Manajemen finansial adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh generasi muda. Salah satu kebiasaan yang terlihat sepele dalam kebiasaan mengelola keuangan adalah melakukan pencatatan. Memang, akan terlihat sulit jika apa-apa harus dicatat di buku catatan. Namun, kini sudah banyak aplikasi catatan keuangan yang bisa didownload dan digunakan lewat smartphone.

 

Dengan adanya aplikasi tersebut, sudah bukan alasan lagi mencatat keuangan adalah hal yang merepotkan. Sebab, kamu tingga buka handphonemu dan langsung mencatat setelah melakukan transaksi. Lantas, apa saja aplikasi tersebut?

 

Berbicara soal aplikasi keuangan, kini Swara juga menyediakan Kalkulator Finansial untuk bantu kamu menghitung kebutuhan finansialmu. Misalnya, kalkulator finansial bisnis, renovasi rumah, liburan, pendidikan, dan sebagainya. Yuk, cobain di sini.

 

1. Wallet, aplikasi catatan keuangan gratis

 

Aplikasi Wallet memungkinkan kamu untuk mengkoneksi transaksi harian kamu dengan saldo bank yang digunakan. Selain itu, aplikasi pencatat keuangan ini juga bisa menerima transaksi dengan banyak mata uang. 

 

Kamu juga bisa melakukan ekspor data ke penyimpanan cloud dengan fitur cloud sync yang dimiliki. Bagi kamu yang sudah memiliki pasangan dan mengatur keuangan bersama, kamu juga bisa untuk berbagi rekening dengan user lain. Tentunya ini akan mempermudah pencatatan keuangan bersama antara kamu dengan pasangan.

 

2. MoneyLover

 

Money Lover juga merupakan aplikasi pencatat keuangan yang bisa memberi kemudahan kepadamu dalam mengatur keuangan dengan lebih praktis. Dengan menggunakan MoneyLover, kamu bisa mengatur berbagai pengeluaran selama sebulan, mulai dari makanan hingga liburan.

 

Beberapa fitur yang memperkaya aplikasi pencatat keuangan ini diantaranya adalah Budget, Savings, dan Event. Tentunya dengan menggunakan aplikasi ini, kamu tidak perlu lagi mencatat pengeluaran dan pemasukan di kertas.

 

3. Monefy

 

Aplikasi pencatat keuangan satu ini dilengkapi fitur kustomisasi sehingga aplikasi dapat diubah sesuai kebutuhan kamu. Monefy juga memungkinkan kamu membuat lebih dari 1 akun yang catatan tiap akunnya akan disampaikan secara terpisah.

 

Selain itu, kamu juga bisa mengelompokkan pengeluaran kamu dalam berbagai kategori agar lebih mudah diurus. Monefy juga menghitung secara otomatis persentase pengeluaran tiap kategori dalam beberapa periode, mulai dari harian, mingguan hingga tahunan.

 

Bagi kamu yang merasa terganggu dengan iklan yang ada, kamu bisa mengambil versi berbayar dari aplikasi pencatat keuangan ini. Disamping itu, kamu juga akan mendapatkan kebebasan dari batasan kategori yang ingin kamu pakai.

 

Baca juga: Begini Cara Tepat Mencatat Pengeluaran Anak Rantau

 

4. Aplikasi Catatan Keuangan Finansialku

 

Aplikasi pencatat keuangan Finansialku dilengkapi dengan fitur yang canggih sehingga bisa membantu kamu mencatat pengeluaran dan perencanaan keuangan. Lewat aplikasi ini, kamu juga bisa melakukan konsultasi keuangan kepada pakar, juga mengetahui produk-produk keuangan.

 

Yang membedakan Finansialku dari aplikasi pencatat keuangan lainnya adalah fitur foto dan lokasi saat kamu hendak mencatat transaksi yang terjadi.

