SWARA – Akhir pekan ini, kita mendapat waktu libur yang lebih lama dari biasanya. Pada Kamis, 20 Agustus, kita akan merayakan hari libur nasional Tahun Baru Islam, diikuti dengan cuti bersama di Jumat, 21 Agustus mendatang. Kamu bisa menikmati long weekend kali ini dengan mencoba untuk melakukan staycation

 

Staycation merupakan suatu gaya berlibur dengan menghabiskan waktu di rumah atau di suatu tempat penginapan tanpa melakukan aktivitas di luar. Gaya liburan ini cocok untuk dilakukan di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini, saat kita tidak bisa berpergian ke tempat-tempat wisata secara bebas. Biasanya, gaya ini dilakukan oleh mahasiswa atau budget traveler untuk meminimalisir pengeluaran liburan. 

 

Perbedaan Staycation dengan Traveling

 

Tentunya, staycation memiliki sensasi yang berbeda dengan traveling. Traveling memungkinkan kita untuk mendatangi suatu tempat secara langsung dan menikmati liburan di sana. Sementara, kita hanya berdiam diri di rumah saat staycation.

 

Meski begitu, staycation sebenarnya bisa menjadi upaya pelepas stres yang baik. Kebanyakan dari kita telah menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk bekerja, baik bekerja di kantor maupun dari rumah. Melalui staycation, kamu bisa menjauhkan diri dari pekerjaan sejenak dan beristirahat sepanjang hari.

 

Ketika traveling, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk membayar tiket pesawat, akomodasi, tempat hiburan, dan lain sebagainya. Pulang dari liburan, kamu bisa saja menjadi pusing dan stres melihat biaya pengeluaran yang telah dihabiskan untuk traveling

 

Hal itu tidak akan terjadi ketika kamu melakukan staycation. Kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk mencari akomodasi yang bisa memberikan kenyamanan saat beristirahat, seperti hotel, guest house, dan lain sebagainya. Bahkan, kamu bisa juga melakukan staycation di rumah sendiri atau kerabat. 

 

Manfaat Berlibur dengan Staycation 

 

Selain dari segi biaya, ada banyak manfaat lain yang bisa kamu rasakan ketika memilih untuk menghabiskan long weekend dengan staycation. Kamu bisa mendapatkan keuntungan berupa: 

 

  • Lebih banyak waktu istirahat

 

Ketika berlibur dengan staycation, kamu menghabiskan lebih banyak waktu di tempat penginapan. Karena tidak adanya kegiatan di luar, kamu bisa mendapatkan waktu istirahat yang lebih banyak.

 

Liburan tidak harus selalu dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat baru. Kamu bisa menyewa sebuah kamar hotel dan melakukan staycation di sana tanpa memikirkan pekerjaan dan aktivitas lainnya. Istirahatkan diri sepanjang hari, bisa dengan menonton TV, membaca buku, atau tidur. 

 

  • Bisa dilakukan secara spontan

 

Terkadang, traveling memerlukan perencanaan perjalanan. Akan tetapi, dengan staycation, kamu tidak perlu membuat rencana dan jadwal khusus untuk liburanmu. Staycation bisa kamu lakukan secara spontan. 

 

Jika kamu ingin melakukan staycation di rumah, kamu bisa langsung melakukannya. Kamu bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan menonton TV bersama, memasak, atau sekedar mengobrol. Semua kegiatan tersebut tidak perlu dilakukan dengan jadwal tertentu.

 

  • Memberikan waktu untuk me time

 

Setelah berhadapan dengan pekerjaan yang menumpuk, kamu pasti memerlukan me time untuk mengembalikan energi. Me time bisa membantumu untuk merefleksikan diri mengenai hal-hal yang ingin kamu capai dan apa yang bisa kamu lakukan untuk mencapainya. Hal ini bisa diwujudkan melalui staycation

 

Tidak seperti saat traveling, staycation memungkinkan kita untuk melakukan meditasi di rumah. Meditasi akan membantu untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari faktor-faktor pemicu stres, seperti pekerjaan.

 

  • Kembali bekerja dengan tubuh segar

 

Saat traveling, hari terakhir long weekend biasanya menjadi hari saat kita melakukan perjalanan pulang dari tempat berlibur. Setelah pulang, kita harus kembali bekerja keesokan harinya tanpa ada waktu untuk beristirahat di rumah. 

 

Dengan staycation, kamu bisa kembali bekerja dengan perasaan dan tubuh yang lebih segar. Hal ini bisa terjadi karena hari terakhir long weekend tetap dilakukan hanya dengan berdiam diri di rumah, tanpa melakukan aktivitas di luar ruangan. Akhirnya, kamu pun bisa kembali bekerja dengan lebih bersemangat.

 

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, staycation menjadi pilihan yang tepat untuk menghabiskan long weekend. Selain aman, gaya berlibur ini juga bisa memberikan kemudahan yang sulit didapatkan melalui traveling biasa.