Merencanakan untuk bepergian ke luar kota sudah semakin mudah. Kamu bisa mengurus segala keperluan tersebut secara online, termasuk beli tiket pesawat.

 

Ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi secara online untuk mendapatkan tiket pesawat. Misalnya online travel agent (OTA) atau langsung ke maskapai yang bersangkutan.

 

Pilihan Aplikasi dan Situs Beli Tiket Pesawat

 

Kamu ingin beli tiket pesawat secara online? Beberapa online travel agent ini bisa kamu pilih:

 

1. Tiket pesawat Pegipegi

 

Salah satu OTA yang menyediakan tiket pesawat untuk rute domestik dan internasional adalah Pegipegi. Dengan aplikasi Pegipegi, kamu bisa membandingkan harga beberapa maskapai sekaligus.

 

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membandingkan harga di tanggal yang berbeda. Pegipegi menyediakan pilihan paket perjalanan yang akan membantu merencanakan perjalanan tematik.

 

2. Tiket pesawat Traveloka

 

Traveloka menyediakan banyak pilihan maskapai penerbangan. Kamu bisa membeli maksimal tujuh tiket dewasa dalam sekali pemesanan.

 

Traveloka bekerja sama dengan maskapai dan hotel, sehingga bisa memberikan harga khusus yang lebih murah. Apalagi, di beberapa momen tertentu, sering ada promo khusus potongan harga. Hal ini tentu bisa membuat kamu jadi lebih hemat.

 

3. Tiket.com

 

Ada banyak pilihan maskapai penerbangan yang bisa kamu pilih di Tiket.com. Jika kamu masih ragu, Tiket.com menyediakan fitur yang memungkinkanmu memesan tiket pesawat dengan jaminan uang kembali 100 persen jika batal berangkat.

 

Selain promo di saat tertentu, juga ada sistem point reward yang akan memberikan potongan harga untuk pembelian berikutnya. Jadi, kamu bisa lebih hemat, deh.

 

4. Situs Garuda Indonesia

 

Selain menggunakan OTA, kamu juga bisa langsung berkunjung ke situs atau aplikasi maskapai yang ingin kamu gunakan. Misalnya, Garuda Indonesia yang memiliki rute lengkap untuk penerbangan domestik dan internasional.

 

Selain mengandalkan promo, Garuda Indonesia juga mengadakan travel fair setiap tahunnya. Travel fair ini bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan tiket dengan harga miring. 

 

Bagi kamu pelanggan setia, kamu juga bisa menukarkan poin miles yang dikumpulkan dari setiap penerbangan.

 

5. Situs LionAir

 

Maskapai penerbangan lainnya yang bisa kamu pilih yaitu LionAir. Keunggulan LionAir ada pada rute domestik yang lengkap, sehingga pilihanmu jadi lebih banyak. 

 

Tidak hanya itu, LionAir juga terkenal dengan harganya yang bersahabat, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan budget.

 

6. AirAsia

 

Salah satu low cost airline favorit, meski untuk rute domestik tidak terlalu banyak. Kamu bisa memilih maskapai ini, terutama untuk penerbangan internasional. 

 

Di aplikasi AirAsia, ada promo khusus member yang bisa kamu manfaatkan. Kalau ingin bisa lebih hemat, kamu bisa mendaftar sebagai member. 

 

Cara Beli Tiket Pesawat Online

 

Sudah menentukan tanggal keberangkatan? Sekarang saatnya membeli tiket pesawat online. Lakukan cara-cara berikut ini: 

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

1. Kunjungi OTA atau maskapai yang diinginkan

 

Dari berbagai jenis OTA atau maskapai penerbangan di atas, kamu bisa memilih yang paling memenuhi kebutuhanmu. Selain membeli via website, kamu juga bisa mengunduh aplikasi.

 

Disarankan untuk mengunduh aplikasi, karena tiket yang kamu beli tersimpan dengan aman di aplikasi tersebut. Jadi lebih mempermudahmu dalam membeli tiket.

 

2. Tentukan tanggal dan jam penerbangan

 

Setelahnya, tentukan tanggal penerbangan yang kamu inginkan. Kamu akan mendapatkan pilihan maskapai dan jam penerbangan. 

 

Jika kamu punya waktu yang fleksibel, kamu bisa memilih jam penerbangan dengan harga yang paling murah.

 

Artikel Terkait: 5 Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan

 

3. Pilih maskapai yang diinginkan

 

Selain jam, juga ada pilihan maskapai yang bisa kamu pilih. Ada maskapai yang menawarkan biaya full, dan ada juga maskapai yang memberlakukan biaya tambahan.

