Edukasi & Inspirasi Finanasial dari Amar Bank

 

Hobi bermain game saat ini sudah nggak asing lagi dilakukan banyak orang. Semakin luasnya platform game yang bisa digunakan juga menambah semakin cintanya masyarakat terhadap dunia game

 

Menyalurkan hobi dengan bermain game boleh saja, asalkan jangan sampai jadi batu sandungan untuk kondisi finansialmu. Supaya keuangan tetap terjaga, coba simak tips berikut, ya!

 

Tunaiku dari Amar Bank bisa bantu kamu wujudkan hobi bermain game. Cari tahu di sini.

 

1. Atur budget untuk gaming

 

Setiap bulan, coba tentukan berapa besar penghasilan yang mau kamu alokasikan untuk gaming. Misalnya bisa 10 persen, 15 persen, atau sampai 20 persen.

 

Menentukan budget sejak awal bisa membantu kamu supaya tidak menghabiskan uang terlalu banyak untuk gaming. Jadi, dari awal kamu juga bisa merencanakan keperluan gaming apa saja yang akan kamu beli.

 

2. Jangan langsung membeli game yang baru dirilis

 

Hal ini mungkin sulit, karena kamu pasti ingin mengikuti tren game yang paling baru. Akan tetapi, game yang masih baru biasanya memiliki harga yang cenderung mahal.

 

Sebaiknya, tunggu sampai setidaknya satu bulan sampai harga mulai menurun. Semakin lama kamu menunggu, kemungkinan besar harganya juga akan semakin turun, sehingga kamu bisa berhemat.

 

Tapi, kalau setelah beberapa bulan danamu masih belum cukup, kamu bisa coba pakai Tunaiku dari Amar Bank. Cari tahu di sini!

 

3. Menjual peralatan gaming yang lama

 

Biasanya, orang-orang yang hobi bermain game mengumpulkan lebih dari satu konsol serta peralatan game lainnya. Kalau kamu terus membeli perlatan game baru, peralatan yang lama ini jadi tidak terlalu berguna.

 

Karena itu, cobalah untuk menjual konsol game lama yang kamu miliki. Mungkin kamu tidak bisa menjualnya di harga yang sama dengan harga beli, tapi setidaknya kamu bisa dapat pemasukan tambahan.

 

4. Batasi pos pengeluaran lain

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Mungkin membatasi pengeluaran untuk memenuhi hobi gaming cukup sulit. Sebagai alternatif, kamu bisa mencoba untuk mengurangi pengeluaran untuk pos yang lain.

 

Misalnya, cobalah lebih teliti dalam mematikan listrik dan keran supaya bisa menghemat biaya listrik dan air. Jadi, walaupun pengeluaran untuk keperluan game meningkat, tapi keuanganmu tetap terjaga karena ada pengurangan dari pos yang lainnya.

 

Artikel Terkait: Games 90-an yang Dulu Dijual Murah Sekarang Harganya Lumayan Mahal

 

5. Pilih paket gaming berlangganan

 

Sama seperti paket langganan aplikasi streaming seperti Netflix, berlangganan dengan game tertentu memungkinkan kamu untuk mengakses lebih banyak permainan tanpa batas.

 

Ini bisa jauh lebih hemat apabila dibandingkan dengan membeli game satu per satu. Karena, dengan harga langganan per bulan, kamu sudah bisa memainkan lebih banyak game.

 

Itulah 5 hal yang perlu kamu pertimbangkan ketika akan menggunakan uang untuk bermain game. Bermain game untuk hobi boleh saja, asalkan jangan sampai mengganggu keuanganmu, ya. 

 

Supaya keuangan tetap aman, coba cari dana tambahan lewat Tunaiku dari Amar Bank, deh. Cuma modal KTP, kamu sudah bisa memenuhi keperluan untuk menyalurkan hobi. Cek DI SINI.