktu bagi diri sendiri.

 

Tidak ada waktu yang benar-benar tepat untuk menentukan kapan kamu harus me time. Bagi sebagian besar orang, me time artinya waktu yang diperlukan untuk dirinya sendiri yang sudah merasa lelah atau jenuh dengan rutinitas sehari-hari. 

 

Kegiatan me time dirasa penting untuk dilakukan karena kebiasaan ini untuk meningkatkan produktivitas, kreativitas dan perasaan bahagia.

 

Meski terdengar mudah, banyak orang yang merasa sulit untuk meluangkan waktu untuk me time dikarenakan alasan prioritas waktu untuk bekerja atau keluarga. 

 

Cara Me Time Terbaik

 

 

Sebenarnya, masing-masing orang memiliki cara me time nya sendiri tergantung dari kepribadiannya. Bagi orang introvert yang lebih nyaman menyendiri, cara me time terbaik mungkin cukup dilakukan dengan cara membaca buku, nonton serial atau film, atau hanya berdiam diri untuk melamun di kamarnya. 

 

Di sisi lain, sebagian besar orang ekstrovert yang mendapatkan energi dengan berinteraksi dengan banyak orang meluangkan waktu me time dengan mengunjungi coffee shop, tempat wisata, berolahraga atau sekedar ngobrol bersama teman dan atau saudara. 

 

Tidak ada satupun kegiatan yang paling ideal untuk mendeskripsikan momentum me time karena biasanya hal tersebut berkaitan dengan minat, ketertarikan dan hobi masing-masing orang. 

 

Baca juga: Pentingnya Work-Life Balance, Ini yang Harus Kamu Lakukan

 

8 Rekomendasi Tempat Me Time Terbaik

 

Me time adalah waktu yang berguna untuk merefleksikan diri dan pikiran. Bagi beberapa orang, me time dapat dilakukan dengan cara jalan-jalan. Namun, sebagian besar perempuan masih takut untuk jalan-jalan sendiri. 

 

Kalau kamu masih ragu untuk keluar kota atau bahkan keluar negeri untuk bisa mendapatkan me time terbaik, terdapat tempat me time di Jakarta yang aman untuk bisa kamu kunjungi.

 

 

1. Perpustakaan Umum Daerah Provinsi DKI Jakarta

 

tempat me time

 

Perpustakaan bisa jadi salah satu tempat me time di Jakarta yang cocok untuk menenangkan pikiran. Sejak direvitalisasi dengan wajah baru pada Juli 2022 lalu, perpustakaan ini tampil sangat estetik sehingga menarik perhatian anak muda. 

 

Perpustakaan ini memiliki ratusan ribu koleksi buku mulai dari buku anak hingga fiksi yang ditambahkan terus untuk menarik minat masyarakat untuk membaca. 

 

Berbagai fasilitas pendukung lain seperti ruang bermain anak, ruang podcast, ruang komputer, ruang membaca private membuatnya banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai rentang usia.

 

Baca juga: 10 Tempat Wisata Jakarta yang Lagi Hits, Bisa Buat Healing! 

 

Pengunjung perpustakaan juga dikunjungi hanya sebanyak 300 orang setiap harinya. Makanya, kamu harus melakukan reservasi dulu sebelum kedatangan melalui website ini https://perpustakaan.jakarta.go.id/

 

2. M Bloc Space

 

M Bloc Space adalah kawasan kuliner, produk lokal serta event creative culture yang digemari anak muda sebagai tempat me time di Jakarta Selatan. Lokasinya sendiri persis berada di depan Mabes Polri dan dekat dengan halte Transjakarta serta MRT Asean. 

 

Pengelola M Bloc Space seringkali bekerjasama dengan berbagai komunitas untuk mengadakan acara musik, olahraga dan sastra yang menarik minat masyarakat dari berbagai rentang usia. 

 

Dibuka pada hari kerja dan akhir pekan mulai dari pukul 7 pagi hingga 10 malam, untuk mengetahui kegiatan yang sedang diselenggarakan di M Bloc Space, kamu bisa mengunjungi instagram mereka https://www.instagram.com/mblocspace/?hl=en

 

3. PIK 2

 

 

Pantai pasir putih yang dinamakan Pantai Maju di kawasan Pantai Indah Kapuk 2 adalah tempat viral selama dua tahun terakhir bagi kamu yang suka menikmati pemandangan pantai. 

 

Suasananya yang tenang, membuat banyak orang datang ke sini untuk menghabiskan me time menikmati angin sepoi-sepoi hingga matahari terbenam sembari berfoto atau membuat video. 