 

Misalnya, Garuda Indonesia memberlakukan biaya full termasuk bagasi dan makanan sehingga terlihat lebih mahal. Berbeda dengan LionAir yang tidak memasukkan biaya makanan dan bagasi, sehingga jadi lebih murah.

 

4. Pastikan data diri sudah benar

 

Setelah memilih penerbangan yang sesuai, pastikan data dirimu sudah terisi dengan benar. Lakukan double check untuk setiap data diri yang dibutuhkan. 

 

Jangan sampai kamu salah tulis nama karena bisa membuat tiketmu batal. Ketika membeli, data dirimu harus sesuai dengan kartu identitas atau KTP.

 

5. Pilih proses pembayaran

 

Selainjutnya, pilih proses pembayaran. Beberapa tempat memberikan promo khusus terkait pembayaran tertentu. 

 

Misalnya, ada promo khusus di kartu kredit dari bank tertentu atau untuk pembayaran pay later, dan bisa kamu manfaatkan.

 

6. Back up tiket yang sudah dibeli

 

Begitu pembelian selesai, kamu akan mendapatkan voucher atau tiket elektronik pesawat. Lakukan backup, seperti mengirim tiket ke email agar lebih aman.

 

Back up bisa kamu lakukan dengan menyimpan tiket elektronik tersebut di Google Drive atau menggandakan tiket di HP. 

 

7. Check in online

 

Beberapa OTA dan maskapai sudah menyediakan layanan check in online yang bisa kamu manfaatkan sebelum penerbangan. Jadi tidak perlu buang waktu lebih lama di bandara.

 

Keuntungan Beli Tiket Pesawat Online

 

Beli tiket pesawat online memberikan beberapa keuntungan. Berikut ini beberapa keuntungan tersebut: 

 

1. Perbandingan harga

 

Kamu bisa membandingkan harga tanpa perlu mengunjungi travel agent satu per satu. Jadi, bisa menghemat waktu.

 

2. Banyak promo khusus

 

Kamu tidak akan ketinggalan informasi tentang promo khusus, sehingga bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah.

 

Artikel Terkait: 5 Tips Menyiapkan Tabungan Liburan dan Instrumen Investasi yang Digunakan

 

3. Mudah dan praktis

 

Beli tiket pesawat online terasa mudah dan praktis. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi atau membeli lewat website. 

 

Selain itu, tiket dalam bentuk e-voucher juga lebih praktis dan aman. Kamu tidak perlu takut tiket hilang atau ketinggalan di rumah.

 

Tips Beli Tiket Pesawat Murah Secara Online

 

Untuk mendapatkan tiket pesawat dalam harga murah, berikut beberapa tips beli tiket pesawat secara online.

 

1. Rajin cek promo

 

Ada jam-jam khusus yang memberikan promo tertentu, sehingga akan meringankan biaya tiket pesawat. Selain mengecek promo di online travel agent, kamu juga bisa menyalakan notifikasi di akun maskapai penerbangan.

 

Selain promo yang disediakan oleh OTA, ada juga promo yang bekerjasama dengan sistem pembayaran tertentu. Misalnya promo khusus pembayaran menggunakan kartu kredit bank tertentu.

 

2. Rajin cek perbandingan harga

 

Riset itu penting, termasuk dalam membeli tiket pesawat. Cek perbandingan harga di beberapa OTA dan maskapai penerbangan. 

 

Selain itu, kamu juga bisa mengecek ke travel agent khusus untuk mendapatkan promo spesial.

 

3. Pilih penerbangan low season

 

Tanggal dan jam penerbangan juga berpengaruh. Jika tidak mendadak, kamu bisa memilih tanggal dan jam penerbangan di low season

 

Misalnya di tengah minggu dan penerbangan pertama, yang biasanya memiliki harga lebih murah.

 

4. Hindari biaya tambahan yang kurang perlu

 

Beberapa maskapai penerbangan memberlakukan biaya tambahan di luar harga tiket, misalnya biaya bagasi dan makanan. Untuk penerbangan domestik yang tidak begitu lama, kamu bisa mengurangi biaya makanan. 

 

Sementara untuk biaya bagasi, kamu bisa memanfaatkan bagasi gratis yang diberlakukan oleh setiap maskapai.

 

5. Hati-hati menentukan jam penerbangan

 

Jangan langsung tergoda dengan harga murah. Perhatikan juga jam yang ditawarkan dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. 

 

Misalnya, jika rumahmu jauh dari bandara dan akan memakan biaya yang lumayan banyak untuk berangkat ke bandara, kamu bisa menghindari penerbangan paling pagi.

 

Beli tiket pesawat online memang mudah dan praktis. Selain itu, kamu bisa melakukan riset yang mendalam, sehingga bisa mendapatkan tiket pesawat dengan harga murah. Selamat berburu tiket!