Belanja melalui online sudah menjadi bagian kebiasaan dari masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir. Sekarang, kamu pun bisa beli alat rumah tangga tanpa harus datang ke lokasi penjual barang.

 

Banyak toko online yang menjual berbagai barang kebutuhanmu tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah, atau meninggalkan pekerjaan di kantor. Karena, belanja online bisa dilakukan dari mana saja asalkan terhubung ke jaringan internet. 

 

Manfaat Beli Alat Rumah Tangga Secara Online

 

Melalui online, kamu akan mendapatkan beberapa manfaat daripada membeli barang ke toko konvensional. Berikut ini manfaat tersebut:

 

1. Pilihan barang super lengkap

 

Saat mengunjungi toko online, kamu dapat menemukan banyak pilihan produk berkualitas dari berbagai supermarket. Ini berbeda dengan belanja di toko konvensional.

 

Di toko konvensional, kamu harus mengunjungi banyak toko untuk mendapat berbagai jenis produk yang berbeda. 

 

2. Belanja tanpa terburu-buru

 

Toko konvensional memiliki jam operasional. Jadi, kamu hanya bisa membeli di jam-jam tertentu saja. 

 

Lain halnya dengan belanja secara online. Berbagai barang kebutuhan tidak terbatas oleh waktu, kamu bisa melakukannya kapanpun kamu bisa.

 

3. Harga lebih murah

 

Belanja di toko online bisa membuat kamu lebih hemat. Karena biasanya toko online tidak memiliki banyak ongkos untuk menyewa lokasi untuk berjualan. 

 

Sehingga, biaya sewa tempat dapat dipangkas, membuat toko online mampu menjual barang jauh lebih murah.

 

Keuntungan Belanja Online

 

Belanja online memiliki beberapa keuntungan. Berikut keuntungannya:

 

Pinjaman Uang Online Aman Terdaftar di OJK

 

1. Praktis tidak perlu keluar rumah

 

Keuntungan pertama, kamu tidak perlu keluar rumah untuk berbelanja. Kamu hanya perlu mencari stok melalui platform online. 

 

Jadi, ini sangat cocok untuk para kaum rebahan yang selalu malas keluar rumah. Kamu juga dapat mengaksesnya selama 24 jam tanpa harus terburu-buru jam toko tutup.

 

2. Banyak Diskon yang Tersedia

 

Siapa yang tidak suka diskon? Hampir sebagian besar banyak pelanggan yang ingin mengincar diskon. 

 

Belanja online terutama melalui e-commerce menyediakan berbagai diskon yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari cashback, promo, sampai promo gratis ongkos kirim.

 

3. Pilihan Bervariasi

 

Variasi menjadi keuntungan lain dari belanja online. Apalagi saat kamu ingin beli alat rumah tangga. Mulai dari ukuran, warna, model, sampai dengan merek, hampir semuanya tersedia di situs belanja online

 

Artikel Terkait: 7 Tips Membuat Rumah Selalu Terlihat Rapi

 

Kerugian Belanja Online

 

Selain memiliki keuntungan, belanja online memiliki juga kerugiannya. Berikut kerugian yang wajib kamu ketahui:

 

1. Barang tidak sesuai dengan gambar

 

Salah satu hal yang menyebalkan dari belanja online adalah kamu tidak bisa mencoba secara langsung barang yang ingin kamu beli. Hal ini menjadi sangat merepotkan ketika kamu ingin beli alat rumah tangga.

 

Padahal, banyak sekali merk dan ukuran yang tersedia saat ingin beli alat rumah tangga. Biasanya hanya tersedia foto-foto produk, tapi tidak diikuti dengan detail ukuran barang.

 

2. Rawan Penipuan

 

Tidak sedikit kasus penipuan belanja online yang mengatasnamakan brand-brand tertentu. Bahkan, ada juga pembeli yang berniat untuk menipu pemilik toko online dengan cara mengirimkan bukti transfer palsu.

 

Artikel Terkait: Siapa Bilang Bekerja di Rumah Nggak Produktif? Ikuti Tips Berikut!

 

Salah satu cara agar terbebas dari penipuan belanja adalah menggunakan e-commerce yang ada saat ini.

 

Transaksi jual beli barang melalui e-commerce akan jauh lebih aman dan terpercaya karena ada pihak ketiga.

 

3. Tidak bisa langsung pakai atau coba

 

Kelemahan ketiga ini paling sering dikeluhkan oleh para pelanggan. Apalagi saat kamu ingin beli alat rumah tangga. 

 

Karena melalui online, sayangnya kamu tidak dapat memegang barangnya secara langsung.

 

Apalagi jika barang yang dijual ternyata barang yang sudah rusak, sehingga kamu tidak tahu karena hanya berdasarkan kepercayaan antara pembeli dan penjual. 

 

Banyak juga yang mendapatkan barang tidak sesuai dengan pesanan sehingga banyak orang yang kapok membeli barang melalui online.

 

Beberapa keuntungan dan kerugian yang sudah dibahas di atas dapat memberikan wawasan buatmu agar lebih berhati-hati dalam beli alat rumah tangga secara online.