SWARA – Pada 28 Februari yang akan datang, ajang penghargaan Golden Globe Awards 2021 akan kembali diselenggarakan. Bagi kamu para pecinta film dan program televisi, ajang penghargaan ini tentu sudah sangat ditunggu-tunggu.

 

Tahun ini, ada rekor baru yang berbeda pada Golden Globe Awards 2021. Mulai dari nominasi sutradara, daftar film yang mendominasi, sampai dengan pelaksanaan acaranya. Berikut ini fakta seputar Golden Globe Awards 2021 yang perlu kamu ketahui:

 

  • Dominasi Netflix dalam daftar nominasi

 

Dalam beberapa kategori penghargaan, terlihat dominasi nama Netflix dari film-film yang ditayangkan di layanan streaming tersebut. Salah satu faktor yang melatarbelakangi hal ini adalah pengalihan film bioskop ke Netflix selama masa pandemi. 

 

Beberapa judul film dan serial Netflix yang masuk ke dalam sejumlah kategori nominasi antara lain The Trial of the Chicago 7, Emily in Paris, The Prom, The Midnight Sky, The Life Ahead, Mank, dan lain sebagainya. 

 

  • Sutradara perempuan dalam nominasi sutradara terbaik

 

Tahun ini, ada tiga sutradara perempuan yang masuk ke dalam nominasi sutradara terbaik. Ini merupakan rekor baru, pertama kalinya sejak tahun 1944. 

 

Ketiga sutradara perempuan itu adalah Regina King dengan film One Night in Miami, Chloe Zhao dengan film Nomadland, serta Emerald Fennell dengan film Promising Young Woman.

 

Mereka bersanding dengan dua sutradara lain dalam kategori yang sama, yaitu David Fincher dengan film Mank dan Aaron Sorkin dari film The Trial of the Chicago 7

 

  • Dipandu oleh Tina Fey dan Amy Poehler

 

Dilansir dari Kompas, ajang Golden Globe Awards tahun ini akan kembali dipandu oleh Tina Fey dan Amy Poehler. Namun, keduanya akan memandu dari lokasi yang berbeda. 

 

Tina Fey akan membawakan acara dari The Rainbow Room di Rockefeller Center, New York City. Sementara, Amy Poehler akan memandu dari Beverly Hilton di Beverly Hills, California. Lokasi inilah yang biasanya menjadi tempat Golden Globes Award digelar. 

 

  • Disiarkan secara langsung lewat saluran NBC

 

Mengingat situasi pandemi, acara tahun ini disiarkan secara langsung atau live dan bisa disaksikan lewat saluran TV kabel NBC. Selain saluran TV kabel, penayangan dari NBC juga bisa dilihat lewat aplikasi maupun website resmi. 

 

Akan tetapi, jika kamu tidak punya akses ke channel NBC, kamu tetap bisa menonton acara tersebut lewat layanan streaming lain. Dikutip dari Entertainment Weekly, Golden Globe Awards 2021 dikabarkan akan ditayangkan juga melalui sejumlah layanan streaming berbayar, seperti YoutubeTV dan LiveTV Hulu.

 

  • Sejumlah aktor mendapatkan dua nominasi

 

Dalam nominasi tahun ini, beberapa aktor telah dinyatakan meraih dua nominasi. Yang pertama adalah Baron Cohen dari film The Trial of the Chicago 7 dan Borat Subsequent Movie.

 

Kemudian, yang kedua adalah Anya Taylor-Joy dari serial The Queen’s Gambit dan film Emma yang diadaptasi dari novel karya Jane Austen. 

 

Terakhir, ada juga Olivia Colman dari serial The Crown dan film The Father. Sebelumnya, ia sudah mendapatkan penghargaan aktris terbaik dari ajang yang sama melalui perannya sebagai Sang Ratu di serial The Crown.

 

  • Dominasi pemain The Crown

 

Bukan hanya Olivia Colman, sejumlah pemain The Crown lainnya juga masuk ke dalam daftar nominasi. Hal ini membuat The Crown terlihat mendominasi di Golden Globe Awards tahun ini.

 

Mereka adalah Emma Corin yang memerankan karakter Putri Diana, Josh O’Connor yang memerankan Pangeran Charles, Gillian Anderson yang memerankan tokoh Margaret Thatcher, dan Helena Bonham Carter yang menjadi Putri Margaret. 

 

Itulah sejumlah fakta-fakta unik seputar penyelenggaraan Golden Globe Awards 2021. Nantikan acaranya di tanggal 28 Februari mendatang, untuk mengetahui siapa saja nama-nama yang akhirnya keluar sebagai penerima penghargaan.