SWARA – Di kalangan pecinta fotografi, kamera Canon EOS R5 tentu sudah tidak asing lagi. Kabarnya, kamera ini akan segera melakukan firmware update di bulan Februari 2021 ini. 

 

Namun, sampai sekarang masih belum ada kabar mengenai kepastian tanggal update tersebut. Pengguna Canon EOS R5 di dalam negeri juga belum bisa memastikan kapan firmware versi terbaru bisa berlaku di Indonesia. 

 

Apa yang Dimaksud dengan Update Firmware?

 

Zaman sekarang, kamera DSLR dan mirrorless dioperasikan dengan mikroprosesor. Mikroprosesor ini memiliki peran yang serupa dengan program yang menjalankan komputer atau smartphone

 

Jadi, sama seperti saat kamu menggunakan laptop dan smartphone, program ini perlu melalui pembaruan untuk bisa bekerja dengan lebih optimal. Pembaruan ini dilakukan secara berkala untuk menambahkan fitur baru dan juga memperbaiki gangguan. Inilah yang disebut dengan firmware.

 

Tidak semua kamera memiliki pembaruan firmware. Akan tetapi, pada kamera yang disertai dengan opsi untuk melakukan update, sebaiknya update dilakukan secara rutin untuk penggunaan yang lebih optimal.

 

Update Firmware Canon EOS R5 

 

Hasil update dari firmware Canon EOS R5 akan mencakup beberapa fitur, yaitu penambahan Canon Cinema RAW light, C-Log 3, 1080p @ 120fps, serta perbaikan kerusakan-kerusakan pada fitur yang sebelumnya. 

 

Lalu, apa pengaruh perubahan ini terhadap penggunaan kamera Canon EOS R5? Saat ini, serial Canon R5 hanya mendukung C-Log 1. Kemampuan ini sebenarnya baik untuk 12 jarak dinamis ketika memotret dengan ISO400. 

 

Akan tetapi, profil Log ini juga rentang menyebabkan masalah pada hasil foto. Salah satunya adalah banding, yaitu kemunculan warna gradasi pada bayangan di foto.

 

Dikutip dari India Today, dengan profil baru berupa C-Log 3, masalah seperti banding bisa dihindari sambil tetap mempertahankan kualitas positif dari Log 1. Jadi, hasil foto nantinya bisa diedit dengan lebih mudah dan berkualitas. 

 

Kemudian, ada juga update pada frame rate menjadi 1080p @ 120fps. Sebelumnya, kamera Canon seri ini hanya dilengkapi dengan profil 1080p @ 60 fps. 

 

Perubahan ini akan memberikan kontribusi ketika kamu menggunakan kamera untuk mengambil video slow motion. Gerakan slow motion yang diambil dengan fitur baru ini akan tampak lebih asli dan berkualitas. 

 

Selain itu, dengan adanya sejumlah perbaikan di berbagai kerusakan, update firmware ini bisa mencegah Canon EOS R5 overheating atau terlalu panas, serta hambatan dalam pembatasan rekaman.

 

Cara Melakukan Update untuk Firmware Canon EOS R5

 

Pertama-tama, untuk mengetahui apakah update firmware sudah bisa dilakukan, kamu bisa mengeceknya secara langsung ke situs resmi Canon. Pilihlah situs Canon yang khusus untuk pengguna Canon di Indonesia.

 

Kemudian, pilih menu ‘Support’ lalu cari keyword Canon EOS R5 di kolom pencarian. Nanti, kamu akan diarahkan ke halaman baru berisi informasi seputar update firmware kamera seri ini.

 

Jika update firmware versi terbaru sudah tersedia, link untuk melakukan update akan tampil di urutan paling atas halaman tersebut. Klik link tersebut lalu pilih menu ‘Download’. Setelah itu, kamu akan mendapatkan konfirmasi update melalui email yang terdaftar sejak awal penggunaan kamera. 

 

Saat ini, update firmware terbaru untuk Canon EOS R5 di Indonesia masih belum tersedia. Kamu bisa memantau situs resmi dan media sosial Canon secara resmi untuk mendapatkan info seputar tanggal resmi peluncuran update firmware.