Beranda > Finansial > Customer Loyalty Program, Pentingkah untuk Kemajuan Bisnismu?

Customer Loyalty Program, Pentingkah untuk Kemajuan Bisnismu?

AGUSTO REYNALDOAgusto Reynaldo
Customer Loyalty Program, Pentingkah untuk Kemajuan Bisnismu?watermark

TUNAIKU.COM – Hampir semua bisnis sepertinya bergantung pada seberapa banyaknya konsumen atau pelanggan yang melakukan transaksi. Tentu semakin banyak pelanggan, semakin maju dan untuk bisnis tersebut.

 

Masalahnya, mencari pelanggan baru nggaklah gampang. Apalagi kalau bisnis yang kamu jalankan, segementasinya terbatas di kalangan tertentu. Tapi kamu nggak usah khawatir. Ada solusi yang bisa dibilang mudah dilakukan dan hasilnya pun terjamin. Ya, kini ada yang namanya Customer Loyalty Programs.

 

Progam yang satu ini sebenarnya nggak fokus untuk mencari pelanggan baru, melainkan lebih pada membuat pelanggan yang sudah ada untuk makin loyal. Kenapa? Soalnya ternyata pelanggan yang loyak itu bisa memberi 67% keuntungan lebih banyak daripada pelanggan baru.

 

Masalahnya lagi, membuat pelanggan untuk loyal itu juga nggak gampang. Makanya kamu butuh customer loyalty program ini. Karena dengan menerapkan customer loyalty program yang tepat, kamu akan lebih mudah mendapatkan pelanggan loyal.

 

Terus bagaimana sih caranya memilih customer loyalty program yang tepat untuk bisnis kamu? Nah, berikut ini saya akan kasih tipsnya. Intinya pilih yang sitemnya paling cocok dengan bisnis kamu ya.Yuk, simak!

 

Artikel terkait: Tips membangun bisnis

  1. 4 Langkah Menyusun Proposal Bisnis Sebelum Meminjam Uang Ke Bank
  2. Ingin Mendirikan Startup? Belajarlah dari Kesuksesan 6 Pelaku Startup Ini
  3. Ingin Menjalankan Bisnis dengan Sahabat? Pahami Dulu 5 Hal Ini!

 

1. Sistem poin

Sistem poin adalah sistem yang paling simpel. Intinya, semakin banyak transaksi, semakin banyak poin yang didapatkan konsumen. Ini juga berarti semakin banyak hadiah bagi konsumen. Jadi, setiap kali konsumen bertransaksi, mereka akan mendapatkan sejumlah poin berdasarkan transaksi yang mereka lakukan.

 

Sistem poin ini harus mudah dimengerti dan dihitung oleh konsumen, jadi buat sesimpel mungkin. Dengan begitu, mereka akan langsung paham tanpa harus pusing-pusing berhitung lagi.

 

Ambil contoh, setiap pembelian sebesar Rp200 ribu, konsumenmu mendapatkan 10 poin, dan berlaku kelipatannya. Poin tersebut kalau sudah mencapai jumlah tertentu, bisa ditukar menjadi produk lain atau dijadikan potongan harga. Misal, 80 poin bisa dijadikan potongan sebesar Rp125 ribu atau bisa mendapatkan hadiah produk lainnya.

 

Cara ini, selain meningkatkan rata-rata transaksi pada umumnya, konsumen juga akan lebih menginvestasikan waktu dan pikirannya untuk produkmu. Jadi, kemungkinan mereka untuk berpindah ke brand lain menjadi lebih kecil.

 

2. Sistem tingkatan

Kalau sistem ini berdasarkan pada tingkat loyalitas konsumne. Semakin loyal konsumen terhadap produkmu, semakin besar hadiah yang mereka dapatkan.

 

Biasanya digunakan di industri travel. jadi  semakin sering konsumen memakai jasa travel-mu, seiring waktu berjalan, semakin besar hadiah yang akan dia dapatkan. Imbalan itu yang kemudian membuat konsumen memilih untuk loyal pada jasa atau produk yang kamu berikan.

 

Contohnya, kamu buat 4 tingkatan, misalnya, Hijau, Kuning, Merah, dan Biru (dari terendah ke tertinggi). Setiap konsumen membeli barang, mereka mendapatkan poin. Semakin besar poin yang didapat, semakin tinggi tingkatannya. Dan semakin tinggi tingkatnya, semakin besar hadiah yang didapat.

