Inspirasi & Edukasi Finansial dari Amar Bank – Ada banyak strategi yang bisa dilakukan pemilik usaha untuk bisa menjaga loyalitas pelanggannya. Salah satu caranya adalah dengan berbagi melalui skema rewards. 

 

Pemberian rewards seringkali dianggap remeh dalam dunia pemasaran karena cenderung tidak menghasilkan apa-apa dan hanya berorientasi jangka pendek. 

 

Padahal, berdasarkan beberapa survei pemasaran yang dilakukan, lebih dari 90 persen pelanggan setuju bahwa pemberian rewards akan mempengaruhi keputusan mereka dalam mengkonsumsi barang.

 

Memberikan rewards kepada pelanggan adalah salah satu cara agar mereka tetap royal ke bisnis kamu. Butuh dana untuk memberikan rewards? Percayakan kepada Tunaiku produk dari Amar Bank sebagai solusinya. Cek di sini.

 

Manfaat Berbagi dengan Skema Rewards

 

Dalam menjalankan usaha, ada baiknya untuk selalu berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan cara berbagi. Dengan atau tanpa rewards sebagai media berbagi, berikut adalah manfaat yang bisa dinikmati dalam jangka panjang:

 

1. Memperoleh pelanggan baru

 

Manfaat ini bisa dinikmati jika pemilik usaha mau berbagi pada tahapan awal menggaet pelanggan. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan rewards berupa poin, diskon, voucher dan cashback pada awal pembelian. 

 

Cara ini memberikan perasaan urgensi pada pelanggan baru untuk setidaknya mencoba untuk melakukan transaksi yang pada akhirnya akan memberi kesan awal yang baik serta mempengaruhi penilaian terhadap usaha yang sedang dijalankan. 

 

2. Menjaga loyalitas pelanggan

 

Menjaga loyalitas pelanggan termasuk manfaat berbagi yang cenderung sulit untuk diprediksi dibandingkan hanya memperoleh pelanggan baru. 

 

Manfaat ini bisa dinikmati dalam jangka panjang apabila pemilik usaha secara konsisten memberikan pelayanan yang terbaik untuk menciptakan pengalaman belanja yang baik dari sisi pelanggan. Salah satu caranya adalah memberikan rewards kepada pelanggan yang berulang tahun atau telah mencapai batas transaksi tertentu. 

 

3. Promosi usaha

 

Dari sisi pemasaran, pemilik usaha dapat memberikan rewards kepada pelanggan yang memberikan kesan atau reviewnya di media sosial. Media sosial dianggap sebagai media pemasaran yang kuat karena bisa membangun awareness untuk orang-orang terdekat pelanggan. 

 

Berbagi dengan cara seperti ini secara tidak langsung dapat mendorong pelanggan untuk bercerita tentang pengalamannya tentang barang dan jasa yang mereka konsumsi. Network yang pelanggan miliki ini pun bisa berpeluang untuk dikonversikan menjadi penjualan dalam jangka panjang. 

 

4. Mengurangi biaya pemasaran

 

Berbagi langsung kepada pelanggan juga termasuk usaha menekan biaya pemasaran karena fokusnya yang langsung menyasar pada pelanggan potensial. Skema rewards yang dibagikan akan menghemat biaya pemasaran yang dikeluarkan karena target pelanggan tepat sasaran. 

 

Memanfaatkan rewards bisa mendorong kegiatan operasional bisnis lebih efisien sehingga risiko turunnya kualitas pelayananan dan produknya dapat dihindari sehingga menjaga stabilitas neraca keuangan usaha. 

 

Baca juga:

Yuk, Terapkan 5 Bahasa Cinta di Tempat Kerja sebagai Bentuk Apresiasi

5 Kesalahan Anak Magang yang Harus Kamu Hindari di Tempat Kerja

 

Tips dalam Menjalankan Program Rewards

 

Ketika menciptakan program berbagi kepada pelanggan, beberapa tips yang bisa dipertimbangkan pemilik usaha di antara lain adalah:

 

1. Mengidentifikasi keinginan pelanggan baru

 

Cara ini dilakukan untuk mengetahui faktor penting yang dibutuhkan pelanggan baru dalam usaha mencoba transaksi pertamanya. 

 

2. Melayani kebutuhan pelanggan tepat waktu

 

Kegiatan berbagi juga membuka peluang untuk pelanggan memberikan saran yang tepat guna bagi pemilik usaha sehingga kebutuhannya bisa tersalurkan tepat pada waktunya. 

 

3. Menjelaskan rewards yang relevan kepada pelanggan

 

Dalam usaha mempertahankan loyalitas pelanggan, berikanlah informasi program yang sekiranya relevan kepada pelanggan. 

 

4. Memberikan asistensi terbaik melalui layanan customer service

 

Dalam menjalankan usaha, pengalaman pelanggan adalah faktor penting yang harus dijaga. Sehingga ada baiknya untuk memberikan asistensi terbaik kepada pelanggan melalui layanan customer service yang mumpuni. 