 

Masih berada di kawasan PIK, kamu bisa berkunjung ke kawasan kuliner yang terletak di Jalan Golf Island Boulevard dimana kamu bisa merasakan pengalaman berbelanja sayur dan buah kekinian di Urban Farm PIK dan bersantai di Cove at Batavia. 

 

Baca juga: 10 Rekomendasi Film Terbaik Luar Negeri 2022

 

4. Hutan Kota – GBK

 

Satu lagi tempat me time di Jakarta yang tidak boleh kamu lewatkan adalah hutan kota di GBK. Berada di kompleks gelanggang olahraga Gelora Bung Karno, Hutan Kota adalah kawasan hijau terbuka yang bisa kamu gunakan untuk berolahraga karena memiliki jogging track sendiri. 

 

Hutan Kota GBK memiliki lahan seluas 4 hektar yang permukaan tanahnya terdiri atas beberapa gundukan. Terdapat sungai buatan dipenuhi ikan yang dihubungkan dengan sebuah jembatan yang menjadi tempat favorit keluarga untuk berekreasi.

 

Beberapa orang yang datang kesini menghabiskan waktunya untuk piknik bersama teman dengan membawa alas dan makanan untuk dinikmati bersama. 

 

Hutan Kota GBK tidak mengenakan biaya untuk masyarakat yang ingin masuk ke areal ini. Namun, kawasan ini hanya beroperasi pada hari Selasa sampai Minggu pukul 06.00 – 10.00 dan 15.00 – 18.00.

 

5. Senayan Park

 

Senayan Park adalah kawasan hijau terbuka dekat dengan kompleks GBK yang dilengkapi dengan areal pusat perbelanjaan dengan nama yang sama. 

 

Tepat di belakang pusat perbelanjaan terdapat sebuah danau buatan dan air mancur yang menjadi favorit banyak orang yang berkunjung kesana. Di spot wisata tersebut juga terdapat perahu, bunga dan kursi di sekitarnya agar kamu bisa mengambil foto dan video yang menarik. 

 

Tidak perlu khawatir akan kelaparan, terdapat banyak sekali pilihan makanan di areal Senayan Park mulai dari street food, coffee shop hingga bar. 

 

6. AEON Jakarta Garden City

 

tempat me time

 

AEON Jakarta Garden City adalah nama sebuah pusat perbelanjaan/mall yang banyak dijadikan tempat me time di Jakarta Timur. 

 

Pasalnya, selain memiliki variasi kuliner yang beragam, AEON Jakarta Garden City memanjakan pengunjungnya dengan wahana bianglala terbesar di Indonesia yang diberi nama J-Sky Ferris Wheel. 

 

Dengan menaiki wahana bianglala tersebut, kamu bisa melihat pemandangan Jakarta yang lebih jelas. Selain itu, di kawasan yang sama juga kamu bisa menikmati spot gembok cinta seperti di Namsan Tower, Seoul, Korea Selatan. 

 

7. Petak Enam – Chandra Glodok

 

Petak Enam adalah kawasan kuliner dan retail yang identik dengan suasana pecinan dengan konsep community space

 

Terletak di daerah Glodok, Jakarta Utara, kamu bisa mencoba makanan viral cempedak goreng cik lina, kedai teh Piece of Peace, Bandar Choipan, hingga bar Beeruang. 

 

Tidak jauh dari Petak Enam juga terdapat banyak kawasan pertokoan dan vihara. Salah satu vihara terkenal dan paling tua di Glodok adalah Vihara Dharma Bakti dengan arsitektur menarik khas berwarna merah. 

 

8. Coffee Shop di kawasan Senopati

 

tempat me time

 

Cara me time terbaik yang bisa kamu coba adalah ngopi di kawasan viral Senopati. Tempat me time di Jakarta Selatan ini identik dengan kawasan gaul karena dikelilingi kawasan bisnis yakni SCBD Sudirman dan Blok M. 

 

Hal ini membuat banyak sekali restoran, kafe dan bar dengan suasana luar negeri seperti Korea Selatan, Jepang, Amerika dan Perancis.

 

Kawasan Senopati sebenarnya tidak sulit untuk dijangkau, apalagi areanya terlihat masih ramai hingga dini hari karena banyaknya bar dan klub yang masih buka. Jika kamu ingin bersantai saja, ada banyak pilihan coffee shop di kawasan Senopati yang bisa menjadi pilihan kamu diantaranya Anomali Coffee, Ombe Kofie, Moon Gypsy, Dopa Coffee Studio, Liberica dan lain sebagainya. 

 

Jangan takut lagi untuk me time sendirian di sekitaran Jakarta, ya. Coba dan temukan sendiri tempat me time di Jakarta terbaik versi kamu!