 

Berdasarkan studi dari COLLOQUY, 50% konsumen mengaku kalau mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak atau bahkan mengubah kebiasaannya berbelanja, untuk mendapatkan status yang lebih tinggi di sistem tingkatan ini.

 

Tapi ingat, jangan membuat syarat kenaikan tingkat ini terlalu mudah atau pun terlalu sulit, agar konsumen tetap semangat mengejarnya.

 

ajukan pinjaman tanpa agunan di tunaiku

 

3. Sistem koalisi

Seiring populernya customer loyalty program, konsumen menginginkan hadiah yang nggak hanya itu-itu saja. Berkoalisi dengan bisnis lain pun jadi pilihan. Soalnya, nggak hanya memberi keuntungan kepada pelangganmu, kamu juga mendapat keuntungan melakukan hubungan kerja sama bisnis.

 

Menurut Collinson Latitude, 82% konsumen mengatakan program loyalti yang bagus adalah program loyalti yang memberikan banyak pilihan. Dengan bekerja sama dengan brand atau bisnis lain, memungkinkan kamu untuk bisa memberikan pilihan itu pada konsumen.

 

Saya ambil contoh toko kecantikan online dari Denmark, Matas. Matas bekerja sama dengan 15 bisnis lain, yang membuat konsumen bisa tetap mendapatkan poin walaupun bukan berbelanja di Matas.

 

Poin yang didapatkan oleh konsumen dari berbelanja di bisnis rekanan Matas kemudian bisa ditukarkan untuk mendapatkan produk dari Matas. Semakin tinggi poin, semakin mahal produk yang bisa didapatkan.

 

Ingat, program loyalti yang satu ini haruslah memiliki asas simbiosis mutualisme. Dalam kasus Matas, program ini menciptakan brand awareness dan meningkatkan penjualan di semua rekanan yang terlibat.

 

Nah, di atas tadi adalah beberapa customer loyalty program yang bisa kamu pilih untuk bisnismu. Kalau di Tunaiku, ada yang namanya Tunaiku Prioritas. Tunaiku Prioritas ini memungkinkan kamu yang telah melunasi pinjamanmu sebelumnya, untuk bisa mengajukan pinjaman lagi dengan proses yang jauh lebih mudah.

 

Gimana prosesnya? Yang pasti, nasabah Tunaiku prioritas, bisa kembali mengajukan pinjaman diTunaiku, hanya dengan mengisi formulir yang lebih singkat, tanpa dokumen dan pastinya bisa mendapatkan jumlah pinjaman yang lebih tinggi.

 

Penasaran dengan layanan Tunaiku Prioritas? Simakkeuntungan lebih detilnya di bawah ini yuk!

Layanan lebih personal

Kamu bisa mencari tahu status pinjamanmu dengan lebih mudah melalui e-mail pertanyaan khusus nasabah prioritas. Tanyakan melalui tanya@amarbank.co.id dengan format subyek e-mail: [PRIORITAS].

 

Limit lebih tinggi

Khusus nasabah prioritas, kamu berhak untuk meraih pinjaman sampai dengan Rp15 juta dengan tenor maksimum 15 bulan.

 

Membangun riwayat kredit dengan baik

Pinjaman yang dilunaskan secara teratur di Tunaiku akan meningkatkan limit kamu pada semua pinjaman yang disupervisi oleh Bank Indonesia.

 

Formulir dan proses persetujuan lebih singkat

Cukup masukkan data KTP kamu dan berikan informasi apakah kontak kamu terdapat perubahan. Tunaiku akan mencocokkan data kamu secara otomatis melalui sistem mereka.

 

Bagaimana? Keuntungannya oke banget, kan? Buat kamu yang sudah pernah meminjam di Tunaiku dan sudah lunas, silakan langsung mencoba program Tunaiku Prioritas ya.

 

Yuk, ajukan pinjaman tanpa agunan, tanpa kartu kreditmu sekarang juga!

Hanya dengan modal KTP, kamu sudah bisa pinjam uang tunai sampai Rp 15 juta, lho. Tertarik? Ajukan pinjamanmu di sini!

 


 

Populer

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett

Butuh Pinjaman Tunai, Cepat, dan Mudah?

Estimasi cicilan per bulan Nett.
Tanpa biaya apapun

Rp.0,-Nett