 

5. Menyediakan informasi mengenai informasi layanan dan penjualan dari pelanggan

 

Informasi mengenai layanan dan penjualan dari pelanggan dalam bentuk bahasa verbal melalui tulisan seperti spanduk, standing banner atau ucapan yang ditawarkan oleh customer service atau kasir bisa memberikan keleluasaan pada pelanggan untuk memilih sendiri rewards yang akan digunakannya. 

 

Ada berbagai macam program rewards yang bisa kamu lakukan untuk menarik pelanggan. Pakai Tunaiku untuk memudahkan pemberian rewardsmu kepada customer. Hanya modal KTP, dapatkan pinjaman tanpa agunan. Cek selengkapnya di sini.

 

Jenis Program Rewards

 

Ada banyak cara berbagi melalui skema rewards yang bisa menjadi pilihan banyak pelaku usaha. Setiap jenis rewards ini memiliki kelebihannya masing-masing diantaranya adalah: 

 

1. Diskon potongan harga

 

Diskon potongan harga adalah cara berbagi yang sangat efektif untuk menggaet pelanggan baru dan juga mempertahankan loyalitas pelanggan. Pelanggan cenderung lebih puas ketika mengonsumsi barang atau jasa yang juga membantu mereka dalam berhemat. 

 

Dalam usaha menentukan nominal diskon yang ingin dikenakan, pastikan untuk menawarkan potongan harga yang tidak menggerus laba dan memperbesar biaya pemasaran. 

 

2. Produk gratis

 

Pernah melihat banner bertuliskan beli 2 gratis 1 atau tambah Rp1000 untuk mendapatkan 2 produk? Nah, skema rewards seperti ini juga dianggap efektif untuk meningkatkan penjualan pada tingkat harga tertentu. 

 

Rewards ini akan menjadi menarik apabila produk atau jasa yang ditawarkan baru saja diluncurkan sehingga pemilik usaha bisa mengukur tingkat kepuasan pelanggan.

 

3. Pemberian hadiah

 

Cara ini biasanya dilakukan jika pemilik usaha sudah memiliki branding dengan merchandise yang ikonik. Hadiah ini bisa berupa alat makan atau minum, boneka, tas, jam dinding hingga barang elektronik. 

 

Hadiah biasanya akan diberikan pada pelanggan yang benar-benar loyal menikmati produk dan jasa yang ditawarkan dalam kurun waktu tertentu. 

 

Setelah menetapkan cara berbagi dengan skema rewards yang ingin digunakan, jangan lupa juga untuk mengukur efektivitasnya sebagai usaha mengevaluasi strategi pemasaran dalam jangka panjang. Pastikan juga untuk memilih program rewards yang tidak membebani profitabilitas usaha sehingga tidak mengganggu jalannya bisnis.

 

Baca juga:

7 Inspirasi Kebaikan yang Bisa Kamu Bagi untuk Teman Kantor

12 Coworking Space di Jakarta yang Nyaman dan Terjangkau

 

Berbagi untuk Karyawan

Nah, selain pelanggan, hal yang harus diperhatikan adalah berbagi kepada karyawan. Ada pepatah bisnis yang mengatakan bahwa aset terbesar dari sebuah perusahaan adalah karyawannya. Dengan begitu, memberikan hadiah kepada karyawan juga perlu dilakukan.

 

Lantas, bagaimana cara berbagi kepada karyawan?

 

Pinjaman Uang Online Bisnis Hingga 20 Juta

 

1. Apabila Karyawan Banyak

Jika kamu memiliki banyak karyawan, kamu tentu akan kewalahan memberikan hadiah kepada mereka satu per satu. Budget untuk bagi-bagi kepada karyawan tentu akan besar. Oleh karena itu, kamu perlu menyortir beberapa. Caranya? Pilihlah karyawan dengan nomisani tertentu. Misalnya, karyawan terbaik, karyawan teladan, karyawan paling ontime, dan lain-lain.

 

2. Apabila Karyawan Sedikit

Nah, jika kamu memiliki karyawan yang sedikit. Kamu boleh saja memberikan hadiah secara menyeluruh dengan cara merata. Jika budgetmu terbatas, maka cukup berikan mereka hadiah kecil seperti bingkisan, peralatan dapur, makanan/kue, dan sebagainya.

 

Demikian cara berbagi dengan hastag #CicilKebaikan ini. Jadi, jika kamu ingin pelanggan dan karyawanmu loyal terhadap bisnismu, maka utamakanlah untuk berbagi rewards kepada mereka. Selamat mencoba!

 

Memberikan hadiah kepada karyawan merupakan langkah terbaik untuk membuatnya bertah. Jika kamu butuh tambahan dana untuk pemberian rewards, pinjam saja ke Tunaiku, Dapatkan pinjaman sampai 20 juta dengan rentang cicilan sampai 20 bulan. Yuk, cek selengkapnya di sini.