SWARA – Daftar peserta yang lolos seleksi Prakerja gelombang 13 sudah diumumkan pada tanggal 10 Maret kemarin. Hari ini, 11 Maret 2021, pendaftaran Prakerja gelombang 14 akan segera dibuka pukul 12.00 WIB. 

 

Secara garis besar, mekanisme pendaftaran dan skema pemberian bantuan di gelombang 14 masih sama dengan Prakerja gelombang-gelombang sebelumnya. Bagi kamu yang tidak lolos seleksi di gelombang 13, bisa langsung mendaftarkan diri kembali di gelombang 14. 

 

Melihat Pengumuman Peserta Lolos Prakerja Gelombang 13

 

Dikutip dari Kompas, pengumuman Prakerja gelombang 13 sudah resmi dilakukan di tanggal 10 Maret. Ada dua cara untuk mengetahui apakah kamu lolos sebagai peserta atau tidak. 

 

Cara pertama adalah menanti SMS notifikasi. Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi melalui SMS berisi pernyataan bahwa sudah lolos seleksi gelombang 13. 

 

Kemudian, cara yang kedua adalah mengecek langsung di situs resmi Prakerja. Kunjungi situs http://prakerja.go.id/, lalu masuk ke menu dashboard

 

Di dashboard, jika kamu lolos dan diterima sebagai peserta, akan terlihat adanya nomor Kartu Prakerja serta status saldo akun. Sementara, bagi kamu yang tidak lolos, pesan di dashboard berisi notifikasi bahwa kamu belum berhasil. 

 

Namun, jika kamu dinyatakan tidak lolos, kamu tak perlu berkecil hati. Kamu hanya perlu memilih opsi untuk bergabung ke Prakerja gelombang berikutnya, yaitu gelombang 14. Kamu tidak perlu lagi mengikuti prosedur sejak awal dengan membuat akun baru terlebih dahulu. 

 

Artikel Terkait: Langkah Berikutnya Setelah Lolos Seleksi Prakerja

  1. Jangan Sampai Salah, Ini Cara Cerdas Memilih Pelatihan Prakerja
  2. Belum Menerima Insentif Kartu Prakerja? Mungkin Ini Penyebabnya
  3. Jangan Termakan Hoaks, Daftar Kartu Prakerja Hanya Bisa Melalui Situs Resmi

 

Cara Daftar Prakerja Gelombang 14

 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bagi peserta yang tidak lolos gelombang 13, kamu hanya perlu memilih opsi untuk bergabung ke gelombang berikutnya. Akan tetapi, jika kamu belum pernah mencoba untuk mendaftarkan diri sebelumnya, kamu mungkin perlu mendaftarkan diri dengan membuat akun terlebih dahulu. 

 

Bagi kamu yang baru mendaftarkan diri pertama kali di gelombang 14, berikut ini cara untuk mendaftarkan diri:

 

  • Masuk ke situs resmi Prakerja di http://prakerja.go.id/, lalu pilih tombol ‘Daftar’
  • Isi nama lengkap, email, dan kata sandi di kolom yang tersedia
  • Lakukan konfirmasi akun dengan memilih tombol konfirmasi yang dikirimkan oleh Prakerja melalui email
  • Setelah konfirmasi, kembali ke situs Prakerja dan lengkapi data diri sesuai KTP
  • Tunggu SMS berisi kode one-time password (OTP) ke nomor yang sudah kamu daftarkan

 

Setelah itu, akun Prakerjamu sudah aktif. Kini waktunya untuk lanjut ke tahap seleksi tes. Untuk mengikuti tes, kamu hanya perlu menekan tombol ‘Mulai Tes Sekarang’ di akun Prakerjamu. 

 

Materi yang diuji dalam tes adalah tes motivasi dan tes kemampuan dasar. Prosedur tes hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit. 

 

Jika sudah selesai mengikuti tes, maka statusmu sudah resmi menjadi pendaftar Prakerja gelombang 14. Di tahap ini, kamu tinggal menunggu sampai pengumuman penerima yang lolos. Pengumuman itu nantinya akan disampaikan melalui SMS. 

 

Kuota Peserta Prakerja Gelombang 14

 

Untuk gelombang 14, Prakerja membuka kuota untuk 600 ribu peserta. Saat kuota ini sudah terpenuhi, pendaftaran akan langsung ditutup. 

 

Masih sama seperti gelombang-gelombang sebelumnya, gelombang 14 dijalankan dengan skema bantuan sosial. Setiap peserta yang lolos akan mendapatkan bantuan dengan rincian sebagai berikut: 

 

  • Bantuan pelatihan Rp1 juta
  • Insentif survei Rp150 ribu, diberikan melalui 3 survei dengan masing-masing insentif Rp50 ribu
  • Insentif pasca pelatihan Rp2,4 juta yang dibagikan secara bertahap selama empat bulan

 

Dilansir dari Kompas, pemerintah sudah menetapkan program Kartu Prakerja di semester I tahun ini untuk 2,7 juta peserta. Total anggaran yang dialokasikan mencapai Rp10 triliun. 

 

Bagi kamu yang belum pernah mengikuti Prakerja gelombang sebelumnya, kamu bisa segera mendaftarkan diri untuk mengikuti gelombang 14 hari ini. Sebaiknya, jangan menunda-nunda waktu pendaftaran, karena pendaftaran akan langsung ditutup setelah kuota terpenuhi.