 

5. Senyumku, bank digital dengan fitur catatan keuangan pribadi

 

Senyumku adalah aplikasi pencatat keuangan sekaligus digital banking dari Amar Bank yang memungkinkan kamu untuk mencatat keuangan kamu dengan praktis. Kecanggihan yang dimiliki oleh Senyumku salah satunya adalah pencatatan otomatis dengan mendaftarkan bank atau e-wallet yang kamu miliki.

 

Selain itu, kamu juga bisa memonitor kondisi keuangan kamu, khususnya saat kamu semakin rajin mencatat keuangan kamu. Tidak hanya itu, Senyumku juga bisa membantu kamu untuk menabung demi mencapai tujuan keuangan yang kamu miliki.

 

Bagi kamu yang memiliki tujuan keuangan membeli mobil, rumah ataupun tujuan keuangan lainnya, kamu bisa memasukkan target nominal yang diinginkan. Senyumku juga memberikan bunga 5.5% per tahun untuk membantumu mencapai tujuan keuangan kamu dengan lebih cepat.

 

Deposito dari Senyumku juga cukup besar, hingga 9% per tahun dan kamu bisa mulai hanya dari 100 ribu rupiah saja. Ini adalah aplikasi pencatat keuangan yang bisa membantu mewujudkan tujuan keuangan kamu.

 

6. Teman Bisnis

 

Jika kamu memiliki bisnis, jangan gunakan aplikasi keuangan yang umum digunakan untuk mengatur keuangan sehari-hari. Aplikasi pencatat keuangan yang satu ini bisa mengakomodasi kebutuhan kamu dalam melakukan pencatatan keuangan bisnis yang sedang dijalankan.

 

Di dalam aplikasi ini, kamu bisa melakukan pencatatan pendapatan dan pengeluaran dari berbagai macam sumber. Setiap sumbernya bisa kamu kategorikan ke dalam kelompok yang berbeda-beda supaya kamu bisa dengan mudah melacak transaksi.

 

Pencatatan utang dan kredit dari bisnis kamu juga bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Selain itu, kamu juga bisa membuat sejumlah laporan seperti laba/rugi, utang/piutang, dan pertumbuhan kas per periodiknya secara otomatis.

 

7. Sribuu

 

Aplikasi pencatat keuangan Sribuu memiliki kelebihan untuk menambah budget tertentu sesuai keinginan kamu. Tentunya menambah informasi budget ini dilakukan agar pengeluaran kamu terhadap suatu hal tidak kelewat budget.

 

Disamping itu, aplikasi Sribuu mempermudah monitoring transaksi karena menuangkan transaksi tersebut dalam curva dan bagan yang mudah dibaca.

 

Baca juga: Pengajuan Pinjaman Online di Tunaiku Sering Ditolak? Ini Masalahnya

 

8. Uangku

 

UangKu adalah aplikasi pencatat keuangan yang cocok untuk pemula yang belum pernah menggunakan aplikasi pengatur keuangan. Fiturnya cukup terperinci, terstruktur dan dikemas dengan sederhana sehingga para pemula tidak kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi ini.

 

Aplikasi ini akan meminta kamu untuk mengisi target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan. Setelah itu, aplikasi ini secara otomatis akan menganjurkan berapa uang yang bisa kamu keluarkan setiap harinya agar target kamu tercapai.

 

Pengeluaran dan pemasukan yang tercatat di dalam aplikasi bisa kamu kelompokkan dalam berbagai kategori. Tentunya hal ini akan mempermudah kamu dalam melacak uang keluar dan masuk secara lebih tepat sasaran.

 

9. Money Manager

 

Money Manager adalah aplikasi pencatat keuangan yang dilengkapi dengan pencatatan pengeluaran serta laporan penggunaan kartu kredit atau debit. Selain lewat smartphone, aplikasi ini juga bisa kamu akses lewat laptop / PC.

 

Dengan akses yang fleksibel, tentu kamu akan lebih mudah melakukan pelacakan pada keuangan kamu. Kamu bisa membuat catatan pengeluaran berdasarkan hari, bulan, atau tahun sesuai kebutuhan.

