SWARA – Selain uang cash dan kartu debit, ada juga transaksi lain yang bisa digunakan saat belanja. Alat itu bernama kartu kredit. Apakah saat ini kamu sudah memilikinya? Ataukah saat ini kamu sedang menimbang-nimbang untuk memilikinya atau nggak.

 

Kartu kredit memang menawarkan berbagai fasilitas dan kemudahan. Namun, tetap saja kartu ajaib ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Tentu semuanya tergantung pada pengguna. Apakah kamu akan memaksimalkan manfaatnya atau justru malah jadi boros?

 

Jika saat ini kamu sedang menimbang-nimbang pengajuan kartu kredit, 4 hal di bawah ini bisa membantumu!

 

Artikel Terkait: Hal-hal Seputar Kartu Kredit yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Cari Dana Darurat, Lebih Baik Peminjaman Uang Online atau Tarik Tunai Kartu Kredit?
  2. Pahami Syarat Ajukan KTA Tanpa Kartu Kredit Berikut ini
  3. 6 Aplikasi yang Bisa Bantu Kamu Beli Barang Secara Cicilan Tanpa Kartu Kredit

 

1. Tujuan kepemilikanmu

Sebelum memutuskan akan memiliki kartu kredit atau nggak, ada baiknya kamu bertanya pada diri sendiri. Apakah tujuan dari kepemilikan kartu kreditmu? Jika tujuannya adalah untuk menikmati beragam fasilitas dan program diskonnya, itu adalah tujuan yang bijaksana. Namun, kalau tujuannya adalah agar bisa bebas belanja, tujuan ini hanya akan mengantarmu pada keborosan.

 

2. Pahami konsekuensi kartu kredit

Memiliki kartu kredit tentu berisiko. Kamu harus sabar kalau tahu-tahu ada pihak asuransi atau marketing kartu kredit lain yang menelponmu menawarkan produknya. Kamu juga harus paham bahwa bunga kartu kredit itu sangat besar. Jika kamu kalap dalam belanja, pengeluaranmu semakin membengkak untuk membayar tagihan dan bunga-bunganya.

 

3. Bisa jadi pengganti dana darurat

Poin ketiga ini menjadi kelebihan bagi kepemilikan kartu kredit. Jika membutuhkan dana darurat kamu bisa menggunakannya. Kalau kamu pandai mengatur tanggal pemakaian, kamu bisa membayarnya 2 bulan kemudian tanpa terkena bunga kartu kredit. Untuk itu, kamu harus memperhatikan tanggal jatuh tempo dan tanggal cetak tagihan.

 

4. Adakah rencana mengambil pinjaman?

Kepemilikan dan pemakaian kartu kredit akan memengaruhi kualitas kreditmu. Rapormu di Bank Indonesia dipertaruhkan di sini. Syukur-syukur jika status kolektibiltasnya selalu lancar. Tentu kamu akan lebih mudah dalam melakukan pengajuan pinjaman baik itu leasing atau kredit permodalan di bank.

 

Artikel Terkait: Sebelum Mengajukan Pinjaman, Pahami Ini

  1. 7 Cara Mudah agar Pengajuan Kartu Kredit Disetujui, Coba Lakukan!
  2. 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Mengajukan Pinjaman di Tunaiku
  3. Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Saat Mengajukan Pinjaman Tanpa Jaminan

 

Sebenarnya, memiliki kartu kredit itu nggak perlu-perlu amat. Kamu tetap bisa mengakses pinjaman online yang juga mudah. Di beberapa pinjaman online seperti Tunaiku, nggak mensyaratkan kepemilikan kartu kredit. Bahkan kamu bisa mengajukan pinjaman dari Rp2 juta sampai Rp20 juta. Jadi, jangan khawatir bila nggak memiliki kartu kredit.

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku. Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar Rp2-20 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-20 bulan!

 

TRI PUSPITASARI   TRI PUSPITASARI

 

Mobile Site CTA