SWARA – Peristiwa mati listrik di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat pada 4-5 Agustus lain sangat mengganggu produktivitas masyarakat. Walaupun mati listrik terjadi pada hari Minggu, bukan berarti tidak ada yang butuh listrik kan? Pasti sudah banyak sekali orang yang berencana untuk marathon serial Netflix untuk menghabiskan akhir pekan mereka dengan hemat. Ternyata ada berbagai kegiatan seru yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu tanpa listrik?

 

 

1. Ngelawak di media sosial

Sebenarnya, saya yakin kalau kamu pernah melakukan hal ini. Tapi kali ini ngelawaknya beda. Akibat mati listrik, warga Twitter beramai-ramai menyerbu akun Twitter @pln123 untuk protes dan meminta kepastian kapan listrik menyala normal kembali. Berbagai protes, mulai dari yang normal hingga yang bernada satir dicuitkan. Beberapa akun juga mencuitkan dark humor mengenai mati lampu seperti “Pulau Jawa terang benderang”. Hal ini mengacu pada kebiasaan warga Jakarta, Banten, dan Jawa Barat yang biasa menyebut orang yang berasal dari Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur sebagai orang Jawa. Padahal kan Jakarta, Banten, dan Jawa Barat masih termasuk Pulau Jawa.. Atau ternyata sudah ada pembangunan terusan seperti terusan Suez untuk memisahkan DKI Jakarta-JawaBarat-Banten dengan Jawa Tengah-Yogyakarta-Jawa Timur?

 

 

Artikel terkait:

Modal Rp600 Ribu Dapat 4 Hari 3 Malam Liburan Hemat ke Bandung, Begini Caranya!

Belum Move On Libur? Ini 5 Tips Libur Hemat Pasca-Lebaran untuk Lanjut Liburan!

10 Destinasi Libur Lebaran Asyik di Kota Bandung

 

 

2. Baca buku

Masih ada stok lilin? Kamu bisa membaca buku-buku koleksi lamamu! Atau kamu bisa membaca buku via Kindle ataupun smartphone . Ingat kata Jonathan End, “Pengangguran boleh tapi jangan bodoh. Makanya baca buku!” Hayo ngaku, siapa yang jadi pengangguran sementara karena tidak bisa beraktivitas menjadi budak digital di akhir pekan?

 

 

3. Reuni keluarga

Lebih baik mati lampu tapi bisa bercanda bersama-sama teman, daripada mati lampu cuma sendirian. Kamu bisa mengungsi ke rumah teman atau saudara supaya bisa berkumpul lagi. Jangan lupa, nyalakan senter handphone dan berbagai aplikasi penyedot daya secara cepat lainnya supaya bateraimu cepat habis. Kamu pun bisa semakin cepat memperoleh family time! Jangan lupa bawa permainan favoritmu seperti uno dan monopoli ya!

 

 

Artikel terkait:

Para Pecinta Film Superhero Marvel Wajib Tahu 23 Fakta Tersembunyi ini, Nomor 2 Bikin Kamu Terkejut!

Dinobatkan Jadi Miliarder Muda Versi Forbes, Ini 7 Fakta Kylie Jenner yang Belum Banyak Diketahui

10 Fakta Unik di Balik Serial Akbar GOT yang Bikin Kamu Terperangah!

 

4. Tidur

Mumpung tidak bisa menuntaskan kewajiban sebagai buruh digital, lebih baik kamu istirahat. Besok sudah tidak bisa istirahat, siapa tahu di kantor ada genset. Menunda pekerjaan adalah sebuah previlege, atau sebuah kebodohan? Tapi kan yang jelas kamu tidak punya rencana untuk menunda pekerjaan. Anggap saja kamu sedang disuruh istirahat..

 

 

Itulah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu saat mati listrik. Kira-kira kamu tertarik mengerjakan yang mana?


Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas Anastasia Galuh Dinung Purwaningtyas