 

10. Aplikasi Catatan Keuangan Penny

 

Penny adalah aplikasi pencatat keuangan untuk iOS yang bisa diajak menilai situasi keuangan kamu. Dengan pengaturan yang tepat, aplikasi ini akan menjawab segala masalah keuanganmu dengan tepat.

 

Lewat aplikasi Penny, kamu bisa mengetahui berbagai informasi kondisi keuangan kamu. Adapun informasi tersebut adalah seperti berapa banyak uang yang telah dihabiskan dan tagihan apa saja yang harus dibayar. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui informasi tagihan apa saja yang naik tarifnya.

 

Aplikasi ini bisa kamu unduh secara gratis dan berbayar jika kamu menginginkan fitur penambahan lainnya.

 

11. Mint

 

Jika kamu menggunakan aplikasi pencatat keuangan Mint, kamu bisa membuat beberapa akun sesuai dengan catatan pemasukan dan pengeluarannya masing-masing. Tentu kamu juga bisa mencatat pengeluaran berdasarkan kategori yang telah disediakan.

 

Mint juga bisa memberikan pengingat untuk kamu melakukan pembayaran tagihan. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan pelacakan tujuan keuangan, hingga melakukan credit scoring.

 

12. Aplikasi Catatan Keuangan AndroMoney

 

Aplikasi pencatat keuangan ini memiliki fitur yang bisa membantu kamu mencatat pengeluaran harian dengan sederhana, namun tetap terperinci.

 

Kamu juga bisa melakukan pencatatan pengeluaran berdasarkan berbagai kategori yang berbeda. Hal yang menarik lainnya adalah kamu bisa menyimpan catatan pengeluaran dalam bentuk laporan di DropBox atau Google Docs.

 

13. Level Money

 

Aplikasi pencatat keuangan yang selanjutnya adalah Level Money untuk iOS yang bisa terhubung dengan rekening bank kamu. Aplikasi keuangan ini juga bisa membantu kamu mengatur uang yang masuk dan keluar baik pada kartu kredit dan rekening bank.

 

Dengan fitur seperti ini, kamu tidak perlu takut kecolongan karena aplikasi ini bisa memberi tahu jumlah uang yang kamu habiskan. Keunggulan dari aplikasi ini sendiri ada pada keamanannya yang terjamin serta  kemudahan dalam penggunaannya.

 

14. Aplikasi Catatan Keuangan Harian

 

Aplikasi pencatat keuangan selanjutnya adalah Catatan Keuangan Harian. Seperti namanya, aplikasi ini membantu kamu mencatat keuangan harian, khususnya untuk perhitungan pengeluaran dan mengelompokan berdasarkan kategori tertentu.

 

Dengan menggunakan aplikasi catatan keuangan harian, kamu juga bisa menghitung pendapatan. Kamu juga bisa membuat laporan keuangan serta menghitung selisih melalui aplikasi ini.

 

15. Spendee

 

Spendee bisa menjadi pilihan kamu dalam mencoba aplikasi pencatat keuangan yang terakhir. Seperti aplikasi yang lain, Spendee bisa mencatat pengeluaran dan pemasukan yang kamu terima. Tetapi kelebihan dari aplikasi ini adalah bisa terhubung dengan akun bank kamu untuk meminimalisir kesalahan dan lupa pencatatan.

 

Spendee juga dapat membuat perencanaan budget per bulan. Saat pengguna melebihi budget yang ditentukan, aplikasi ini akan memberikan notifikasi agar pengguna lebih bijak dalam menggunakan uang. Tentu ini perlu dilakukan agar arus kas kamu tidak sampai minus. Selain itu Spendee juga dilengkapi dengan mata uang lain sehingga sangat cocok bagi kamu yang sering melakukan transaksi luar negeri.

 

Demikian aplikasi pencatat keuangan yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah kamu mengatur keuangan. Tentu aplikasi tersebut hanyalah alat yang kamu gunakan, namun tetap membutuhkan kedisiplinan kamu dalam mengatur keuangan. Apapun aplikasi yang kamu gunakan, semoga keuanganmu berangsur mengalami peningkatan.