Liburan menjadi salah satu kebutuhan yang dicari oleh banyak orang disaat sedang jenuh dengan rutinitas sehari-hari. Salah satu hal yang harus diperhatikan sebelum berangkat liburan adalah menyiapkan dana liburan, agar liburan menjadi lebih aman dan nyaman tanpa harus was-was menghabiskan uang.

 

Dana liburan sejatinya memang harus dipersiapkan, supaya setelah liburan selesai tidak berganti menjadi stres karena sudah banyak menghabiskan uang. Pasalnya, dalam menyiapkan dana liburan tidak semua orang benar-benar paham apa saja yang harus dilakukan.

 

Ini bisa terjadi karena banyak yang masih enggan untuk melakukan perencanaan. Mereka menganggap liburan adalah waktu untuk bebas dari pikiran-pikiran yang rumit soal uang.

 

Tips Menyiapkan Dana Liburan

 

Ketika kamu ingin berlibur, baik sendiri maupun bersama keluarga, tentu dibutuhkan beberapa persiapan. Lalu, bagaimana caranya agar bisa liburan nyaman dengan dana yang cukup? Berikut 5 tips yang harus kamu lakukan terlebih dahulu sebelum liburan:

 

1. Menetapkan anggaran dana liburan

 

 

Hal yang pertama harus dilakukan untuk menyiapkan dana liburan adalah membuat dan menetapkan anggaran dana liburan tersebut. Anggaran liburan ini penting agar kamu disiplin dalam pengeluaran selama liburan.

 

Anggaran dana liburan memang harus dibuat sedetail dan serinci mungkin. Misalnya, ketika kamu ingin melakukan liburan ke luar negeri maka kamu harus mencari tahu terlebih dahulu ongkos pembuatan visa. Belum lagi tiket pulang pergi menggunakan pesawat. 

 

Contoh lainnya ketika kamu ingin pergi liburan dalam negeri, maka kamu harus memperhatikan berapa uang yang akan kamu alokasikan untuk transpor. Bisa menggunakan pesawat, kereta, bus, atau mobil pribadi.

 

Selain anggaran transportasi, yang harus kamu persiapkan adalah anggaran konsumsi dan akomodasi. Saat liburan, konsumsi, akomodasi dan transportasi menjadi pengeluaran yang memiliki porsi besar dalam menyiapkan dana liburan. Hal-hal seperti itulah yang wajib kamu hitung agar tidak membuatmu stres dikemudian hari.

 

Artikel Terkait: Sumber Dana untuk Liburan

  1. Butuh Dana Liburan? Nih Cara Ampuh Menjaga Kondisi Keuanganmu Tetap Aman
  2. Ingin Liburan Tapi Uang Belum Cukup, Bolehkah Gunakan Pinjaman Online?
  3. Cara Mempersiapkan Dana Liburan dengan Baik Menurut Pakar Keuangan

 

2. Perhatikan rasio utang dalam keuanganmu

 

Setelah mengatur anggaran, kini waktunya menentukan sumber uang untuk dipakai berlibur. Sebagian orang akan memilih mengajukan berbagai pinjaman untuk mempersiapkan dana liburan. 

 

Mengajukan pinjaman untuk membiayai anggaran dana liburan sebenarnya tidak menjadi masalah. Asal, kamu harus memperhatikan rasio utang dalam perencanaan keuanganmu. Pastikan rasio utang tersebut tidak lebih dari batas 30 persen pengeluaranmu setiap bulannya.

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Hal ini penting, karena kamu nantinya akan memiliki kewajiban melunasi utang dengan cara mencicil setiap bulan. Pastikan cicilan setiap bulannya tidak lebih dari 30 persen, supaya kamu tetap bisa memiliki uang lebih untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. 

 

Selain itu, coba juga untuk memanfaatkan diskon dan promo ketika akan berlibur, seperti diskon hotel, promo penerbangan, dan lain sebagainya. 

 

3. Catat pengeluaran selama liburan

 

Mencatat pengeluaran selama liburan memang terdengar ribet dan tidak praktis. Sebagian orang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga tanpa menjalankan kegiatan-kegiatan yang cenderung membosankan seperti mencatat pengeluaran.

 

Padahal, mencatat pengeluaran saat liburan sangatlah penting. Kamu bisa menggunakan microsoft excel, google spreadsheet ataupun aplikasi pencatatan laporan keuangan yang saat ini sudah banyak bisa didapatkan secara gratis lewat mobile.

 

Terkadang, masih banyak yang meremehkan pengeluaran kecil saat liburan. Sebenarnya, pengeluaran-pengeluaran kecil saat liburan lama-kelamaan akan menjadi besar dan banyak tanpa kamu sadari. Mungkin, kamu baru menyadari hal ini saat sudah mencatat daftar pengeluaran selama liburan.

 

Itulah kenapa kamu harus mencatat pengeluaran saat liburan, supaya pengeluaranmu tetap terjaga. 

 

Selain itu dapat mengontrol pengeluaran saat liburan, kamu jadi memiliki referensi alokasi pengeluaran  untuk kebutuhan liburan mendatang. 

 

4. Gunakan uang bonus , THR atau hasil dari investasi

 

 

Saat menyiapkan dana liburan, salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan uang bonus atau THR dari kantor. Sangat disarankan, sebagian dari dana bonus atau THR dialokasikan untuk menambah dana liburan.

 

Pemasukan selain dari gaji seperti ini akan membuat simpananmu cepat terkumpul. Jadi, kamu memiliki dana tambahan dan bisa dengan segera merealisasikan rencana liburan bersama keluarga.

 

Selain bonus dan THR, kamu juga bisa mendapatkan dana liburan tambahan dari hasil investasi. Secara khusus investasi jangka pendek yang memiliki risiko rendah. Contohnya seperti reksa dana.

 

Investasi reksa dana akan memudahkan untuk mengumpulkan uang dari jauh hari dengan risiko yang lebih minim. Instrumen ini lebih aman daripada investasi saham, cryptocurrency, dan lainnya. 

 

Karena itu, reksa dana cocok untuk kamu yang sedang menyiapkan dana liburan. Imbal hasilnya dapat digunakan untuk alokasi dana liburan tambahan.

 

Itulah 4 tips yang dapat kamu lakukan untuk menyiapkan dana liburan. Cara-cara di atas bisa membuat kantong kamu tetap aman, sehingga liburanmu akan benar-benar terasa nyaman tanpa perlu mengkhawatirkan kondisi keuangan.