SWARA – Hari ini, pada tanggal 9 April 2021, pendaftaran untuk sekolah kedinasan sudah resmi dibuka. Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftar, segera daftarkan dirimu sebelum masa pendaftaran ditutup di tanggal 30 April 2021.

 

Kuota dan Formasi Sekolah Kedinasan Tahun 2021

 

Di tahun ini, ada 8 instansi yang membuka pendaftaran untuk program sekolah kedinasan. Total akan ada lebih dari 8.000 kuota formasi yang diakumulasi dari seluruh instansi. Berikut ini kedelapan instansi tersebut: 

 

  • Sekolah Kedinasan BMKG

 

Sekolah kedinasan ini disebut juga Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG). Sekolah tinggi ini dinaungi oleh BMKG.

 

  • Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan

 

Ada beberapa sekolah tinggi yang disediakan oleh Kementerian Perhubungan, semuanya memberikan opsi pendidikan untuk transportasi darat, transportasi laut, dan transportasi udara. Sekolah tinggi dari Kementerian Perhubungan tersebar di sejumlah kota di Indonesia. 

 

  • Sekolah Kedinasan Kementerian Keuangan

 

Sekolah tinggi yang dinaungi oleh Kementerian Keuangan adalah Politeknik Keuangan Negara-Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN-STAN). Ini merupakan salah satu sekolah kedinasan favorit di Indonesia dan menyediakan berbagai pilihan jurusan seperti Akuntansi dan Pajak.

 

  • Sekolah Kedinasan Badan Pusat Statistik (BPS)

 

BPS menaungi Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS). Sekolah tinggi ini menyediakan dua pilihan jurusan, yaitu Statistika (Ekonomi dan Sosial Kependudukan) serta Komputasi Statistik.

 

  • Sekolah Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM

 

Sekolah tinggi di bawah naungan Kementrian Hukum dan HAM adalah Politeknik Ilmu Pemasyarakatan serta Politeknik Imigrasi. 

 

  • Sekolah Kedinasan Badan Siber dan Sandi Negara

 

Badan Siber dan Sandi Negara menaungi sekolah kedinasan yang disebut Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN). 

 

  • Sekolah Kedinasan Badan Intelijen Negara

 

Ada juga pilihan Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang ada di bawah pengelolaan Badan Intelijen Negara. Di sini, para taruna akan dididik agar menjadi badan intelijen profesional serta memiliki kemampuan akademik yang berkualitas. 

 

  • Sekolah Kedinasan Kementerian Dalam Negeri

 

Sekolah kedinasan yang dikelola oleh Kementerian Dalam Negeri adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). 

 

Prosedur Pendaftaran Sekolah Kedinasan

 

Setiap calon mahasiswa hanya diperbolehkan untuk mendaftar ke satu sekolah kedinasan. Pendaftaran dilakukan melalui situs resmi https://sscasn.bkn.go.id/, kemudian dilanjutkan ke sitsu https://dikdin.bkn.go.id/

 

Dikutip dari Kompas, berikut ini alur yang perlu kamu lalui ketika akan mendaftar: 

 

  • Mendaftar di portal SSCASN

 

Pertama-tama, masuk ke portal SSCASN di link yang sudah disebutkan di atas. Pilih menu pendaftaran, lalu isi NIK dan nomor KK untuk proses validasi data. 

 

Selanjutnya, kamu perlu mengisi data diri secara lengkap serta membuat kata sandi. Cetak Kartu Informasi Akun Sekolah Kedinasan untuk dijadikan bukti bahwa kamu telah mendaftar secara online

 

  • Login ke akun yang sudah terdaftar

 

Setelah registrasi selesai, kamu bisa melanjutkan ke situs DIKDIN lalu login. Gunakan NIK serta password yang sudah dilengkapi saat proses pendaftaran. 

 

Lengkapi biodata yang masih belum terisi, lalu lampirkan foto selfie atau swafoto. Di foto tersebut, kamu harus menunjukkan KTP serta Kartu Informasi Akun. Kemudian, pilih sekolah kedinasan yang kamu tuju dan cetak kartu Bukti Pendaftaran Sekolah Kedinasan. 

 

  • Verifikasi oleh instansi

 

Pihak instansi yang kamu pilih akan melakukan verifikasi data berdasarkan data diri yang sudah kamu isi sebelumnya. Proses verifikasi mungkin akan memakan waktu beberapa hari. Kamu bisa login ke situs SSCASN untuk mengetahui status kelulusan verifikasi. 

 

  • Pembayaran dan seleksi

 

Calon peserta yang dinyatakan lolos verifikasi akan diminta untuk membayar sesuai dengan kode billing yang diberikan. Aturan pembayaran bisa dilihat di situs resmi sekolah kedinasan yang dipilih. 

 

Setelah membayar, kamu akan lanjut ke ujian seleksi. Untuk mengikutinya, kamu harus terlebih dahulu memiliki kartu ujian yang didapatkan setelah pembayaran selesai. Lalu, ikuti proses ujian seleksi sesuai dengan ketentuan dari setiap instansi.

 

  • Pengumuman seleksi

 

Nantinya, panitia seleksi dari sekolah kedinasan akan mengumumkan status kelulusan pelamar. Kamu bisa mengecek informasi ini di situs resmi SSCASN.

 

Itulah langkah-langkah untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa di sekolah kedinasan. Segera daftarkan dirimu sebelum waktu pendaftaran di tutup di akhir bulan April nanti.