SWARA – Di minggu terakhir di bulan September ini, pemberian BLT subsidi gaji dari pemerintah mulai memasuki tahap keempat. Dilansir dari Kompas, data per 23 September 2020 menyatakan 2,65 juta telah melalui tahap pencairan.

 

Sebelumnya, pemerintah memang telah mengumumkan bahwa pemberian subsidi gaji dilakukan secara bertahap. Karena itu, sebagian dari kamu mungkin merasa masih belum menerima BLT subsidi gaji tersebut. 

 

Kendala Pemberian Subsidi Gaji bagi Calon Penerima

 

Saat ini, data 150 ribu calon penerima dikembalikan ke BPJS Ketenagakerjaan karena data yang tidak lengkap. Salah satu bentuk ketidaklengkapan data ada pada nomor rekening calon penerima yang tidak sesuai. 

 

Nomor rekening yang tidak tepat memicu kegagalan dalam proses transfer karena nomor rekening yang salah atau sudah tidak aktif. Karena itu, sebaiknya pastikan kamu telah memberikan data yang benar ketika mendaftar sebagai calon penerima BLT subsidi gaji.

 

Dikutip dari Kontan, ada lima penyebab utama yang menyebabkan calon penerima masih belum menerima subsidi gaji. Penyebab itu antara lain: 

 

  • Rekening tidak sesuai dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK)

 

  • Rekening sudah tidak aktif

 

  • Rekening pasif

 

  • Rekening tidak terdaftar

 

  • Rekening telah dibekukan oleh bank

 

Jika kamu merasa telah terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan dan berhak menerima subsidi gaji dari pemerintah, pastikan kembali kelengkapan data rekeningmu. 

 

Mengajukan Pengaduan Terkait BLT Subsidi Gaji

 

Apabila kamu tidak yakin dengan statusmu sebagai calon penerima BLT, kamu bisa memeriksa secara langsung di laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Dikutip dari Kompas, langkah-langkah ini bisa dilakukan untuk mengetahui apakah kamu telah terdaftar sebagai calon penerima: 

 

  1. Masuk ke laman resmi Kemnaker, kemudian pilih tombol “Daftar” di kanan atas
  2. Melakukan pendaftaran akun dengan memasukan NIK dan nama salah satu orang tua, kemudian pilih “Daftar Sekarang”
  3. Dapatkan kode OTP yang akan dikirimkan melalui SMS ke nomor yang telah digunakan untuk mendaftar sebelumnya
  4. Masukan kode OTP untuk verifikasi akun, lalu pilih “Login”
  5. Isi kolom formulir berupa foto profil, status pernikahan, jenjang pendidikan, pekerjaan, dan lain sebagainya
  6. Setelah selesai mengisi data, muncul pemberitahuan di halaman dashboard yang menyatakan apakah kamu termasuk dalam daftar penerima BLT subsidi gaji 
  7. Jika nama kamu sudah terdaftar tapi kamu masih belum menerima subsidi gaji, silahkah pilih tombol “kirim aduan”

 

Sejak awal, kamu tidak perlu mendaftarkan diri untuk menjadi calon penerima BLT. Pihak BPJS Ketenagakerjaan mengajukan namamu kepada Kemnaker apabila statusmu dinyatakan sesuai dengan syarat penerima subsidi gaji.

 

Di tahap keempat ini, sebagian besar calon penerima sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah. Kalau kamu masih belum menerimanya, mungkin penyaluran dana ke rekeningmu mengalami kendala. 

 

Kamu bisa mengajukan laporan pengaduan kapan saja pada kolom yang telah disediakan di situs Kemnaker. Selain melalui tombol “kirim aduan” pada dashboard, kamu juga bisa langsung mengunjungi situs http://bantuan.kemnaker.go.id/ untuk mengajukan pengaduan.

 

Menurut pemerintah, penyaluran BLT subsidi gaji akan diselesaikan selambat-lambatnya akhir September. Karena itu, kamu masih punya kesempatan untuk menunggu sampai penyaluran dana benar-benar terselesaikan.