SWARA – Di masa pandemi, berlibur ke tempat-tempat wisata mungkin terasa mengkhawatirkan. Akan tetapi, di era new normal ini, berbagai tempat wisata lokal sudah kembali dibuka dan beroperasi dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan.

 

Sejak memasuki era new normal, banyak selebriti Indonesia yang sudah melakukan aktivitas liburan ke tempat wisata lokal. Kalau kamu merasa jenuh dan perlu liburan, kamu pun bisa mengunjungi tempat-tempat tersebut tanpa harus berlibur ke tempat yang jauh.

 

Berikut ini beberapa tujuan liburan selebriti yang juga bisa kamu kunjungi dan protokol kesehatan yang harus dipatuhi: 

 

 

  • Ayla Dimitri – Pulau Komodo

 

View this post on Instagram

Another amazing experience checked! Feel blessed bisa mengenal Indonesia lebih lagi. Special thanks to @pl.komodoisland, this activity really opens my eyes, and nourished my soul. ❤️ Hari ini ke Desa Melo, desa ini masih memegang erat adat Manggarai. Di sini kita disambut dengan ritual adat dengan filosofi nilai kekeluargaan dan persaudaraan serta memelihara energi positif. Disini juga kita mampir ke kebun Pak Matius dan ibu Anasaina untuk numpang makan siang (with a “million-dollar” view!), dan mencoba menumbuk biji kopi dan menyicip gula hasil bikinan mereka. What an experience! Terharu seketika saat mendengar nilai kekeluargaan begitu erat dijaga melalui sebuah ritual adat. Karena kita semua bersaudara. ❤️🇮🇩 #IndonesiaDestinasiku @plataranresorts @garuda.indonesia Photos on no. 1-3 edited with @sarahazkapreset x @kadekarini

A post shared by Ayla Dimitri (@ayladimitri) on

 

Selebriti Ayla Dimitri belum lama ini mengunggah liburannya di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur ke media sosial Instagram pribadinya. Dari foto-foto yang diunggah, terlihat pemandangan alam yang indah di sekitar Pulau Komodo, membuat tempat ini menjadi tujuan wisata yang tepat bagi kamu yang merindukan alam.

 

Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi Pulau Komodo, kamu harus memperhatikan beberapa protokol kesehatan yang diberlakukan di sana, seperti: 

 

  1. Membawa dokumen surat bebas Covid-19 dengan tenggang waktu 3 hari sebelum habis masa berlaku.
  2. Surat keterangan hasil rapid test (non-reaktif) yang masih berlaku untuk wisatawan asal wilayah Nusa Tenggara Timur.

 

 

  • Febrian – Bali

View this post on Instagram

Meninjau @ozzybali tempat ATV yang biasanya beroperasi setiap hari, selama masa pandemi ini tutup serta pegawainya di rumahkan, menjelang Bali akan dibuka untuk wisatawan lokal, tadi gue coba dan experience sendiri gimana protokol kesehatan sangat ketat, dari mulai cek suhu, penyediaan tempat cuci tangan yang lebih banyak dari biasanya dan juga tentunya kita pun diwajibkan menggunakan masker, semoga pegawai yang di rumahkan bisa bertahan dan segera bisa bekerja kembali, saat ini @ozzybali sudah mulai buka, tapi hanya made by order saja, sering2 cuci tangan dan jangan pegang muka ya, sekarang pegang keyakinan aja deh, soalnya pegang dia juga ga boleh. Cheers! Backsong: Wildfire – Jordan rakei @indtravel @pesonaid_travel #InDOnesiaCARE #diindonesiaaja #thoughtfulindonesia #wonderfulindonesia

A post shared by Febrian (@_febrian) on

Travel blogger Febrian melakukan kunjungan wisata ke Bali. Dari unggahannya di Instagram, ia mengatakan bahwa Bali menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat di tempat-tempat wisatanya, seperti kewajiban penggunaan masker, penyediaan tempat cuci tangan, cek suhu tubuh, dan lain sebagainya.

 

Tidak hanya di tempat wisata, bandara Bali pun juga ikut menerapkan protokol kesehatan bagi wisatawan lokal. Setiap penumpang pesawat diharuskan untuk mempersiapkan dokumen persyaratan berupa kartu identitas dan surat hasil negatif tes PCR yang berlaku 7 hari.

 

Selain itu, setiap pengunjung yang datang ke Bali juga diminta untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi yang dimanfaatkan oleh pemerintah Bali untuk memantau pergerakan para wisatawan apabila terjadi penyebaran virus. 

 

 

  • Awkarin – Labuan Bajo

 

Akhir Agustus lalu, Awkarin membagikan foto liburannya di Labuan Bajo. Labuan Bajo sendiri sudah kembali membuka pariwisatanya sejak awal masa new normal di Juni lalu. Kamu bisa menjadikan Labuan Bajo sebagai tempat wisata lokal tujuanmu berikutnya.

 

Hampir serupa dengan kebijakan di tempat wisata lainnya, pemerintah Labuan Bajo mengharuskan para turis untuk mengenakan masker. Pengunjung dianjurkan untuk memakai masker kain agar bisa dipakai berkali-kali dan tidak menambah beban sampah di Labuan Bajo.

 

 

  • Rachel Vennya – Sumba

View this post on Instagram

❤️

A post shared by @ rachelvennya on

 

Bersama dengan sang suami, Rachel Vennya melakukan liburan ke Sumba di era new normal. Ia mengunggah foto mereka di tempat wisata tersebut melalui media sosial Instagram. 

 

Di Sumba sendiri, protokol kesehatan utama bagi para wisatawan adalah kewajiban mengenakan masker dan mencuci tangan secara rutin. Selain itu, di area publik, wisatawan diharuskan untuk menjaga jarak.

 

 

  • Sabai Morscheck

 

Selebriti yang satu ini pergi berlibur ke tempat wisata yang cukup dekat, yaitu Pulau Macan. Pulau Macan merupakan salah satu pulau di kawasan Kepulauan Seribu Utara. Melalui unggahannya di Instagram, Sabai menunjukkan bahwa liburan di era new normal tidak harus dilakukan ke tempat-tempat yang jauh. 

 

Pulau Macan, sama dengan pulau resor lainnya di Kepulauan Seribu, memberlakukan protokol kesehatan sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku. Kebijakan paling dasarnya adalah mengenakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

 

Seluruh wisatawan dan pelaku usaha di pulau tersebut terus berada di bawah pantauan ketat dari Gugus Tugas setempat.

 

Melihat para selebriti yang berlibur ke tempat wisata lokal di masa new normal, kamu juga bisa mengikuti jejak mereka. Nikmatilah liburan singkat untuk menenangkan pikiran dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.