Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Adagium usang yang selalu relevan bagi mereka yang tak pernah surut mempelajari hal-hal baru. Sayangnya, semangat ini seringkali  terbentur dengan  keterbatasan sarana dan biaya. Lantas, bagaimana upaya Anda untuk mengakomodasi keinginan ini?

 

Kali ini, Tunaiku akan membagikan 5 situs yang bisa menjadi tempat Anda menimba ilmu, gratis pula!  Selain itu, sebenarnya ada keuntungan lho belajar otodiak seperti ini. Anda bisa menciptakan target sendiri dan tidak diburu-buru oleh jadwal. Oh iya, lagipula, bukankah sekarang kita tak lagi sekadar masyarakat Indonesia? Kini kita adalah bagian dari lebih dari 600 juta Masyarakat Ekonomi Asean.

 

Buat yang ingin menambah skill? Ikuti kursus gratis di 5 situs berikut ini dan persiapkan diri dari sekarang.

 

1. TED-ED

Sepertinya hampir semua orang pernah mendengar TED-Ed, bagian dari TED yang mengakomodir inisiatif pemuda dan edukasi. TED-Ed berkomitmen menjadi wahana berbagi dan memperkuat suara dan ide para guru dan murid seluruh dunia. Ilmu-ilmu yang ditawarkan di TED-Ed bervariasi, mula dari video animasi hingga kelas interaktif yang diberikan oleh lebih dari 250.000 guru. Proses pembelajaran di TED-Ed tidak akan berhenti di sini. Di akhir pelajaran, biasanya TED-Ed aka nmemberikan kuis dan pertanyaan diskusi untuk mematik berpikir kritis.  

 

2. LEARNIST

Learnist dikenal sebagai situs belajar  yang mengadopsi strategi Pinterest. Platform interaktif ini memungkinkan para penggunanya untuk mengumpulkan materi ajar dan konten edukasi yang mereka inginkan. Materi-materi ini kemudian dikelompokkan menjadi board-board berbeda. Learnist dilengkapi pula dengan ekstensi Chrome yang disebut Learn it!. Ekstensi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan materi dari berbagai situs dan mengepinnya ke papan Learnist mereka.

3. BOOKBOON

Sedang mencari buku kuliah? Siapa tahu ada di Bookboon. Bookboon  menyediakan akses ke online textbook dan mengunduh e-book dalam bentuk PDF secara cuma-cuma. Oh iya, jangan khawatir mengenai legalitasnya. Semua e-book di Bookboon terdaftar resmi dan ditulis eksklusif untuk Bookbon. Beberapa jenis buku yang bisa Anda temukan di sini bervariasi, mulai dari ekonomi, engineering, IT dan sains. Sedangkan untuk kalangan profesional, Bookboon menyediakan buku-buku dengan materi pengembangan diri, marketing, management, akunting, dan keterampilan kantor.

 

4. HIGHBROW

Learn something new every day, in only 5 minutes.  Inilah yang diinginkan oleh Highbrow untuk para subscriber-nya. Highbrow adalah layanan langganan email gratis yang mengirimkan bite-sized knowledge,  setiap harinya. Anda hanya butuh waktu 5 menit untuk membaca sepotong ilmu dari ranah sains hingga filsafat. Konsep platform Highbrow memungkinan orang-orang yang tidak memiliki banyak waktu untuk setidaknya mengetahui satu-dua hal baru mengenai topik tertentu, setiap hari.

 

5. Stuk.io

Stuk.io adalah platform kursus online yang mewujudkan ide bisnis Anda menjadi nyata. Di Stuk.io, Anda akan diajari langkah demi langkah untuk membangun aplikasi yang bisa digunakan untuk me-launch rencana start-up yang Anda inginkan. Atau, sekadar merancang portfolio unik saat apabila Anda ingin menjadi software developer. Stuk.io memungkinkan Anda merancang berbagai macam webs apps dan menyesuaikannya dengan fitur-fitur yang keren.  

 

Nah, sekarang, coba pikirkan kira-kira keahlian apa sih yang ingin Anda pelajari saat ini? Atau, Anda memiliki ketertarikan dengan satu ilmu tertentu? Berlimpahnya akses internet dan teknologi di era digital seperti, seharusnya sudah sangat memudahkan. Tunggu apa lagi? Yuk, meng-upgrade diri lewat 5 situs yang menawarkan kursus gratis berikut ini!