Tahukah kamu kalau liburan ke luar kota atau luar negeri sekarang sudah bisa dilakukan? Siap-siap beli tiket pesawat murah supaya liburanmu tetap hemat, ya!

 

Seiring dengan menurunnya angka kasus harian baru Covid-19 di Indonesia, pemerintah mulai mengizinkan sejumlah tempat wisata kembali beroperasi. 

 

Beberapa negara juga sudah memperbolehkan turis asal Indonesia untuk berkunjung dengan atau tanpa karantina. Misalnya Amerika Serikat, Dubai, Jerman, Maldives, dan Perancis.

 

Tips Membeli Tiket Pesawat Murah

 

Perlu diketahui, saat ini harga tiket pesawat cenderung belum stabil. Jadi, kamu tetap harus memperhitungkan biaya membeli tiket jika ingin berlibur ke kota atau negara lain.

 

Sudah tidak sabar untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata di dalam dan luar negeri menggunakan pesawat? Cek dulu tips membeli tiket pesawat murah berikut ini.

 

1. Jeli melihat promo

 

Banyak maskapai yang menggelar promo potongan harga ke beberapa tujuan destinasi demi mendorong masyarakat untuk keluar dari rumah dan berlibur. 

 

Contohnya maskapai AirAsia Indonesia yang pada waktu tertentu menawarkan tiket Jakarta-Bali mulai dari Rp559 ribu dengan menyediakan bagasi gratis sampai 15 kilogram. 

 

Tidak hanya maskapai, beli tiket pesawat murah juga bisa dilakukan lewat layanan pemesanan tiket daring, seperti Traveloka, Tiket.com, Pegipegi, dan lain sebagainya. 

 

Aplikasi-aplikasi itu umumnya memberikan potongan harga menggiurkan pada promo payday, flash sale, diskon tanggal kembar, dan lain-lain.

 

2. Memanfaatkan paket bundling tes Covid-19

 

Pemerintah sudah menetapkan tarif batas atas tes PCR untuk area Jawa dan bali sebesar Rp275ribu dan Rp300 ribu untuk luar Jawa dan Bali. 

 

Nah, kesempatan ini dimanfaatkan maskapai untuk menawarkan paket bundling berupa tiket pesawat dan tes Covid-19 dengan harga yang sangat terjangkau.

 

Beberapa contohnya adalah maskapai Garuda Indonesia yang menawarkan harga tes PCR senilai Rp260 ribu dan harga tes antigen mulai dari Rp45 ribu. 

 

Lion Air juga baru-baru ini menurunkan harga tes PCR dari semula Rp285 ribu menjadi Rp250 ribu yang berlaku di bandara Soetta dan Halim Perdanakusuma.

 

3. Cari promo bank

 

Beberapa maskapai penerbangan sudah bekerja sama dengan berbagai bank untuk menarik pelanggan melakukan transaksi pembelian tiket. 

 

Promo bank dalam hal ini bisa berupa potongan harga, poin atau miles bagi nasabah pemegang kartu debit dan juga kartu kredit.

 

Promo yang paling banyak ditawarkan bank dan juga diminati oleh nasabah adalah cicilan 0 persen untuk pemegang kartu kredit bank tertentu. Ini juga bisa dimanfaatkan supaya kamu bisa beli tiket pesawat murah.

 

4. Perhatikan syarat refund

 

Meski kasus Covid-19 sudah melandai, namun potensi melonjaknya kasus Covid-19 di beberapa daerah dalam periode waktu tertentu, terkhususnya saat musim liburan, masih tinggi. 

 

Belum lagi, aturan pemerintah, institusi, perusahaan dan sekolah yang bisa berubah dalam waktu yang cepat di tengah kondisi saat ini.

 

Artikel Terkait: Tips Berwisata di Masa PPKM

 

Karenanya, penting untuk mengecek persyaratan refund. Jadi, kamu bisa meminimalisir kerugian apabila ada aturan baru yang membuatmu tiba-tiba terpaksa melakukan perjalanan.

 

Contohnya, kadang ada promo tiket pesawat yang hanya menampilkan harga miring, tapi tidak menerangkan jika tiket tidak bisa digunakan pada hari libur nasional.

 

Persiapan Liburan Menggunakan Pesawat

 

Setelah mendapatkan harga tiket pesawat yang murah, selanjutnya kamu tinggal melakukan persiapan liburan menggunakan pesawat dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

 

1. Siapkan kondisi kesehatan yang prima

 

Pinjaman Mudah Cicilan Ringan Modal KTP

 

Pastikan kamu terbang dengan status sudah menerima vaksin Covid-19 dan tubuh dalam kondisi fit. 

 

Cek lagi untuk memastikan kamu tidak demam, tidak mengalami gangguan pernapasan, dan tidak melakukan kontak fisik dengan pasien Covid-19.

 

2. Cek aturan terbaru soal pembatasan perjalanan

 

Selalu perbaharui informasi dengan mengecek aturan terbaru terkait pembatasan perjalanan di destinasi wisata pilihan kamu secara berkala. 

 

Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir kerugian tidak bisa mendatangi satu tempat wisata tertentu.  

 

3. Tetap menjalankan protokol kesehatan selama liburan

 

Jangan lupa untuk selalu menjalankan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

 

Demi mendukung pariwisata terus menggeliat, bijaklah dan berwisata. Jangan sampai melonggarkan protokol kesehatan yang pada akhirnya akan berdampak pada pengetatan kembali berbagai destinasi wisata.