SWARA – Siapa sih yang nggak tahu dengan kanal Netflix? Bisa dibilang, sebagian orang kini berlangganan Netflix demi menikmati film-film berkualitas tanpa harus pergi ke bioskop. Mudah banget, ya!

 

Bagaimana tidak, film-film yang disajikan Netflix selalu membuat para penontonnya terpukau dan tentunya sangat menghibur di tengah kepenatan aktivitas sehari-hari. Kesibukan yang luar biasa membuat sebagian orang tidak bisa menyempatkan waktu untuk pergi ke bioskop, sehingga Netflix hadir sebagai solusi bagi semua orang untuk bisa menikmati film berkualitas tanpa perlu repot-repot ke bioskop.

 

Pernah sewa VCD atau DVD?

Source: flippingincome.com
Source: flippingincome.com

Kalau mau nostalgia, saya jadi ingat, kalau dulu suka beli atau sewa DVD demi bisa menonton film favorit di rumah. Hal tersebut tentunya bisa menjadi solusi untuk bisa menonton film dengan lebih murah, lebih nyaman, dan tentunya bisa ditonton secara bersama-sama.

 

Namun kini, praktik tersebut mulai terganti dengan sistem streaming yang bisa diakses oleh setiap orang via ponsel pintarnya masing-masing.

 

Mungkin ada sebagian dari kamu menganggap bahwa film yang ada di Netflix merupakan fiktif belaka dan tidak terjadi di kehidupan nyata. Namun, ternyata ada beberapa film Netflix yang diangkat dari kejadian dan kisah nyata.

 

Wah, iya kah? Baiklah, sekarang saya akan beri tahu, film apa saja yang ternyata diangkat dari kisah nyata. Di simak, ya!

 

1. Conversations With a Killer: The Ted Bundy Tapes (2018)

Film ini diadaptasi dari sebuah kisah yang terjadi pada 31 tahun lalu, tepatnya pada 1978. Pada saat itu, ada seorang pria bernama Ted Bundy yang dieksekusi setelah membunuh Kimberly Leach pada tahun itu.

 

Dalam serial ini akan digambarkan kehebohan saat di ruang persidangan, termasuk ada adegan sejumlah wanita yang mengagumi bundy, serta pernikahan yang dilakukannya di persidangan bersama Carole Ann Boone yang kemudian bersaksi atas nama suaminya.

 

Sejarah menuturkan, Theodore Robert Bundy dikenal dunia setelah membunuh, memperkosa, merampok, serta terbukti berhubungan seksual dengan mayat di era 1970an. Pada saat itu, ia menuturkan bahwa telah menghilangkan nyawa 30 wanita muda serta para gadis dalam kurun 1974-1978. Namun, hingga kini diduga masih ada korban yang belum terungkap.

 

Film ini terinspirasi dari sebuah buku berjudul sama yang ditulis oleh Stephen G. Michaud dan Hugh Aynesworth. Uniknya, serial film ini dibuat dari sebuah riset yang dilakukan selama lebih dari 100 jam, dengan memutar ulang rekaman kedua jurnalis yang dibuat ketika Bundy sudah divonis.

 

Selain itu, film ini juga memberikan perspektif unik tentang seorang pelaku yang menuturkan sendiri kehidupan dan motifnya atas perbuatannya.

 

2. Miracles From Heaven (2016)


Film Miracles From Heaven diangkat dan diadaptasi dari sebuah buku memoar yang ditulis oleh Christy Beam, yang berjudul Miracles from Heaven: A Little Girl, Her Journey to Heaven, and Her Amazing Story of Healing.

 

Pada film ini diceritakan bahwa ada seorang ibu yang sudah berusaha membawa anaknya berobat ke berbagai tempat, namun tidak mendapatkan hasil yang diharapkan. Anaknya adalah seorang gadis berusisa 10 tahun yang mengidap penyakit langka yang belum bisa disembuhkan.

 

Di film ini, kamu akan melihat sebuah perjuangan besar yang dilakukan seorang ibu yang diperankan oleh Jennifer Garner. Garner sangat apik dalam memerankan peran seorang ibu, sehingga bisa membawa suasana haru pada setiap orang yang menontonnya. Ditambah, kisah di film ini adalah kisah nyata. Kebayang, kan, gimana sedihnya.

 

3. Lion (2016)


Film ini mendapatkan beberapa penghargaan yang luar biasa, yaitu dengan mendapatkan 6 nominasi Oscar di tahun 2017. Lion diangkat dari sebuah buku autobiografi yang ditulis oleh Saroo Brierly yang berjudul A Long Way Home.

 

Film ini menceritakan tentang kehidupan Saroo yang berusaha mencari ibunya setelah terpisah di stasiun kereta api. Uniknya, film ini tetap dibuat se-natural mungkin, namun tetap membuat air mata penonton berjatuhan ke pipi.

 

Jika kamu menonton film ini, kamu akan dibawa menuju masa lalu dan perjuangan Saroo untuk bertemu kembali dengan ibunya. Beberapa bintang yang membintangi film ini antara lain, Dev Patel, Rooney Mara, Nicole Kidman, dan David Wenham.

 

4. Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014)


Ternyata, ada juga film Indonesia yang diangkat dari kisah nyata dan dirilis oleh Netflix! Bangga banget!

 

Film ini bercerita tentang se-sosok yang bernama Sani Tawainella di daerah Tulehu Maluku. Kemudian, film ini mengambil latar saat konflik antar agama masih menjadi sebuah hal rutin di daerah tersebut.

 

Sani adalah mantan pesepakbola junior yang masuk seleksi PSSI Baretti dan menjadi anggota Tim Piala Pelajar Asia 1996 di Brunei. Setelah itu, mimpinya sempat berhenti hingga bertemu dengan sekelompok anak-anak untuk berlatih sepak bola dengannya.

 

Hal tersebut ia lakukan untuk mengalihkan perhatian anak-anak atas konflik yang terjadi di daerahnya. Kemudian ia membuat sebuah sekolah sepak bola bersama Hari Lestaluhu dengan bekal pengetahuan seadanya.

 

Film ini kemudian menceritakan sebuah perpecahan kongsi di antara Sani dan Hari, yang kemudian akhirnya terbentuk dua tim yang saling bersaing. Pada akhirnya, tim yang dibesut Hari mampu mengalahkan tim yang dilatih oleh Sani. Namun, justru Sani yang ditunjuk sebagai pelatih kesebelasan Maluku yang akan diberangkatkan ke Jakarta.

 

Dengan durasi film selama 2 jam, penonton disuguhi berbagai konflik kerusuhan, konflik rumah tangga, konflik persahabatan, konflik pilihan, namun tetap berujung manis di akhir cerita. Dari sebuah tim sepakbola, akhirnya bisa menyatukan beragam kelompok setelah 5 tahun konflik. Film ini tentu bisa menjadi inspirasi yang luar biasa.

 

Nah, film-film Netflix ini bisa banget kamu tonton saat weekend atau pas melepas kepenatan sepulang ngantor, Kawan. Yuk, langsung diintip satu-satu filmnya!


dhandyDhandy Dwi Yustica