Beranda > Gaya Hidup > 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Day Care (Tempat Penitipan Anak)

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Day Care (Tempat Penitipan Anak)

5 Hal yang Perlu Kamu Tahu tentang Day Care (Tempat Penitipan Anak)watermark

TUNAIKU.COM – Tuntutan pekerjaan ada kalanya nggak bisa berkompromi dengan statusmu sebagai orangtua. Kalau sudah begini, kira-kira siapa yang berkompeten untuk mengeloni alias menjaga si kecil?

 

Nah, day care adalah jawabannya. Day care adalah lembaga resmi di mana kamu dapat ‘menitipkan’ si kecil saat kamu bekerja atau tidak berada di rumah. Day care dapat menggantikan peran orangtua dalam merawat dan mengasuh si kecil, sekaligus mengajarkannya bersosialisasi dengan lingkungkan sekitar. Tentunya, day care  yang berkualitas akan menyediakan fasilitas-fasilitas yang berkaitan dengan tumbuh kembang anak-anak.

 

Sebagai papa dan mama muda yang juga memiliki karir, penting untukmu mengenal fasilitas satu ini. Kalau begitu yuk baca 5 hal yang perlu kamu tahu tentang day care berikut!

 

1. Merupakan solusi alternatif  yang patut dipertimbangkan

Papa mama bekerja, si kecil sama siapa? Kalau memang tidak ada bibi di rumah yang bisa menjaga, maka day care patut jadi solusimu. Karena, day care saat ini enggak hanya menjadi tempat menitip, tapi juga memberikan kegiatan edukatif.

 

2. Tak sekadar menitipkan, tapi bisa jadi ‘sekolah’ untuk si kecil

Ratib Lekhal, kandidat doktor dari Norwegian Institute of Public Health, menyebutkan bahwa anak-anak yang dititipkan di day care pada usia 1 sampai 1,5 tahun mendapatkan rangsangan bahasa yang lebih intensif dibandingkan saat di rumah saja, baik dari teman-teman sepermainnya, maupun dari sang pengasuh. Makanya, mereka perkembangan verbal mereka pun berjalan normal bahkan cenderung lebih baik.

 

Jangan khawatir, selama kamu memberikan ‘kompensasi’ yang sepadan kepada si kecil selepas dari day care, kamu tetap bisa membangun hubungan yang kuat kok dengan sang buah hati.

 

Artikel terkait: Ibu bekerja dan buah hati

 

3. Enggak boleh asal-asal, kamu harus selektif

Selayaknya memilih sekolah, memilih day care  juga enggak boleh sembarangan, lho. Kamu harus tahu seenggaknya poin-poin dasar memilih day care. Seperti, kualitas pengasuh, layanan pengambilan ASI, asuransi kesehatan, laporan harian dari sang pengasuh, dan lain-lain. Jangan sekadar menitipkan saja, lho!

 

4. Day care terbuka untuk si kecil mulai dari usia

Usia berapa sih kira-kira si kecil boleh dititipkan di day care? Beberapa pakar menyebutkan usia 6 bulan. Saat si kecil sudah mulai bergerak aktif dan merangkak. Tapi, ada juga kok yang membolehkan day care  saat anak berumur 0 bulan. Tapi, tentunya day care untuk anak usia 0 – 18 bulan akan sedikit berbeda perlakuannya dengan day care  anak usia 3 tahun ke atas. Untuk si kecil yang masih butuh ASI, pastikan bahwa day care yang kamu pilih dapat mendukung kebutuhan ASI eksklusif si kecil.

 

5. Beberapa perusahaan menyediakan fasilitas day care

Di Indonesia, ada banyak kok perusahaan yang memberikan fasilitas ramah ibu dan anak. Misalnya, Pertamina, AIA Indonesia, Indosat Ooredoo, dan lain-lain. Tentunya fasilitas seperti ini sangat melegakan, ya?  Nggak perlu khawatir saat ingin menyusui atau sekadar ingin memeluk si kecil saat jam istirahat.

 

Artikel terkait: Tips hemat terkait rumah tangga

 

Kawan Tunaiku, mungkin rasanya sulit bagimu untuk menitipkan buah hati pada orang asing. Ada kalanya terbesit rasa khawatir jika nanti sang anak malah lebih dekat dengan pengasuh di day care daripada denganmu, sang orangtua. Jangan khawatir, selama kamu memberikan ‘kompensasi’ yang sepadan kepada si kecil selepas dari day care, kamu tetap bisa membangun hubungan yang kuat kok dengan sang buah hati.

 

Wah, setelah dipikir-pikir, nampaknya keberadaan day care malahan dapat mendukung kesuksesanmu, baik di keluarga maupun karirmu, deh. Tertarik mencoba? Good luck ya!

 

Selagi kamu di sini…

Kami punya informasi singkat yang sayang sekali dilewatkan. Sudahkah kamu tahu tentang Tunaiku? Tunaiku merupakan pinjaman cepat, mudah, tanpa agunan, tanpa kartu kredit. Tunaiku bisa jadi solusi finansial bagi kebutuhan-kebutuhanmu. Kebutuhan dadakan? Atau, butuh tambahan dana untuk kebutuhan tertentu? Kamu bisa ajukan Tunaiku!

Nggak mau ribet dan nggak pakai lama ajukan pinjaman? Klik di sini.

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett