SWARA – Seiring berkembangnya bisnis dalam jaringan, peminat profesi admin atau petugas yang bertanggung jawab mengoperasikan sebuah akun online shop pun semakin bertambah. Mungkin banyak di antara kamu yang berpikir: “Cuma jadi admin online shop? Gampang banget, dong?”. Jangan salah; meski kesannya kamu cuma butuh gadget dan internet untuk menjalankan profesi ini, fakta di lapangannya nggak sesederhana itu.

 

Nah, buat kamu yang tertarik untuk menjajal profesi sebagai admin online shop, saya sudah merangkum beberapa kiat suksesnya di bawah ini. Disimak baik-baik, ya, karena pada dasarnya kesuksesan usaha online sangatlah bergantung pada kualitas adminnya.

 

1. Pahami profil perusahaan

Terkesan berlebihan? Sama sekali nggak, kok. Nyatanya, seorang admin memang harus mengetahui segala informasi terkait profil, visi dan misi, strategi pemasaran, serta produk-produk yang dijual oleh perusahaan tersebut agar dapat mengembangkan konten dengan lebih baik.

 

Artikel terkait: Segala yang berhubungan dengan kariermu

  1. Ini Pilihan Karier yang Paling Cocok Berdasarkan Zodiakmu!
  2. Hati-Hati, Jangan Sampai Kamu Melakukan 9 Hal Ini Saat Interview Kerja!
  3. 5 Tips Sukses Beradaptasi di Tempat Kerja Baru

 

2. Pahami produk yang dijual

Sebagai petugas admin, tanggung jawab utamamu adalah mempromosikan dan memasarkan produk. Kalau kamu pun nggak memahami produk yang dijual, bagaimana caranya kamu bisa meyakinkan orang lain untuk membeli produkmu? Selain itu, kamu pun akan terbantu untuk menentukan strategi penjualan yang tepat bagi target pasar yang sudah dipilih.

 

3. Kenali target pasar

Setiap produk memiliki target pasarnya masing-masing. Bagaimana dengan produkmu? Apakah ditujukan untuk masyarakat mapan kelas menengah ke atas? Atau justru ditujukan untuk anak berusia SMP-SMA yang masih mengandalkan uang jajan dari orang tuanya? Dengan memahami target pasar produkmu, kamu pun terbantu untuk menemukan cara berinteraksi yang paling tepat dengan calon konsumen. Lucu kan, kalau target pasarmu adalah pegawai kantoran tetapi konten yang kamu buat malah lebih viral di kalangan pelajar?

 

4. Dekatkan diri kepada followers

Seluruh followers atau pengikut akunmu adalah calon konsumenmu. Untuk itu, pintar-pintarlah berinteraksi dengan mereka. Buat mereka tertarik dengan produk yang kamu pasarkan sehingga tidak ragu mempromosikannya kepada orang lain yang (mungkin) belum mengenal produkmu. Kiat ini terutama wajib diterapkan kalau produk yang kamu jual tergolong baru dan belum banyak dikenal masyarakat.

 

Salah satu cara ampuh yang bisa kamu terapkan adalah dengan memberikan kata sapaan khusus untuk pengikutmu. Melakukan trik tersebut ampuh meningkatkan loyalitas konsumen kepada produkmu, lho.

 

Artikel terkait: Sukses dalam berkarier

  1. Terlalu Cepat Resign Berisiko Membahayakan Kariermu. Simak 7 Alasannya!
  2. Sudahkah Gajimu Cukup? Ini Lima Cara Mengukur Besaran Gaji Ideal!
  3. Ini 7 Kiat Mempercantik Profil LinkedIn Agar Profesionalitasmu Kian Dilirik!

 

5. Prioritaskan akun media sosial perusahaan

Kamu memang dibayar untuk bermain media sosial, tetapi bukan berarti kamu boleh tidak  bersikap profesional. Artinya, kalau kamu dibayar untuk menjadi admin sebuah media sosial, pastikan kamu hanya mengunggah informasi terkait produk yang kamu pasarkan atau perusahaan yang memproduksinya. Jangan pernah menyelipkan informasi personal di media sosial perusahaan!

 

ajukan pinjaman

 

 

 

 

Dapatkan kredit tanpa agunanmu sekarang juga hanya di Tunaiku.
Klik di sini untuk ajukan pinjaman sebesar 2-15 juta rupiah dengan waktu angsuran 6-15 bulan!


AGUSTO REYNALDOAGUSTO REYNALDO