Beranda > Gaya Hidup > Ingin Beli Smartphone Keluaran Terkini? Perhatikan 5 Tips Ini daripada Kamu Menyesal Nanti!

Ingin Beli Smartphone Keluaran Terkini? Perhatikan 5 Tips Ini daripada Kamu Menyesal Nanti!

Ingin Beli Smartphone Keluaran Terkini? Perhatikan 5 Tips Ini daripada Kamu Menyesal Nanti!watermark

TUNAIKU.COM – Setiap tahunnya, vendor-vendor smartphone terkemuka selalu berlomba-lomba meluncurkan ponsel pintar terbaiknya. Para fanboy-nya tentu nggak mau ketinggalan sensasi untuk menjajal produk flagship terbaru mereka. Beberapa bahkan rela merogoh kocek lebih dalam agar bisa memiilikinya lebih awal, sebelum dirilis di Indonesia.

 

Nah, kalau kamu tertarik juga buat membeli smartphone keluaran terkini, sebaiknya kamu perhatikan dulu lima tips ini sebelum malah menyesal nantinya.

 

1. Sesuaikan dengan budget dan kebutuhan

Ponsel-ponsel flagship biasanya dibanderol dengan harga yang nggak murah. Apalagi kalau masih dalam kondisi black market alias belum dirilis resmi di Indonesia, harganya bisa mencapai belasan juta.

 

Kenyataannya, nggak semua orang membutuhkan ponsel pintar dengan spesifikasi sekelas flagship. Makanya sebelum membeli ponsel terkini, lebih baik sesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu. Hindari membeli hanya demi gengsi, kalau ujung-ujungnya kamu harus susah payah membayar angsurannya.

 

Alternatif lain adalah memilih ponsel flagship keluaran sebelumnya. Selain spesifikasi dan fiturnya masih mumpuni, harganya juga cenderung lebih miring dibandingkan flagship terbaru.

 

2. Perhatikan status garansi atas ponsel yang hendak kamu beli

Sebelum membeli, perhatikan dulu garansi yang melindungi ponsel kamu. Garansi resmi atau toko, nasional atau global, serta jangka waktu garansinya. Beberapa produk hanya memberimu garansi nasional. Artinya ketika kamu membeli produk yang bukan dirilis untuk Indonesia, kamu hanya bisa mengklaim garansi di negara tempat produk itu dirilis.

 

Sebaiknya, pilih ponsel yang memiliki klaim garansi luas dengan jangka waktu cukup panjang. Jadi, kamu nggak perlu kesulitan ketika harus melakukan klaim garansi. Paling aman memang membeli ponsel yang dirilis untuk Indonesia, karena klaim garansinya lebih mudah dengan jangka waktu minimal satu tahun. Oh iya, jangan lupa juga untuk mengecek keutuhan segel garansinya!

 

3. Atau, tunggu beberapa bulan setelah rilis untuk membeli ponsel incaranmu

Kalau kamu orang yang cukup penyabar, lebih baik jangan langsung membeli ponsel incaranmu pada saat tanggal rilis. Alih-alih, belilah setelah ponsel tersebut rilis selama beberapa bulan. Dengan begitu, kamu mempunyai cukup waktu untuk menilai ponsel tersebut lewat ulasan pengguna dan mengetahui kecacatan yang umum terjadi pada ponsel tersebut.

 

Selain itu, tak jarang vendor juga mengeluarkan versi update dari ponsel terbaru mereka dengan fitur tambahan setelah beberapa bulan. Tentunya, ini adalah keuntungan dari orang yang sabar.

 

4. Lakukan unboxing dan cek kelengkapan langsung pada saat pembelian

Jangan meninggalkan toko sebelum kamu tahu bahwa ponselmu benar-benar bekerja dengan sempurna. Dengan melakukan unboxing dan aktivasi saat pembelian di toko, kamu bisa mengecek kelengkapan di dalam dus dan cacat yang mungkin hinggap di ponselmu. Ketika ada cacat atau aksesorisnya tidak lengkap, kamu bisa dengan mudah menukarnya dengan ponsel yang lain.

 

5. Belilah hanya di toko yang tepercaya

Karena maraknya produk rekondisi dan tiruan, sebaiknya kamu membeli ponsel pilihanmu hanya di tempat penjualan resmi atau toko yang tepercaya. Dengan begitu, risiko mendapatkan barang rekondisi atau palsu pun bisa diminimalkan.

 

Nah, lewat beberapa tips di atas, mudah-mudahan kamu bisa mendapatkan ponsel impianmu dan puas menggunakannya. Semoga bermanfaat ya, Kawan Tunaiku!

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett