Beranda > Finansial > Hati-Hati, Ini Dia 5 Faktor yang Berpotensi Menghambat Perkembangan Bisnismu

Hati-Hati, Ini Dia 5 Faktor yang Berpotensi Menghambat Perkembangan Bisnismu

WINNY WITRA MAHARANI TUNAIKUWinny Witra Maharani
Hati-Hati, Ini Dia 5 Faktor yang Berpotensi Menghambat Perkembangan Bisnismuwatermark

TUNAIKU.COMStart small, then go big. Saya yakin, hampir semua pebisnis andal memahami filosofi ini. Yup, yang namanya berbisnis, tentu saja kamu ingin melihat hasil jerih payahmu yang awalnya nggak seberapa jadi menggurita, bukan?

 

Namun lagi-lagi, setiap bisnis pasti diwarnai tantangan. Kalau nggak hati-hati dalam melangkah, risikonya bisnismu nggak akan berkembang atau bahkan berakhir bangkrut. Nggak mau keduanya terjadi, kan?

 

Nah, melalui artikel ini, saya akan membagikan beberapa faktor yang ternyata rentan menghambat perkembangan bisnismu. Mau tahu apa saja?

 

Artikel terkait: Kiat sukses pengusaha muda

  1. Kiat Sukses Berbisnis Kafe Lewat Pinjaman Tanpa Agunan!
  2. Tertarik jadi Admin Online Shop? Intip 5 Kiat Suksesnya!
  3. 3 Aspek Finansial yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis Startup

 

1. Minim inovasi dalam hal pemasaran

Kalau setiap hari kamu hanya berjualan lewat lapak yang digelar di depan rumah, tentu saja keuntungan, cakupan pelanggan, dan popularitas produkmu akan berjalan di tempat. Untuk mengimbangi perkembangan teknologi dan gaya hidup masyarakat yang dinamis, kamu pun harus selalu inovatif dan membuka diri terhadap ide-ide pemasaran baru. Baca di sini untuk mengetahui tren pemasaran modern yang patut kamu pertimbangkan.

 

2. Berfokus hanya pada satu produk

Kamu punya produk andalan? Bagus! Namun, kalau hanya berfokus pada satu produk saja, sesungguhnya kamu sedang menantang risiko. Ingat, menghasilkan produk yang bervariasi adalah salah satu strategi pengembangan bisnis. Selain itu, dengan adanya variasi, kamu pun bisa mengamati produk seperti apa yang paling digemari konsumen. Sekadar informasi nih, produk pertama brand Honda bukan mobil melainkan power generator. Meski demikian, kamu bisa lihat sendiri kan, seperti apa pencapaian mereka sekarang?

 

3. Kekurangan akses untuk mengembangkan bisnis

Jika bisnismu bergerak di lini fesyen atau kerajinan tangan tetapi saat ini masih dijalankan di kota kecil, ada baiknya kamu membawa bisnis tersebut ke kota besar agar mampu menarik perhatian konsumen yang lebih luas. Namun sebaliknya, ada kalanya kamu justru harus menggarap pasar di daerah alih-alih ngotot berkarier di kota besar. Meskipun tantangannya lebih besar, berbisnis di daerah bisa memberikan peluang lebih besar kepada usahamu untuk berkembang, lho.

 

Artikel terkait: Membangun karakter orang sukses

  1. Ini Alasan Mengapa ‘Fake It Until You Make It’ Adalah Salah Satu Kunci Kesuksesan
  2. Keren, 5 Atlet Dunia Ini Sukses Berbisnis
  3. Tiru 7 Tips Sukses dari Sophia Amoruso #GIRLBOSS agar Berhasil dalam Karier

 

4. Konsep awal nggak kuat  

Sederhananya, setiap bisnis harus memiliki visi, misi, dan nilai produk yang ditawarkan. Untuk itu, pastikan sedari awal bisnismu memiliki konsep yang kuat tetapi cukup sederhana agar mudah diaplikasikan. Dengan bermodalkan konsel yang kuat, niscaya bisnismu nggak akan mudah goyah saat mengalami hambatan di masa depan. Pastikan pula bisnismu cukup fleksibel untuk mengikuti tuntutan pasar, ya!

 

5. Target yang kurang jelas

Sebelum menjalankan bisnis, kamu harus menentukan tujuan yang konkret dan masuk akal. Misalnya, kamu harus terlebih dahulu menentukan target terkait angka penjualan, profit, lokasi  toko, jumlah karyawan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, kamu akan tahu sebesar apa usaha yang harus dilakukan untuk mencapainya. Nah, coba deh, cek lagi target bisnismu dan perjelas hal-hal yang masih terasa ambigu.

 

cta2

 

 

 

 

Secara garis besar, itulah 5 faktor yang berpotensi menghambat perkembangan bisnismu. Apakah salah satunya sedang kamu alami? Jika iya, segera berbenah ya, supaya bisnismu semakin jaya!

 

Bagaimana dengan artikel yang kamu baca hari ini? Semoga bermanfaat untukmu, ya.
Jangan lupa, Tunaiku menyediakan pinjaman tunai cepat dan mudah, mulai dari Rp 2-15 juta, yang bisa diangsur mulai dari 6-15 bulan. Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang!


Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett