SWARA – Punya kebiasaan menghabiskan uang untuk sesuatu yang nggak kamu butuhkan?Wah, kalau iya, kamu harus mulai menghilangkan kebiasaan buruk ini dan belajar mengatur keuangan.

 

Mengolala keuangan memang nggak mudah tetapi bisa kamu lakukan asal niat dan disiplin. Yuk, perbaiki kebiasaan burukmu dan mengubahnya menjadi lebih baik. Begini caranya agar kamu memulai kebiasaan baik dalam mengelola uangmu :

 

Artikel terkait: Macam-macam cara kelola keuangan

  1. 5 Kebiasaan Finansial yang Positif, Cewek Usia 20-an Wajib Tahu!
  2. 9 Tips Jitu Ciptakan Keuangan Stabil Sebelum Usia 30
  3. 6 Kunci Sukses Mengatur Keuangan Buat Mahasiswa yang Sulit Ngatur Duit

 

1. Rutin menabung

 

Disiplin menabung setiap kamu menerima penghasilan.Sisihkan sedikit uang untuk ditabung, berapa pun jumlah penghasilanmu. Menabung berguna untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang.

 

2. Cerdas membelanjakan uang

 

Nggak ada salahnya kamu menikmati hasil kerja dengan berbelanja barang yang kamu sukai. Namun, jangan kebablasan sampai uangmu habis dan pengeluaranmu membengkak.Tentukan skala prioritas setiap membeli barang kebutuhan. Dahulukan apapun yang menjadi kebutuhan pokok atau mendesak.

 

3. Melacak jumlah pendapatan dan pengeluaran

 

Belum lama gajian tetapi dompet udah tipis aja?Kemana perginya uangmu, padahal sepertinya kamu nggak belanja terlalu banyak?Mulai bikin catatan pengeluaran dan pemasukan supaya kamu sendiri nggak kebingungan dengan kondisi keuanganmu. Catat dengan detil biaya pengeluaranmu, caranya dengan mengumpulkan struk belanja atau transaksi yang kamu lakukan.

 

4. Jangan berhutang

 

Kadang untuk memenuhi kebutuhan hidup yang semakin meningkat, kamu terpaksa berhutang. Tetapi, kamu perlu mengurangi kebiasaan ini. Sebab, berhutang membuatmu terkena bunga yang cukup besar. Misalnya bunga kartu kredit, deposito hanya 7%, tetapi bunganya bisa mencapai hampir 35%.

 

5. Memiliki asuransi

 

Sebagian orang merasa berat jika harus membuat asuransi, karena mereka diharuskan untuk membayar premi setiap bulannya. Tetapi, asuransi sangat bermanfaat untuk kebutuhan jangka panjangmu. Asuransi berguna untuk mengatasi keluarga yang kehilangan sumber nafkah. Malah asuransi juga bisa untuk mengganti nafkah, apabila pencari nafkah tidak bisa bekerja lagi karena suatu hal.

 

6. Belajar investasi

 

Banyak orang tidak berani berinvestasi karena nggak punya banyak uang sebagai modal. Tenang saja, saat ini kamu bisa berinvestasi dengan sedikit modal. Seperti di Reksa Dana, kamu sudah bisa berinvestasi hanya dengan dana Rp100 ribu saja. Apabila kamu punya modal lebih besar, kamu bisa berinvestasi emas, properti, saham, atau tabungan deposito. Setiap jenis investasi memberikanmu keuntungan, juga resiko.

 

Belajar berinvestasi menjadi hal yang baik karena kebutuhan akan terus meningkat seiring dengan bertambahnya usiamu. Untuk itu kamu wajib mulai membiasakan diri dengan belajar berinvestasi dan mengenal berbagai bentuk investasi.

 

Artikel terkait: Rekomendasi ivestasi yang bisa mengatasi kondisi keuanganmu

  1. Jenis Investasi Reksa Dana yang Paling Disukai Para Millenials
  2. Rencanakan Pendidikan Anak dengan Investasi Unit Link, Simak 4 Keunggulannya!
  3. 5 Hobi Koleksi Ini Bisa Jadi Investasi yang Menggiurkan!

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.

Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!

 

CTA1

 

 

 


Setyo Kinanthi SETYO KINANTHI